Ringkasan Buku The Book of Doing by Allison Arden

Judul Buku: The Book of Doing

Nama Penulis: Allison Arden

Nama Penerbit: Running Press

Tahun Penerbitan: 2013

Buku “The Book of Doing” yang ditulis oleh Allison Arden adalah panduan praktis yang mengajak kita untuk keluar dari zona nyaman dan mengaktifkan kreativitas kita melalui berbagai proyek dan aktivitas. Arden menghadirkan serangkaian ide dan petunjuk langkah demi langkah yang dapat kita ikuti untuk menjalankan kegiatan yang menginspirasi dan menyenangkan.

Dalam buku ini, Arden memperkenalkan berbagai proyek yang dapat kita lakukan, mulai dari seni dan kerajinan, fotografi, menulis, hingga eksplorasi alam. Setiap proyek disertai dengan instruksi yang jelas dan saran-saran praktis untuk membantu kita melaksanakan aktivitas tersebut dengan kesuksesan.

Buku ini juga mengajak kita untuk mengembangkan keterampilan kreatif dan melihat dunia dengan pandangan yang lebih kreatif. Arden berbagi wawasan tentang pentingnya melibatkan diri dalam proses kreatif, menerapkan pola pikir yang terbuka, dan membebaskan diri dari rasa takut akan kegagalan.

“The Book of Doing” juga mengajak kita untuk menjadikan aktivitas kreatif sebagai sarana untuk mengembangkan diri, mengeksplorasi minat dan bakat kita, serta meningkatkan kepercayaan diri. Buku ini memberikan motivasi dan dukungan untuk melangkah keluar dari zona nyaman, bereksperimen, dan menemukan kegembiraan dalam kreativitas kita.

Dengan melalui buku ini, kita akan menemukan inspirasi yang tak terbatas dan memperoleh pengalaman yang memuaskan melalui berbagai kegiatan kreatif yang diusulkan. Buku ini cocok bagi siapa saja yang ingin menjelajahi potensi kreatif mereka dan menikmati proses berpikir dan bertindak dengan kreativitas.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Key Summary:

  1. Kreativitas adalah hal yang dapat kita kembangkan dan aktifkan dalam kehidupan sehari-hari: Kreativitas adalah sesuatu yang tidak terbatas pada individu tertentu, tetapi sesuatu yang dapat kita kembangkan dan aktifkan dalam kehidupan sehari-hari. Insight ini mengajak kita untuk melihat kreativitas sebagai kemampuan yang dapat diakses oleh semua orang, termasuk diri kita sendiri.
  2. Mengambil langkah pertama adalah kunci untuk memulai petualangan kreatif kita: Arden mengajak kita untuk mengatasi rasa takut atau keraguan dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan kreatif. Dengan memulai dan melangkah, kita akan menemukan semangat dan keberanian untuk terus menjelajahi potensi kreatif kita.
  3. Aktivitas kreatif dapat menjadi sumber kegembiraan dan kepuasan dalam hidup kita: Aktivitas kreatif tidak hanya berguna untuk menghasilkan karya, tetapi juga dapat membawa kegembiraan dan kepuasan yang mendalam. Aktivitas kreatif adalah sarana untuk mengekspresikan diri, menikmati proses, dan menemukan kebahagiaan dalam setiap langkah kreatif yang kita ambil.
  4. Menghadapi ketidakpastian dan kegagalan dengan sikap yang positif dan penuh rasa ingin tahu adalah kunci untuk terus berkembang dalam kreativitas kita: Arden mengajak kita untuk melihat kegagalan sebagai langkah menuju kesuksesan, dan untuk terus bertanya dan bereksperimen meskipun tidak ada jaminan keberhasilan. Dengan sikap yang terbuka, kita dapat terus belajar, tumbuh, dan mengembangkan kreativitas kita.
  5. Mengeluarkan ide dan pemikiran kita ke dalam tindakan adalah langkah penting dalam mengaktualisasikan potensi kreatif kita: Kita perlu bergerak dari pemikiran ke tindakan, dari konsep ke realitas, sehingga kita dapat mengaktualisasikan potensi kreatif kita. Dengan menerjemahkan ide menjadi tindakan, kita dapat melihat hasil nyata dari kreativitas kita.
  6. Mengelilingi diri kita dengan lingkungan yang mendukung dan menginspirasi dapat merangsang kreativitas kita: Arden mengajak kita untuk menciptakan ruang yang membangkitkan semangat kreatif, dengan melibatkan elemen-elemen seperti warna, benda-benda yang kita sukai, dan musik yang menginspirasi. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, kita dapat merangsang kreativitas kita dan memunculkan ide-ide yang segar.
  7. Kreativitas dapat ditemukan dalam berbagai aktivitas dan minat yang berbeda: Kita dapat melihat potensi kreatif dalam berbagai aktivitas, seperti seni, musik, menulis, atau bahkan dalam aktivitas sehari-hari seperti memasak atau mengatur ruangan. Dengan memahami bahwa kreativitas dapat ditemukan dalam berbagai konteks, kita dapat menggali potensi kreatif kita di berbagai bidang.
  8. Mencoba hal-hal baru dan menantang diri kita sendiri dapat memperluas batasan kreativitas kita: Arden mengajak kita untuk melangkah keluar dari zona nyaman, menjelajahi hal-hal yang belum pernah kita coba sebelumnya, dan menghadapi tantangan baru. Dengan melampaui batasan yang kita buat untuk diri kita sendiri, kita dapat memperluas kreativitas kita dan menemukan potensi yang lebih besar.
  9. Menyambut kegagalan sebagai bagian dari proses kreatif adalah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kita: Kita dapat melihat kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh, sebagai langkah menuju penemuan ide-ide yang lebih baik. Dengan memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan kreatif, kita dapat menghadapinya dengan sikap yang positif dan belajar dari setiap pengalaman.
  10. Bersenang-senang dan menikmati proses kreatif adalah kunci untuk mempertahankan semangat dan motivasi: Arden mengajak kita untuk melihat kreativitas sebagai perjalanan yang penuh dengan kegembiraan dan penemuan. Dengan menikmati setiap langkah, merayakan pencapaian kecil, dan menghadapi tantangan dengan semangat positif, kita dapat mempertahankan semangat dan motivasi dalam menjalani perjalanan kreatif kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan