5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!

Dunia digital kini semakin meluas. Dampaknya dapat kita rasakan dalam berbagai ranah kehidupan, tanpa terkecuali bisnis. Fenomena ini tidak sepenuhnya negatif karena faktanya, Sobat bisa mendapat keuntungan apabila mengintegrasikan bisnismu dengan kehadiran sebuah website.

Layaknya toko di pasar, website atau ‘situs web’ merupakan toko yang tersebar dalam dunia digital. Situs tersebut mampu memengaruhi pengguna untuk berbelanja produk maupun jasa yang mereka inginkan. Itu sebabnya, Sobat perlu membuat website untuk bisnismu.

Masih bingung mengapa perannya penting? Jangan khawatir, berikut MySkill rangkum alasan mengapa website begitu penting dalam membangun bisnis. Baca sampai habis, ya!

1. Semua Bermula dari Pencarian Mesin Pencari di Website

5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!
Dengan bantuan search engine, kita dapat menemukan apa saja

Kini, setiap ingin membeli suatu produk/jasa, pasti kita akan mencari review tentangnya terlebih dahulu lewat search engine (mesin pencari). Hal ini kita lakukan tentu agar memperoleh produk/jasa yang berkualitas. Nah, situs web adalah jawaban dari segala pertanyaan yang pengguna ajukan.

Dalam hal ini, apabila Sobat memiliki sebuah usaha, kamu bisa memperkenalkan produk/jasamu kepada calon pelanggan melalui situs web. Dengan begitu, mereka bisa melakukan pertimbangan apakah harus membeli darimu atau tidak. 

Apabila produk/jasa yang kamu tawarkan memang berkualitas, tidak perlu waktu lama, kamu pasti akan segera melihat hasil dari pemasangan website-mu.

Hal ini akan semakin menguntungkan jika Sobat telah mengoptimalkan situs webnya. Sebab, pengoptimalan situs web mampu mendorong lalu lintas pengunjung yang mana akan menaikkan penjualanmu. 

2. Website Memberikan Kemudahan Akses

5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!
Perkembangan internet memungkinkan semua orang di penjuru dunia untuk mengakses berbagai hal, termasuk menemukan bisnismu

Tak bisa kita mungkiri, perkembangan internet yang semakin pesat telah memungkinkan kita untuk mengakses berbagai macam informasi. Ini berarti, kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih besar ada di depan mata dan Sobat wajib memanfaatkannya, nih!

Lewat website yang telah kamu buat, Sobat bisa mulai dengan memperkenalkan bisnismu. Tunjukkan kelebihan dan keunikan dari produk/jasa yang kamu miliki. Dengan bantuan situs web tersebut, kamu mempermudah calon pelanggan untuk mengakses dan mengenal lebih dekat dengan bisnis beserta produk/jasamu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Menurut Forbes!

3. Pemasaran dengan Biaya yang Rendah

5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!
Biaya pemasaran menjadi rendah sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang

Pemasaran dengan website nyatanya jauh lebih murah daripada dengan iklan berbayar, lo! Karena semua orang sudah punya akses ke internet, Sobat hanya perlu memikirkan bagaimana situsmu dapat menarik banyak pengunjung. 

Awalnya memang tidak mudah. Hal ini karena untuk mengoptimalkan situs web, Sobat perlu memahami bagaimana cara agar strategi SEO dapat berjalan dengan benar.

Namun, gak perlu khawatir karena saat ini, sudah banyak informasi tentang SEO di Internet. Jadi, yang perlu kamu lakukan hanyalah berusaha untuk mempelajari strategi tersebut.

4. Menjangkau User di Seluruh Dunia

5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!
Keberadaan situs web membantumu untuk menjangkau pengguna internet dari mancanegara

Internet memang sangat berpengaruh saat ini. Semua orang saling terkoneksi, baik melalui media sosial ataupun jaringan lainnya di internet. Kemudahan dan kepraktisan ini menyebabkan hilangnya pembatas antara yang satu dengan yang lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan dunia bisnis dalam melakukan pemasaran, bukan?

Jika Sobat ingin menjangkau pengguna dari skala nasional dan juga internasional, maka, tanpa perlu berkeliling dunia, kamu bisa secara mudah melakukan pemasaran dengan bantuan internet—salah satunya tentu dengan memanfaatkan website.

Bahkan, menurut beberapa orang, situs web dapat memberikan kesan profesionalitas dan kredibilitas bagi suatu perusahaan, lo! Oleh sebab itu, gak heran jika banyak orang yang mempertimbangkan review dari internet dalam menentukan pilihan berbelanja mereka.   

5. Memiliki Merek yang Diakui

5 Alasan Website Penting dalam Membangun Bisnis, Lebih Hemat Biaya!
Kamu bisa mengangkat produk/jasamu dengan memanfaatkan situs web

Apabila Sobat termasuk pebisnis baru yang ingin memperluas pelanggan, maka website adalah solusinya. Sobat hanya tinggal membangun sebuah situs web sehingga orang-orang dapat melihat kualitas produk/jasa yang kamu tawarkan. 

Jika produk/jasamu berkualitas baik dan banyak pelanggan yang suka, maka bisnismu pasti akan melejit. Tidak hanya itu, publik akhirnya juga akan mengakui bahwa merek atau brand dari usahamu memang berkualitas.

Meski hanya bermodalkan website, Sobat bisa membawa keuntungan besar bagi bisnismu, mulai dari menghemat biaya pemasaran sampai menjangkau pasar internasional.

Kalau Sobat jeli, menurut artikel di atas, kamu perlu belajar strategi SEO untuk mengoptimalkan situs web. Nah, MySkill punya banyak e-learning dan bootcamp yang dapat membantumu menguasai ilmu SEO, nih. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan, daftar sekarang!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan