Ringkasan Buku The Enneagram at Work by Jim McPartlin

Judul buku: “The Enneagram at Work: Unlocking the Power of Type to Lead and Succeed”

Penulis: Jim McPartlin

Penerbit: Jossey-Bass

Tahun penerbitan: 2009

“The Enneagram at Work” adalah buku yang ditulis oleh Jim McPartlin, seorang ahli Enneagram dan konsultan organisasi. Buku ini menggabungkan konsep Enneagram dengan kepemimpinan di tempat kerja, memberikan wawasan tentang sembilan gaya kepemimpinan yang berbeda berdasarkan tipe-tipe Enneagram.

Jim McPartlin menjelaskan bagaimana pemahaman tentang Enneagram dapat membantu pemimpin memahami gaya kepemimpinan mereka sendiri dan gaya kepemimpinan orang lain. Dia menyoroti kelebihan, tantangan, dan potensi pertumbuhan yang mungkin terkait dengan masing-masing tipe Enneagram dalam konteks kepemimpinan.

Dalam “The Enneagram at Work,” Jim McPartlin menggabungkan konsep Enneagram dengan kepemimpinan di tempat kerja. Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang sembilan gaya kepemimpinan yang berbeda berdasarkan tipe Enneagram, memungkinkan kita untuk memahami dan mengembangkan kepemimpinan mereka dengan lebih baik. Dengan menerapkan prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam buku ini, kita dapat menggunakan pemahaman tentang Enneagram untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan kita dan mencapai hasil yang lebih baik dalam konteks profesional.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Key Summary

  1. Mempelajari Sembilan Tipe Kepribadian: Buku ini memperkenalkan sembilan tipe kepribadian Enneagram dan menjelaskan ciri khas, motivasi, dan pola pikir masing-masing tipe. Lapid-Bogda menggambarkan bagaimana tipe-tipe ini mempengaruhi gaya kepemimpinan di tempat kerja.
  2. Memahami Gaya Kepemimpinan Anda Sendiri: Buku ini mengajak kita untuk menjalani refleksi mendalam dan mengidentifikasi tipe Enneagram mereka sendiri. Lapid-Bogda memberikan wawasan tentang bagaimana gaya kepemimpinan mereka mungkin tercermin dalam tipe kepribadian mereka.
  3. Mengenali Gaya Kepemimpinan Orang Lain: Buku ini membahas cara mengenali tipe Enneagram orang lain dan memahami gaya kepemimpinan mereka. Lapid-Bogda memberikan petunjuk dan contoh yang membantu kita dalam mengidentifikasi karakteristik kunci dari masing-masing tipe.
  4. Mengoptimalkan Kelebihan Setiap Tipe Kepribadian: Buku ini menggambarkan kelebihan dan kekuatan yang mungkin dimiliki oleh masing-masing tipe Enneagram dalam konteks kepemimpinan. Lapid-Bogda memberikan saran tentang bagaimana memanfaatkan kelebihan ini untuk mencapai keberhasilan dalam kepemimpinan.
  5. Menghadapi Tantangan dan Pola Pikir yang Tidak Produktif: Buku ini membahas tantangan dan pola pikir yang mungkin terkait dengan setiap tipe Enneagram dalam kepemimpinan. Lapid-Bogda memberikan strategi untuk mengatasi pola pikir yang tidak produktif dan mengembangkan kemampuan adaptasi yang lebih baik.
  6. Menggunakan Enneagram dalam Tim dan Organisasi: Buku ini menjelaskan bagaimana menggunakan pemahaman tentang Enneagram dalam konteks tim dan organisasi. Lapid-Bogda memberikan wawasan tentang bagaimana membangun kerjasama yang efektif, memahami perbedaan individu, dan menciptakan lingkungan kerja yang inklusif.
  7. Meningkatkan Kesadaran Diri dan Pertumbuhan Pribadi: Buku ini mengajak kita untuk meningkatkan kesadaran diri dan pertumbuhan pribadi melalui pemahaman tentang tipe Enneagram. Lapid-Bogda memberikan saran tentang bagaimana mengembangkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang terkait dengan tipe kepribadian mereka.
  8. Memanfaatkan Kekuatan Kepemimpinan yang Beragam: Buku ini menyoroti pentingnya memanfaatkan kekuatan kepemimpinan yang beragam dalam tim dan organisasi. Lapid-Bogda memberikan strategi untuk menciptakan keseimbangan dalam kekuatan dan kelemahan individu, membangun saling melengkapi, dan mencapai tujuan bersama.
  9. Membangun Hubungan yang Kuat dan Menginspirasi: Buku ini membahas bagaimana membangun hubungan yang kuat dan menginspirasi dengan memahami tipe Enneagram orang lain. Lapid-Bogda memberikan wawasan tentang bagaimana menggunakan pemahaman tentang motivasi dan pola pikir mereka untuk membangun hubungan yang efektif.
  10. Mengintegrasikan Enneagram dengan Praktik Kepemimpinan: Buku ini mengajak kita untuk mengintegrasikan pemahaman tentang Enneagram dengan praktik kepemimpinan sehari-hari. Lapid-Bogda memberikan saran tentang bagaimana menggunakan wawasan Enneagram dalam mengambil keputusan, memberikan umpan balik, memimpin perubahan, dan mencapai hasil yang diinginkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan