Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma

Di dunia digital marketing, promosi melalui media sosial khususnya Instagram menjadi strategi yang banyak dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Agar produk banyak dikenal, perlu adanya usaha dalam meningkatkan engagement di Instagram. Sudahkah kamu tau cara meningkatkan engagement Instagram?

Pada kesempatan kali ini, MySkill akan membahas mengenai tips meningkatkan engagement Instagram berdasarkan sistem algoritmanya. Sebelum melangkah lebih jauh, mari, bahas apa itu algoritma terlebih dahulu. 

Algoritma adalah aturan yang menentukan bagaimana distribusi sebuah konten, sehingga dapat tampil di layar pengguna baik di beranda, explore, maupun stories. Hal ini menjadi krusial karena algoritma Instagram juga menentukan konten apa dan milik siapa yang berada di bagian atas halaman. 

Semakin atas posisi sebuah konten, maka akan lebih mudah menjangkau audiens. Oleh karena itu, mempelajari algoritma serta cara kerjanya adalah hal yang penting sebagai bekal dasar untuk meningkatkan engagement Instagram. 

Terdapat beberapa hal yang memengaruhi cara kerja algoritma Instagram. Pertama, interest atau ketertarikan audiens pada suatu konten. Hal tersebut berdasarkan dari posting-an yang mereka liked dan saved. Kedua, aspek relationship yang dipengaruhi oleh tingkat interaksi antar akun. Kemudian ketiga, aspek kronologi waktu atau timeliness. Terakhir ada frequency tingkat intensitas user membuka aplikasi ini.

Tips Meningkatkan Engagement

Setelah mengetahui cara kerja algoritma, kamu akan lebih mudah merancang strategi dalam meningkatkan engagement Instagram. Berikut ini adalah tips-tips untuk meningkatkan engagement akun Instagram berdasarkan algoritma:

1. Post Pada Waktu yang Tepat
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Kebaruan konten adalah aspek penting dalam mencapai ranking feed 

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, timeliness atau kronologi waktu bisa memengaruhi engagement di Instagram. Oleh karena itu, kebaruan sebuah konten menjadi satu aspek dalam mencapai ranking feed pada halaman utama. Jadi unggahlah content ketika banyak followers-mu yang sedang aktif membuka aplikasi ini. Sehingga kamu dapat menjangkau banyak audiens.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

2. Gunakan Hashtag
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Penggunaan hashtag berpengaruh dalam meningkatkan engagement Instagram

Banyak orang mengira penggunaan hashtag ini tidak begitu penting. Padahal, salah satu alasan audiens bisa menjangkau sebuah content karena menggunakan hashtag. Penggunaannya mampu meningkatkan engagement di Instagram lebih banyak, bila kamu bandingkan dengan post tanpa hashtag

Sistem algoritma tidak dapat membaca sebuah gambar atau foto. Akan tetapi, mereka mampu membaca tulisan pada hashtag. Maka dari itu, penggunaan tagar menjadi hal yang cukup penting. Di samping itu, perhatikan juga akurasi hashtag

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Manfaatkan Fitur yang Tersedia
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Maksimalkan fungsi semua fitur guna tingkatkan engagement

Jika ingin meningkatkan engagement akun Instagram, maka manfaatkanlah semua fitur di dalamnya. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur seperti reels, stories, dan IGTV guna menarik audiens. Setiap fitur juga dapat menunjang satu sama lain, seperti mempromosikan reels di stories.

Selain itu, terdapat fitur lain seperti question box, sticker, link, polling, quiz, dan music untuk membangun interaksi dengan followers. Berdasarkan aspek relationship, banyaknya interaksi akan memungkinkan content-mu masuk pada halaman utama followers.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Buat Konten Menarik yang Mendorong Interaksi
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Konten interaktif akan menaikkan interaksi

Likes, response, dan comments merupakan faktor yang mendasari algoritma. Bahkan, pihak Instagram sendiri menyatakan bahwa hal tersebut merupakan hal penting dalam menentukan feed ranking. 

Guna mencapainya, konten dengan desain yang memanjakan mata saja tidaklah cukup. Namun, sebuah konten perlu terlihat lebih interaktif. Maka dari itu, buatlah konten engaging guna mendorong interaksi dengan audiens.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan membuat captions dan konten interaktif yang menarik antusias audiens. Captions interaktif ini bisa seperti menanyakan pertanyaan sederhana mengenai pemikiran mereka, tag temannya di kolom komentar, meminta audiens untuk double-tap jika mereka setuju dengan kontenmu, dan masih banyak lagi. 

5. Konsisten
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Guna meningkatkan engagement Instagram perlu adanya konsistensi

Meng-upload konten secara konsisten di Instagram juga menjadi salah satu tips utama dalam meningkatkan engagement. Adanya konsistensi mengunggah pada waktu yang tepat, bisa memperbanyak jumlah interaksi. Adam Mosseri, pimpinan Instagram, mengatakan bahwa membuat unggahan 2 feed posting setiap minggu dan 2 stories setiap hari merupakan cara ideal dalam membangun sebuah akun. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

6. Gunakan Instagram Analytics
Meningkatkan Engagement Instagram Berdasarkan Algoritma
Penggunaan Instagram Analytics membantumu untuk meningkatkan engagement

Guna menarik audiens, kamu wajib memahami apa yang mereka sukai. Instagram Analytics bisa menyajikan data tingkat engagement setiap konten. Sehingga dari hasil tersebut pemilik akun dapat merancang content strategy yang tepat. Dalam menerapkannya, kamu juga bisa menggunakan fitur insight untuk menganalisis atau gunakan Instagram Analytics tools seperti Hootsuite, Minter.io, dan Squarelovin.

Nah, itu dia tips meningkatkan engagement berdasarkan algoritma Instagram. Mengetahui algoritma bisa membantumu dalam mengatur strategi konten marketing. Guna mempelajarinya lebih dalam, kamu bisa mengikuti kelas Strategi Konten Sosial Media dan Fondasi Copywriting Dalam Pemasaran dari MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill