Bahasa Mandarin: Ketahui Pentingnya untuk Karier Impian

Seiring dengan perkembangan bisnis di Tiongkok yang begitu pesat, kebutuhan mengenai sumber daya yang mampu berbahasa Mandarin pun makin meningkat. Bisnis dan perdagangan dunia cukup banyak menggunakan bahasa ini. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Mandarin dan menguasainya akan sangat menambah value seseorang.

Saat ini, cukup banyak perusahaan besar dunia yang berasal dari daratan Tiongkok. Sebut saja, seperti Alibaba, Xiaomi, Tencent, hingga TikTok. Tentu saja, dengan menguasai bahasa Mandarin kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang-orang di perusahaan ini, terutama dengan para petingginya.

Jika kamu memiliki bisnis yang skalanya internasional, kemampuan bahasa Mandarin akan sangat membantu bisnismu. Misalnya, ketika membutuhkan bahan baku dan ingin mengimpor barang dari Tiongkok, tentu kamu harus menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, kan?

Nah, dalam artikel ini, MySkill akan beri tahu alasan pentingnya bahasa Mandarin untuk pengembangan karier. Simak sampai habis, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Tiongkok Berperan Besar dalam Perekonomian Dunia

Bahasa Mandarin: Ketahui Pentingnya untuk Karier Impian
Tiongkok adalah salah satu kekuatan ekonomi terbesar

Saat ini, Tiongkok adalah salah satu raksasa ekonomi dunia yang berada di urutan kedua sebagai negara dengan ekonomi terbesar. Negara ini memiliki kekayaan alam yang begitu berlimpah, populasi penduduk yang besar, serta tenaga kerja yang berkualitas tinggi.

Maka dari itu, tidak heran jika kemajuan dan pembangunan di negara ini sangatlah pesat dan masif, baik dalam hal infrastruktur, teknologi, maupun keuangan. Hal ini membuat banyak pihak yang ingin bekerja sama bisnis dengan Tiongkok, termasuk perusahaan-perusahaan dari Indonesia.

Jadi, wajar jika kini banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang ahli berbahasa Mandarin untuk membantu melancarkan kegitan bisnis dengan Tiongkok.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Bahasa Mandarin adalah Bahasa dengan Penutur Terbanyak

Bahasa Mandarin: Ketahui Pentingnya untuk Karier Impian
Bahasa ini digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang

Dengan jumlah penduduk terbanyak dan orang-orang yang juga tersebar di seluruh dunia, maka tidak mengherankan jika bahasa Mandarin menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. 

Jadi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mempelajarinya dari sekarang. Sebab, kamu akan memiliki peluang untuk berinteraksi dengan orang-orang ini sehingga membuka pintu kesempatan yang lebih besar, termasuk dalam hal karier.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Menguasai Bahasa Mandarin dapat Meningkatkan Value Diri

Bahasa Mandarin: Ketahui Pentingnya untuk Karier Impian
Kemampuan bahasa Mandarin akan menjadi added value yang besar

Di tengah ekspansi bisnis besar-besaran dari Tiongkok, menguasai bahasa Mandarin untuk bisnis bisa meningkatkan value diri, lo!

Kamu bisa mulai mempelajarinya dari sekarang agar memiliki keunggulan dari pesaing. Kemampuan ini akan menjadi daya tarik yang besar di mata perusahaan mengingat kebutuhan sumber daya berbahasa Mandarin yang kian tinggi.

4. Kesempatan Karier yang Lebih Luas

Bahasa Mandarin: Ketahui Pentingnya untuk Karier Impian
Kesempatan kerier akan terbuka lebih luas

Kamu berkesempatan untuk memiliki pilihan karier yang lebih banyak. Misalnya, kamu bisa menjadi translator suatu perusahaan ketika harus mengadakan pertemuan dengan perusahaan dari Tiongkok. Kamu juga bisa menjadi translator untuk menerjemahkan dokumen berbahasa Mandarin.

Sebenarnya, tak hanya pekerjaan sebagai penerjemah yang memiliki prospek menjanjikan. Profesi lain pun akan terbantu jika kamu menguasai bahasa Mandarin. Sebab, kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan Tiongkok yang sudah tersebar di seluruh dunia. Oleh karena itu, pekerjaan, seperti business development, programmer, dan customer service akan terbantu dengan menguasai bahasa ini.

Nah, itulah penjelasan singkat dari MySkill mengenai pentingnya menguasai bahasa Mandarin. Memang, bahasa ini cukup terkenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa dipelajari, bukan? Butuh tekad dan semangat yang kuat untuk mempelajarinya secara konsisten.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Di era teknologi informasi yang sudah sangat terbuka seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan kursus-kursus yang tersedia di internet sebagai media belajar bahasa Mandarin. Nah, MySkill juga memiliki beberapa kelasnya dengan harga yang terjangkau, lo, dan yang pasti dibimbing oleh tutor yang ahli di bidangnya juga! Yuk, belajar bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Wahda Nur Lestari