4 Kesalahan Digital Marketing! Awas Jangan Sampai Dilakukan

Digital marketing menjadi cara pemasaran yang paling banyak digemari pada zaman sekarang. Selain caranya yang sangat praktis, keuntungan melalui digital marketing juga sangat menjanjikan sehingga mendorong adanya peningkatan minat para marketers untuk menggunakan cara ini dan tentunya kesalahan digital marketing akan terjadi.

Namun, kita perlu memperhatikan kembali persiapan yang harus dilakukan sebelum terjun ke dalam digital marketing. Karena banyak sekali para marketers yang melakukan kesalahan tersebut dan menimbulkan berbagai kerugian. Melalui tulisan ini, yuk simak kesalahan yang sering terjadi dalam digital marketing!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1.     Tidak Mempersiapkan Semuanya Dengan Matang Adalah Sebuah Kesalahan

4 Kesalahan Digital Marketing! Awas Jangan Sampai Dilakukan
Perencanaan matang itu penting

Sebelum kamu terjun ke dalam digital marketing hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan semuanya dengan matang, baik dalam menyusun tujuan yang kamu inginkan dan saat kamu telah memulai kegiatan tersebut. Meski terdengar sederhana, banyak yang sering melakukan kesalahan tersebut sehingga membuat pemasaran yang ia lakukan menjadi tidak maksimal.

Kamu harus mampu menentukan tujuan awal dari kamu menggunakan digital marketing tersebut. Dengan adanya tujuan yang kuat, maka apabila kamu terhenti di tengah-tengah hal itu tidak akan langsung membuat kamu menyerah. Selain itu, kamu juga harus mulai menentukan target. Jangan sampai kamu salah sasaran ya!

Dengan kamu telah menyusun dan mempersiapkan semuanya dengan baik, maka performa yang akan kamu bangun pun juga akan menjadi baik dan kegiatanmu dalam digital marketing akan menjadi lebih mudah.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2.     Website Digital Marketing Yang Kamu Gunakan Tidak Dikembangkan!

4 Kesalahan Digital Marketing! Awas Jangan Sampai Dilakukan
Tarik minat konsumen melalui website kamu

Setelah kamu mempersiapkannya dengan baik, kamu pun mulai melakukan kegiatan tersebut dan membuat website yang kamu inginkan. Namun website digital marketing yang kamu bangun sepi peminat? Marketers, hal ini harus sangat kamu perhatikan ya!

Meski kamu telah membangun website sesuai dengan apa yang kamu inginkan bukan berarti kamu membiarkan keadaan website itu tanpa melakukan perubahan yang berarti. Para marketers yang cerdas harus mampu untuk memberikan perkembangan yang menarik agar website yang mereka bangun menarik para audiens yang mereka tuju.

Bagaimana caranya? Para marketers harus mulai melakukan riset perkembangan dan kemajuan apa yang sedang terjadi sekarang ini. Ikutilah trend! Dan terapkan terhadap website yang kamu punya. Dengan begitu para audiens tentu akan mulai melirik website kamu.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3.     Tidak Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan

4 Kesalahan Digital Marketing! Awas Jangan Sampai Dilakukan
Bangun komunikasi yang baik

Setelah upaya yang kamu lakukan berhasil menarik minat para audiens untuk melihat website kamu, langkah berikutnya, bangunlah komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kesalahan yang sering terjadi, banyak para marketers yang tidak memperdulikan para pelanggan dengan baik atau bahkan cenderung mengabaikan pesan dan menjawabnya dengan kurang ramah.

Sobat MySkill.id harus perhatikan hal ini ya! Bangunlah komunikasi yang baik dengan siapa saja, termasuk pelanggan yang kamu targetkan. Dengan kamu mampu membangun komunikasi yang baik maka kamu akan dihargai dan mereka pun juga akan merasa dihargai. Selain itu image yang tercipta pun juga menjadi baik karena komunikasi yang baik. Image yang baik akan mendorong branding dari bisnis yang kamu lakukan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4.     Tidak Memantau Dan Mengevaluasi Kembali Pemasaran Bisnis Digital Marketing

4 Kesalahan Digital Marketing! Awas Jangan Sampai Dilakukan
Ayo pantau terus pasarmu!

Setelah semuanya mampu berjalan dengan baik, hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana hasil pemasaran marketers dari digital marketing tersebut. Seringkali kesalahan yang terjadi adalah tidak memantau dan mengevaluasi hasil pemasaran sehingga pada akhirnya hasil yang keluar menurun drastis.

Maka dari itu, kamu harus selalu memantau hasil dari pemasaran digital yang telah kamu lakukan. Jangan lupa untuk mengevaluasi kembali pemasaran kemudian melakukan perbaikan agar menghasilkan hasil yang lebih baik.

Baiklah sobat MySkill.id, itulah beberapa kesalahan dari digital marketing yang seringkali terjadi. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dalamnya, jangan ragu untuk menyelaminya lebih dalam. Artinya kamu jangan ragu untuk mengenali dan mempelajari apa yang telah kamu pilih. Semangat sobat MySkill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill