5 Tips Efektif Meningkatkan Brand Awareness di Instagram

Dalam mengembangkan sebuah produk, brand awareness merupakan aspek paling penting yang harus diciptakan oleh para pemilik bisnis.

Secara umum, brand awareness merupakan istilah yang menggambarkan tentang sejauh mana para konsumen dapat mengenali, mengingat, dan memahami dengan baik terhadap suatu merek barang atau jasa.

Umumnya, para owner atau pemilik bisnis akan memilih media sosial sebagai sarana promosi. Nah, salah satu media sosial yang saat ini tengah ramai pengguna adalah Instagram (IG). Momen tersebut tentu membuka peluang besar bagi kamu yang ingin memperkenalkan produk secara digital.

Lalu, bagaimanakah cara yang efektif dalam membangun brand awareness melalui Instagram? Yuk, simak 5 penjelasannya berikut ini!

1. Tingkatkan Brand Awareness Melalui Challenge

Brand Awareness
Bangun brand awareness melalui challenge sederhana

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam membangun brand awareness adalah mengadakan challenge melalui Instagram. Dalam hal ini, pastikan tantangan yang kamu berikan masih berkaitan dengan kategori produk yang kamu jual.

Jenis trik ini sering diterapkan oleh perusahaan mi instan Lemonilo dengan mengusung tagline #SehatSetiapHari. Melalui akun Instagram @lemonilo, mereka kerap mengadakan challenge berupa memasak makanan sehat, tantangan untuk rajin berolahraga selama beberapa hari, dan lain-lain.

Strategi tersebut tentu memberikan efek brand awareness yang menjadikan audience makin mengenal bahwa Lemonilo adalah produk mi instan yang mengutamakan aspek kesehatan.

2. Buat Konten Tutorial yang Berkaitan dengan Produk

Brand Awareness
Lakukan soft selling melalui video tutorial

Seorang marketer senior Google Indonesia, Fibriyani Elastria mengungkapkan bahwa terdapat tiga jenis konten yang begitu diminati oleh masyarakat tanah air, salah satunya adalah tutorial atau tips melakukan sesuatu.

Sebagai contoh, apabila kamu sedang menjual produk fashion berupa jilbab, buatlah tutorial menarik seputar brand tersebut, seperti “Cara Cepat Memakai Pashmina Syar’i, Anti Ribet!”. Melalui video tersebut, kamu tidak hanya menjelaskan langkah-langkah, tetapi juga menerapkan soft selling dengan mengenakan produk jilbab milikmu saat melakukan tutorial.

Dengan begitu, akan tercipta brand awareness yang meyakinkan audience bahwa brand yang kamu jual merupakan produk jilbab berkualitas, mudah dibentuk, dan memiliki harga terjangkau.

Baca juga: 5 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Efektif Tingkatkan Omzet!

3. Adakan Giveaway secara Efektif dan Efisien

Brand Awareness
Adakan giveaway secara berkala

Strategi berikutnya untuk menciptakan brand awareness adalah melalui giveaway. Kamu bisa mengadakan event tersebut pada hari-hari khusus, seperti peringatan hari Kartini, Kemerdekaan RI, hari ulang tahun brand, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya meningkatkan followers, teknik marketing berupa giveaway juga dapat menjadi ajang promosi yang low budget. Cukup berikan rules kepada peserta giveaway agar membagikan posting-an dari Instagram produkmu. Setelah itu, makin banyak pengguna IG yang mengetahui tentang brand yang kamu jual.

4. Ciptakan Brand Awareness dengan Banyak Interaksi

Ciptakan brand awareness dengan banyak interaksi

Cara keempat dalam meningkatkan brand awareness adalah dengan memperbanyak komunikasi. Makin sering kamu berinteraksi dengan followers, makin kenal pula mereka dengan produk yang kamu promosikan.

Adapun berikut adalah beberapa cara yang bisa Sobat MySkill lakukan untuk menjalin interaksi dengan para pengikut Instagram:

  • Ajukan pertanyaan

Fitur question box yang tersedia pada Instagram story ternyata memiliki pengaruh cukup besar, lo! Para client tidak hanya memiliki ruang untuk mengajukan pertanyaan, tetapi juga dapat memberikan kritik, saran, dan aspirasi lainnya kepada pemilik bisnis.

  • IG Polling

Selain question box, pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan fitur polling untuk mengajak followers membangun bisnis bersama. Melalui cara ini, kamu bisa melibatkan followers untuk menentukan desain packaging, warna, logo produk baru, dan lain-lain.

  • Repost Foto atau Video dari Followers

Ketika membuat konten di media sosial, sering kali kita merasa sudah kehabisan ide. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan metode repost foto atau video dari para followers.

Umumnya, pengikut Instagram kamu juga akan merasa senang ketika konten mereka diposting ulang.

5. Selipkan Isu yang Sedang Tren pada Posting-an Instagram

Tampilkan isu-isu yang sedang tren

Langkah efektif selanjutnya dalam membangun brand awareness adalah menyajikan isu-isu terkini yang sedang tren, baik di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu akun Instagram yang menerapkan strategi ini adalah @haibolu.

Dalam salah satu unggahannya, @haibolu terlebih dahulu menampilkan konflik Rusia-Ukraina serta dampaknya terhadap pedagang roti dan mi di Indonesia.

Lalu, pada slide kedua mereka menjelaskan bahwa ternyata pemasok utama gandum bagi bangsa kita adalah Ukraina, sehingga jika kedua negara tersebut tak kunjung berdamai, proses ekspor dan impor pun tentu makin terhambat.

Setelah memaparkan isu yang disertai hal-hal informatif, barulah @haibolu mempromosikan bisnisnya pada slide terakhir. Metode ini cukup efektif untuk membuat audience tertarik dan penasaran sehingga bersedia melihat seluruh konten dari slide pertama hingga terakhir.

Baca juga: 5 Contoh Copywriting untuk Tingkatkan Penjualan, Seller Olshop Wajib Coba!

Itulah 5 tips efektif dalam membangun brand awareness melalui Instagram. Nah, agar konten di media sosial kamu semakin menarik dan mendatangkan banyak pelanggan, yuk, gabung kelas Digital Marketing dan berbagai Bootcamp lainnya hanya di MySkill!

Editor: Deden Usman Hafidi