Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!

Saat ini, banyak perusahaan mencari seseorang yang menguasai Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database dan bekerja di perusahaan mereka. Banyak orang berbondong-bondong mempelajari SQL. Namun, kebanyakan dari mereka berhenti di tengah jalan karena merasa kesulitan. Buat kamu yang ingin belajar SQL, kamu gak perlu khawatir karena belajar SQL itu sebenarnya mudah! Kamu hanya perlu mengetahui tips dan triknya aja!

Selain memudahkan kamu dalam belajar secara otodidak, tips dan trik berikut ini tentunya dapat mempercepat perkembangan kemampuanmu, loh! Penasaran sama tips dan trik untuk belajar SQL dengan mudah? Tanpa berlama-lama, yuk langsung aja masuk ke topik pembahasan!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Perbanyak Referensi

Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!
Banyak membaca banyak ilmu

SQL merupakan bahasa pemrograman untuk melakukan analisa dan pengolahan database. Ketika belajar bahasa pemrograman, tentunya kamu juga akan belajar mengenai syntax. Dalam bahasa pemrograman, syntax merupakan aturan baku untuk menulis kode perintah sehingga komputer dapat memahami dan menjalankannya. 

Agar lebih mudah memahaminya, kamu bisa membayangkan syntax sebagai grammar-nya bahasa pemrograman. Layaknya grammar dalam sebuah bahasa, syntax juga memiliki tingkatan. Semakin rumit kode perintah yang ingin kamu tulis, maka semakin rumit pula syntax-nya. Tak jarang orang menemui kesulitan saat hendak menulis kode perintah yang rumit. Maka dari itu, kamu perlu memperbanyak referensi.

Kamu bisa bertanya kepada orang yang lebih ahli atau mencari berbagai referensi syntax SQL yang rumit di internet. Biasanya, softwaresoftware SQL seperti Oracle dan PostgreSQL juga menyediakan referensi syntax di situs resmi mereka.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Berlatih Setiap Hari

Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!
Tak ada yang instan di dunia ini

Tak ada sesuatu yang instan, semua perlu waktu dan usaha untuk menggapainya. Untuk bisa menikmati sepiring mi instan, kamu harus memasaknya terlebih dahulu. Begitu pula ketika belajar SQL, kamu harus berlatih setiap hari dengan ketekunan serta semangat yang tinggi untuk dapat menguasainya.

Kamu akan sering menemui kegagalan selama proses belajar, terutama dalam menulis syntax. Akan tetapi, jadikanlah kegagalan tersebut sebagai penyemangatmu! Hal yang perlu kamu ketahui adalah ketika kamu berhasil mengatasi kegagalan tersebut, kamu akan mendapatkan perasaan bahagia yang melebihi perasaan kecewamu. Kalau gak percaya, buktikan aja sendiri!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Menggunakan Software yang Tepat

Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!
Pilihlah software dengan tepat dan cermat, yah!

Database merupakan kumpulan data yang sangat rumit. Bahkan, ada ratusan jenis sistem database di dunia ini. Untuk mengatasinya, berbagai developer perangkat lunak merilis software-nya masing-masing. Softwaresoftware tersebut memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda pula.

Di titik ini, kamu membutuhkan kecermatan dalam memilih software mana yang cocok untuk jenis sistem database tertentu. Pemilihan yang tepat dan cermat akan menuntunmu untuk mempelajari SQL dengan mudah, loh!

4. Kuasai Error Code

Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!
Error code tak lagi menjadi momok

Rintangan terberat yang akan sering kamu temui selama belajar SQL adalah munculnya error code. Banyak programmer yang menganggapnya sebagai momok. Error code muncul saat seorang programmer melakukan kesalahan dalam menulis syntax untuk sebuah kode perintah. Bahkan, kesalahan kecil seperti typo dapat memunculkan error code dan menyebabkan keresahan.

Error code selalu hadir dalam bentuk angka. Untungnya, angka yang muncul berbarengan dengan notifikasi kegagalan komputer dalam menjalankan kode perintah tersebut memiliki arti. Saat error code muncul, kamu hanya perlu mencari tahu artinya dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Ikut Kelas dan Bootcamp di MySkill.id

Belajar SQL Itu Mudah! Yuk, Ketahui 5 Tips dan Triknya!
Ikuti kelas di MySkill.id agar belajar lebih maksimal

Kamu memang bisa belajar SQL secara otodidak. Akan tetapi, belajar bersama tutor yang ahli dan berpengalaman akan membuahkan hasil yang lebih baik. Buat kamu yang bingung mencari tutor ahli dan tempat belajar yang mengasyikkan, sekarang kamu gak perlu khawatir! Kamu bisa mengikuti kelas dan bootcamp bersama MySkill.id!

Di MySkill.id kamu bisa mempelajari SQL untuk Pengolahan Database secara komprehensif dengan cara yang mengasyikkan, loh! Kamu bisa mengikuti 9 kelas yang berbeda, yaitu:

  1. Preparation
  2. Basic
  3. Conditional
  4. Aggregation
  5. Join
  6. Numeric Operators and Functions
  7. String Operators and Functions
  8. Datetime Operators and Functions
  9. Window Function

Selain mendapatkan materi yang keren dari tutor berpengalaman, tentunya kamu juga akan menambah pengalaman dan relasi yang luar biasa. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill