Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!

Saat ini semakin banyak orang yang belajar bahasa Korea, dengan beragam alasannya. Kebanyakan dari mereka tertarik dengan kebudayaannya, sehingga ingin mengenalnya lebih jauh. Namun, tak hanya itu saja, banyak juga yang mempelajarinya guna melanjutkan studi di Negara Ginseng tersebut. 

Bahkan, ada pula yang belajar karena tau kedepannya bahasa ini akan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, sehingga dapat membuka peluang karier. Oleh karena itu, tak heran sekarang banyak orang mulai berbondong-bondong mempelajarinya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Di samping itu, kini sudah terdapat banyak media yang bisa teman-teman gunakan dalam mempelajarinya. Mulai dari belajar sendiri dari buku maupun melalui YouTube. Media sosial ini menjadi tempat pembelajaran yang dapat dipilih ketika sudah mulai jenuh belajar dari buku. 

Penyampaian melalui video dan audio secara interaktif merupakan salah satu cara cukup efektif untuk mempelajarinya. Maka dari itu, MySkill kali ini ingin membagikan rekomendasi 6 Youtube channel yang bisa membantu kalian untuk belajar bahasa Korea! Yuk, perhatikan bersama pembahasan di bawah ini!

Channel Youtube untuk Belajar Bahasa Korea

1. Learn Korean with GO! Billy Korean
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Pemilik kanal ini adalah orang Amerika yang sudah lama belajar bahasa Korea

Pemilik channel ini adalah orang Amerika yang sudah lama tinggal di Korea sejak 2005. Ia bernama Billy, meskipun bukan orang Korea, Billy merupakan lulusan jurusan Korean Literature. Oleh karena itu, kanal miliknya bisa menjadi sumber yang terpercaya.

Metode pembelajaran pada videonya sangat sederhana dan mudah kalian mengerti, sehingga cocok bagi pemula. Walau Billy menjelaskan materinya dengan whiteboard, tetapi cara penyampaiannya sangat menarik, sehingga tidak membuat bosan. Ada juga video pembelajaran dengan animasi dan juga game di dalamnya. 

Terdapat berbagai konten pembelajaran di kanal Billy dari hangeul (huruf Korea), grammar, hingga pengenalan kosakata. Di samping itu, ada pula video penjelasan tentang kebudayaan Negara Ginseng di kanal YouTube Billy.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Talk to Me in Korean
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Talk to Me in Korean memberi materi soal kosa kata maupun grammar

Durasi video dalam kanal YouTube ini tidak lebih dari 10 menit untuk satu topik, jadi kalian tak akan merasa bosan. Pada awalnya Talk to Me in Korean hanya memberi materi seputar vocabulary, grammar, dan idioms. Namun, dalam perkembangannya mereka juga memberikan konten mengenai kultur serta makanan. 

Selain itu, mereka memiliki beberapa konten mengenai cerita pengalaman orang asing yang tinggal di Korea dan mempelajari bahasanya. Hal ini akan membantu kalian memahami kebudayaannya dari sudut pandang pendatang, sehingga kalian tak akan mengalami culture shock jika nantinya datang ke negara tersebut. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Bandung Oppa
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Channel Bandung Oppa memiliki konten belajar bahasa Korea dari Drama

Berbeda dari sebelumnya, beberapa video pada kanal Bandung Oppa ini dibawakan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Materi yang Bandung Oppa tawarkan berkisar pada pembalajaran mengenai hangeul, tata bahasa, percakapan, kebudayaan, dan masih banyak lagi. Bahkan terdapat konten belajar bahasa Korea dari drakor, alias drama Korea.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Conversational Korean
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Belajar percakapan paling menarik melalui Conversational Korean (Dokumentasi: pribadi)

Salah satu kanal YouTube rekomendasi dari MySkill adalah Conversational Korean. Channel satu ini menyuguhkan konten yang unik dan menyenangkan untuk belajar bahasa Korea. Conversational Korean menyuguhkan video potongan percakapan berbentuk animasi. Selain itu, pada tiap percakapan terdapat penjelasan agar mudah dimengerti. Isi konversasi dalam videonya juga sangat menarik, sehingga tidak membosankan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Learn Korean with Koreanclass101.com
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Koreanclass101 cocok untuk tingkat pemula maupun advanced

Koreanclass101 menyediakan pembelajaran untuk tingkat pemula hingga advanced, sehingga mereka sangat membantu pelajar dari semua tingkatan. Pasalnya, channel ini sudah cukup lama berjalan. Oleh sebab itu, tak heran bila kini mereka memiliki beragam konten yang lengkap. 

Jika kamu senang belajar seperti layaknya di sebuah kursus, kalian akan suka dengan metode pembelajaran Koreanclass101. Mereka fokus memberikan pelajaran mengenai grammar. Akan tetapi, ada juga konten menarik mengenai budaya serta makanan Korea di channel-nya. 

6. Borassaem
Yuk, Belajar Bahasa Korea dari 6 YouTube Channel Ini!
Kanal Borassaem memberikan konten belajar bahasa Korea dari idol K-pop

Sama seperti Bandung Oppa, Borassaem juga memberikan pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia. Debora pemilik kanal tersebut merupakan orang Indonesia yang sudah lama belajar bahasa Korea. Melalui kanal Youtube-nya, ia membagikan informasi mengenai tata bahasa, hangeul, dan berbagai kosa kata Korea. Bahkan, Borassaem menyediakan konten menarik seperti belajar bahasa dari artis K-pop serta video travel ke Korea.

Nah, itulah 6 rekomendasi YouTube channel untuk belajar bahasa Korea! Agar lebih mahir, teman-teman bisa mengikuti Mini Bootcamp dan kelas-kelas bahasa Korea bersama MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill