Ringkasan Buku The Art of Noticing by Rob Walker

Judul Buku: The Art of Noticing

Nama Penulis: Rob Walker

Nama Penerbit: Knopf

Tahun Penerbitan: 2019

Buku “The Art of Noticing” yang ditulis oleh Rob Walker dan diterbitkan oleh Knopf pada tahun 2019, mengajak kita untuk melihat dunia di sekitar kita dengan lebih penuh perhatian dan kecermatan.

Dalam buku ini, Walker membagikan insight tentang pentingnya melatih diri kita untuk memperhatikan detail-detail kecil yang sering terlewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengajak kita untuk membuka mata dan pikiran kita, serta menghargai keindahan, keunikan, dan keanehan yang ada di sekeliling kita.

Buku ini mengungkapkan prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang dapat membantu kita menjadi pengamat yang lebih cermat dan kreatif. Walker memberikan tips praktis tentang bagaimana memperluas persepsi kita, mengasah indera, dan melibatkan diri dengan lingkungan kita dengan lebih mendalam.

Dalam buku ini, Walker juga membahas istilah-istilah yang relevan, seperti “slow looking” yang berarti melihat dengan perlahan dan penuh kesadaran, serta “deep noticing” yang berarti menggali makna dan konteks di balik objek atau situasi yang kita amati.

Selain itu, buku ini juga membahas tentang pentingnya melawan gangguan digital dan mengembangkan kehadiran yang lebih kuat dalam momen-momen sehari-hari. Walker memberikan insight tentang bagaimana kita dapat mengurangi kebiasaan multitasking dan meluangkan waktu untuk refleksi, imajinasi, dan eksplorasi.

Melalui insight dan tips dalam buku “The Art of Noticing”, kita diberikan pemahaman baru tentang pentingnya melatih diri kita untuk memperhatikan dengan lebih baik. Buku ini mengajak kita untuk memperlambat langkah, membuka mata dan pikiran kita, serta menghargai keindahan dan keanehan yang ada di sekitar kita. Dengan menerapkan prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang diajarkan, kita dapat menjadi pengamat yang lebih cermat dan kreatif. Buku ini juga membahas tentang pentingnya melawan gangguan digital dan mengembangkan kehadiran yang lebih kuat dalam momen-momen sehari-hari. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam memperhatikan detail-detail kecil yang sering terlewatkan dan menemukan keindahan dalam hal-hal sederhana di sekitar kita.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Insight tentang kekuatan memperhatikan: Kita diberikan wawasan bahwa memperhatikan dengan sengaja dan penuh kecermatan memiliki kekuatan untuk mengubah cara kita melihat dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Insight ini mengajak kita untuk menghargai nilai dari kegiatan memperhatikan yang sering terabaikan.
  2. Prinsip slow looking: yaitu melihat dengan perlahan dan penuh kesadaran. Prinsip ini mengajak kita untuk melambatkan langkah, memberikan waktu yang cukup untuk mengamati detail-detail kecil, dan menyerap pengalaman dengan lebih mendalam.
  3. Istilah “deep noticing”: berarti menggali makna dan konteks di balik objek atau situasi yang kita amati. Istilah ini mengajak kita untuk mengembangkan kemampuan kita dalam memahami lapisan-lapisan yang tersembunyi di dalam pengamatan kita.
  4. Tips memperluas persepsi: libatkan indera kita dengan lebih aktif, mengasah kemampuan kita dalam mengamati warna, tekstur, suara, dan aroma, serta menemukan keindahan dalam detail-detail kecil.
  5. Insight tentang kehadiran di era digital: kurangi kebiasaan multitasking, membatasi paparan terhadap gadget, dan meluangkan waktu untuk hadir sepenuhnya dalam interaksi dan pengalaman kita.
  6. Prinsip “menghargai keindahan dalam hal-hal sederhana”: prinsip ini mengajak kita untuk melihat keindahan dalam benda-benda sehari-hari yang sering diabaikan, seperti cahaya matahari yang memancar melalui jendela atau bayangan yang terbentuk di dinding.
  7. Istilah “active observation”: yang berarti mengamati dengan penuh keaktifan dan kesadaran. Istilah ini mengajak kita untuk terlibat secara aktif dalam proses memperhatikan, bertanya, dan mencari makna di balik apa yang kita amati.
  8. Tips mengembangkan refleksi dan imajinasi: luangkan waktu untuk merenung, mengaitkan pengalaman dengan pemikiran dan perasaan kita, serta menggunakan imajinasi kita untuk melihat dunia dengan sudut pandang baru.
  9. Insight tentang nilai penemuan dalam hal-hal biasa: kita dapat menemukan keajaiban dalam hal-hal yang sebelumnya dianggap biasa atau tidak penting. Insight ini mengajak kita untuk membuka mata dan pikiran kita untuk melihat keunikan dan keanehan dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Tips menghadirkan kecermatan dalam interaksi sosial: dengarkan lebih mendalam, memberikan perhatian penuh pada orang yang berbicara, dan melihat dengan sengaja ekspresi wajah dan bahasa tubuh mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan