4 Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik, Sudah Tahu?

Mencari pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi tuntutan zaman yang berubah seiring berjalannya waktu. Kita seakan saling berlomba untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat memasuki dunia kerja yang profesional. Untuk beranjak ke arah sana, tentunya tidaklah mudah, perlu usaha seperti membekali diri dengan banyak keahlian, memperkuat dan memperluas relasi, bersaing dengan sesama rekan kerja, dan masih banyak lagi. Salah satu yang wajib kamu punya adalah profil LinkedIn.

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui soal LinkedIn, mulai dari kalangan profesional sampai kalangan umum banyak yang menggunakan jaringan sosial ini, lho, seperti pegawai negeri maupun pegawai swasta, pekerja lepas, dan mahasiswa. LinkedIn bermanfaat untuk siapa saja yang sedang mencari peluang baru untuk meningkatkan jenjang karir mereka. Lalu, apakah kamu sudah membuat profil LinkedIn yang baik?

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa manfaat dari jaringan sosial tersebut, sudah waktunya untuk membuat profil LinkedIn yang baik, nih, sahabat MySkill. Alasannya apalagi kalau bukan selain agar kamu bisa berhasil mendapatkan atensi dari perusahaan yang sedang membuka lowongan, benar bukan? Kalau begitu, berikut kami tampilkan penjelasan mengenai tips membuat profil LinkedIn yang baik. Enjoy!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Profil LinkedIn yang Baik: Gunakan Foto Profil yang Tepat

4 Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik, Sudah Tahu?
Jangan gunakan foto orang lain, ya!

Pastikan kamu menggunakan foto diri terbaru dan bukan foto selfie maupun wefie. Mengapa harus foto diri terbaru? Alasannya supaya wajah kamu saat bertemu langsung tidak jauh berbeda, karena pastinya dirimu yang sekarang dengan lima tahun yang lalu tidak sama, bukan?

Kemudian, kamu lebih baik menggunakan foto yang terlihat profesional. Maksud dari profesional di sini bukan berarti kamu harus memakai setelan jas ya, sahabat MySkill, namun pakaian yang tidak terlalu mencolok dan enak jika orang lain memandangnya. Selain itu, kamu boleh juga kok, tampil ekspresif dan sedikit bergaya asal tidak berlebihan. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Isi Headline

4 Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik, Sudah Tahu?
Usahakan buat headline yang berbeda dari yang lain

Kamu bisa mengisi headline atau judul profil dengan posisi terbaru, misalkan saat ini kamu adalah seorang fresh graduate dan memiliki keahlian sebagai script writer, ya tuliskan saja seperti itu. Perlu kamu ingat bahwa sebaiknya headline itu berisi posisi terakhir kamu dan bukannya mencantumkan kata-kata motivasi ataupun mutiara. 

Maka dari itu, lebih baik mulai dari sekarang sahabat MySkill mencoba merubah dan memperbaiki isi headline dari LinkedIn kalian, nih. Buatlah headline yang menarik dan bisa membedakan kamu dari para profesional lain yang memiliki keahlian sama. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Profil LinkedIn yang Baik: Tulis Ringkasan Headline yang Atraktif

4 Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik, Sudah Tahu?
Semakin menarik, semakin baik

Dalam ringkasan headline, kamu dapat menjelaskan ketertarikan atau passion kamu akan suatu hal. Tidak hanya itu, bisa juga menjabarkan keterampilan kamu, tujuan kamu kedepannya seperti apa, serta motivasi sahabat MySkill untuk menjalani kegiatan sehari-hari. 

Ringkasan headline merupakan salah satu bagian awal yang akan orang lain lihat ketika mengunjungi profil kamu pada jaringan sosial LinkedIn. Upayakan menuliskannya dengan kreatif dan menarik. Jangan terlalu bertele-tele, ya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Profil LinkedIn yang Baik: Sertakan Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan Kamu Sebelumnya

4 Tips Membuat Profil LinkedIn yang Baik, Sudah Tahu?
Jabarkan riwayat pendidikan dan pekerjaan kamu yang relevan

Tuliskan riwayat pendidikan dan pekerjaan kamu sebelumnya yang relevan dengan citra diri yang ingin kamu bangun. Sahabat MySkill juga bisa menuliskan pengalaman organisasi dan pengalaman magang. 

Cara menuliskannya secara singkat, jelas, dan padat. Lalu, kamu dapat menyertakan video, foto, atau link yang menunjang pengalaman yang sudah kamu sebutkan tadi. Lebih baik lagi jika kamu menjelaskan peran diri kamu pada kegiatan tersebut dengan jelas, maksudnya supaya pihak perusahaan juga bisa menilai kontribusi kamu itu apakah sesuai dengan kriteria yang mereka cari. 

Setelah membaca tips membuat profil LinkedIn yang baik di atas, apakah kamu sudah memiliki bayangan akan kamu jadikan seperti apa profilmu? Jika iya, semoga dengan kamu yang berusaha memaksimalkan tampilan profilmu itu, akan membuahkan hasil dan bisa secepatnya mendapatkan panggilan pekerjaan, ya. Tetap semangat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill