4 Aplikasi Wajib Buat Kamu Menjadi Designer UI/UX!

Seorang designer UI/UX tentunya tidak akan lepas dari berbagai aplikasi perangkat lunak. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membantunya dalam proses mendesain. Namun, terkadang designer pemula cukup kesulitan dalam memilih berbagai aplikasi yang tersedia. Maka dari itu, kami akan memberikan informasi mengenai 4 aplikasi wajib buat kamu yang ingin menjadi designer UI/UX.

Beberapa aplikasi di bawah ini bakal ngebantu kalian kedepannya. Selain mudah untuk digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut akan membantu kalian dalam belajar untuk menggunakan aplikasi yang lebih expert. Tanpa berlama-lama lagi, langsung aja cek daftar berikut!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Adobe Suite

4 Aplikasi Wajib Buat Kamu Menjadi Designer UI/UX!
Sejuta aplikasi, sejuta manfaat

Saat ini Adobe Suite memiliki lebih dari 30 aplikasi dengan manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda pula. Ada aplikasi yang bermanfaat untuk video editing, UI/UX designing, fotografi, membuat ilustrasi, dan lain-lain. Adobe layaknya sebuah paket komplet yang tersedia untuk kalian.

Setiap aplikasi yang tersedia juga memiliki hubungan timbal balik. Jika kalian ingin membuat sebuah desain wireframe dan kalian membutuhkan elemen-elemen tambahan yang tidak tersedia di internet, kalian bisa membuatnya sendiri di Adobe Illustrator. Hal tersebut juga berlaku di setiap aplikasi Adobe yang lainnya, loh!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Figma

4 Aplikasi Wajib Buat Kamu Menjadi Designer UI/UX!
Gak keluar duit, dapat banyak fitur keren

Banyak designer menggunakan aplikasi yang satu ini. Mulai dari yang sudah berpengalaman hingga yang masih belajar, semua menyukai aplikasi ini. Figma memiliki berbagai fitur unggulan yang tersedia secara gratis! 

Sebagai aplikasi yang dengan cuma-cuma memberikan berbagai fitur menarik, banyak orang menggadang-gadang Figma sebagai aplikasi nomor satu. Bahkan mengalahkan posisi Adobe Suite.

Hal tersebut tentunya bukan tidak beralasan. Selain fitur yang menarik, Figma juga memiliki sistem penyimpanan cloud dengan kapasitas sangat besar yang membuat penggunanya dapat menyimpan berbagai dokumen tanpa harus membeli komputer baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Tidak mengherankan kalau banyak orang menyebut Figma sebagai aplikasi nomor satu bukan? Tanpa membayar uang sepeserpun, kita bisa mendapatkan fitur dan keunggulan yang menarik. Figma tentunya akan jauh berada di posisi puncak jika kita membandingkannya dengan Adobe Suite yang mengharuskan kita untuk membayar jutaan rupiah per bulan. 

Untuk kalian yang ingin menjadi designer UI/UX, Figma tentunya bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain gratis, banyak fitur menarik lainnya yang tersedia. Jadi, gimana? Apakah kalian tertarik menggunakan Figma?

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Sketch

4 Aplikasi Wajib Buat Kamu Menjadi Designer UI/UX!
Aplikasi unik dengan tampilan menarik

Sketch merupakan aplikasi perangkat lunak dengan tampilan yang sangat menarik mata. Tampilan UI yang Sketch berikan sangatlah bagus dan membuat kalian betah untuk mengotak-atik aplikasi tersebut lebih jauh. Bahkan banyak orang berkata bahwa Adobe dan Figma tidak dapat mengalahkan Sketch dalam urusan tampilan UI.

Hal ini tentunya dapat membuat kalian lebih bersemangat dalam belajar dan membantu kalian untuk menjadi designer UI/UX yang hebat di masa mendatang. Namun, Sketch memiliki kelemahan yaitu hanya tersedia di perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS. Sketch hanya tersedia di MacBook dan perangkat dari Apple lainnya.

Selain itu, Sketch merupakan aplikasi berbayar yang menerapkan sistem satu kali pembayaran untuk seumur hidup. Hal tersebut membuat Sketch membandrol aplikasinya dengan harga yang cukup mahal bagi pemula yang masih belajar dan baru ingin menjadi designer UI/UX.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Axure

4 Aplikasi Wajib Buat Kamu Menjadi Designer UI/UX!
Cocok buat kalian yang suka mager

Mungkin kebanyakan kalian tidak pernah mendengar aplikasi yang satu ini. Axure merupakan aplikasi yang tidak memiliki banyak pengguna. Hal ini tidak mengherankan, karena kebanyakan orang tidak menggunakan aplikasi ini untuk desain-desain sederhana seperti yang ada di Instagram.

Namun, aplikasi ini sangat berguna untuk mendesain dengan struktur yang rumit. Jika kalian membandingkannya dengan beberapa aplikasi di atas, Axure dapat membantu menghemat banyak waktu kalian dalam mendesain.

Axure menyediakan berbagai fitur otomatis yang membantu kalian, fitur otomatis tersebut bahkan dapat melakukan desain untuk kalian tanpa harus banyak berpikir. Aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang suka mager dan malas dalam membuat ide.

Itulah informasi mengenai 4 aplikasi wajib buat kamu yang ingin menjadi designer UI/UX. Berbagai aplikasi di atas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, untuk kalian para pemula, kami menyarankan untuk terlebih dahulu mempelajari cara menggunakan Adobe dan Axure karena kedua aplikasi tersebut akan menunjang kemampuan kalian untuk kedepannya.

Untuk kalian yang benar-benar baru belajar mengenai UI dan UX design maka ada baiknya kalian mempelajari terlebih dahulu mengenai Fondasi User Experience dan User Interface Design. Setelah mempelajarinya, kalian mungkin dapat mengikuti kelas Tutorial Figma Untuk UI-UX Design hanya di MySkill.id! 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Selain beberapa kelas di atas, kami juga menyediakan berbagai kelas menarik dengan tutor berpengalaman untuk membantu kalian meningkatkan kemampuan! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama kami!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill