WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! – MySkill

WordPress dan Blogspot merupakan salah satu media yang banyak digunakan oleh para blogger untuk mengelola bisnis atau karya pribadi mereka. Kedua platform tersebut memang memiliki fitur unggulan masing-masing sesuai kebutuhan.

Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan WordPress atau Blogspot, yuk, simak terlebih dahulu 5 perbedaan WordPress dan Blogspot berikut ini!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Kemampuan dan Fitur SEO

WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! - MySkill
Fitur SEO pada WordPress dinilai lebih lengkap

Perbedaan pertama antara WordPress dan Blogspot adalah dari segi SEO. Secara umum, CMS yang kamu gunakan memang tidak akan menjamin atau memengaruhi rank di pencarian Google.

Namun, dalam hal ini WordPress menyediakan fitur SEO yang dapat melakukan optimasi pada tulisan kamu agar muncul di page one atau ranking teratas pencarian. Dalam hal ini, sobat MySkill bisa memanfaatkan Yoast SEO yang telah tersedia.

Adapun Blogspot kini dipandang kurang mendukung terhadap SEO. Semenjak 2011, Blogspot melakukan pembaruan berupa Dynamic View yang membuat Google Spider tidak mampu mendeteksi gambar atau JavaScript, sehingga hanya sebatas mendeteksi teks.

Tidak hanya itu, kolom komentar yang tidak lagi tampil dalam Blogspot juga berpotensi menurunkan SEO. Padahal, banyak kata-kata di komentar yang justru bisa meningkatkan optimasi pencarian.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Perbedaan WordPress dan Blogspot Segi Keamanan

WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! - MySkill
Tingkat keamanan Blogspot dan WordPress

Keamanan merupakan salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan para blogger saat hendak memilih platform menulis. Secara umum, Blogspot memiliki sistem keamanan yang lebih unggul karena berada dalam kendali Google.

Namun, itu artinya kamu tidak bisa mengubah pengaturan keamanan pada blog pribadi milikmu dan harus sepenuhnya bergantung pada Google. Adapun untuk WordPress, sobat MySkill bisa menerapkan 3 sistem keamanan sekaligus di dalamnya, yakni:

  • Sistem keamanan hosting
  • Sistem keamanan WordPress
  • Plugin keamanan tambahan, seperti Akismet, Defender, dan masih banyak lagi

Meski begitu, WordPress terkadang masih menjadi sasaran para hacker, karena merupakan platform open source.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

3. Perbedaan WordPress dan Blogspot Segi Biaya Akses

WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! - MySkill
Biaya akses platform Blogspot dan WordPress

Perbedaan WordPress dan Blogspot berikutnya, yakni dari segi biaya. Kamu bisa menggunakan Blogspot tanpa harus membayar sedikit pun, karena untuk memulai sebuah blog tidak membutuhkan domain, hosting, dan lain-lain.

Di sisi lain, Blogspot juga memberikan kamu opsi untuk mendaftarkan sebuah domain dengan membayar US$10, sedangkan untuk dapat menggunakan WordPress, kamu bisa menggunakan nama domain sendiri dengan membayar Rp50.000,- setiap bulannya.

Apabila kamu tidak ingin mengeluarkan biaya, kamu dapat memanfaatkan subdomain bawaan secara gratis. Namun, opsi terbaik dalam menggunakan WordPress adalah memakai layanan Personal dan Premium dengan berbagai fasilitas untuk mendukung bisnis atau hasil karyamu.

Berikut adalah beberapa keunggulan jika kamu memilih layanan Personal atau Premium pada WordPress:

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Personal (Terbaik untuk Pribadi)

  • Biaya Rp44.700,- per bulan
  • Domain gratis selama satu tahun
  • Hapus iklan WordPress.com
  • Kumpulkan pembayaran
  • Bantuan e-mail tanpa batas

Premium (Terbaik untuk Pekerja Lepas)

  • Biaya Rp89.400,- setiap bulan
  • Domain gratis selama satu tahun
  • Hapus iklan WordPress.com
  • Kumpulkan pembayaran
  • Bantuan e-mail tanpa batas
  • Bantuan live chat
  • Dapatkan penghasilan melalui iklan
  • Tema premium
  • Fasilitas unggah video
  • Integrasi dengan Google Analytics

Baca juga: WordPress dan Keunggulannya yang Pemula Harus Tahu!

4. Kepemilikan dalam WordPress dan Blogspot

WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! - MySkill
Status kepemilikan website

Ketika menggunakan Blogspot, kamu memang bisa mengakses dan membangun blog sesuai keinginan, tetapi satu yang harus diingat, seluruh kepemilikan website beserta isinya bukanlah milikmu.

Google sebagai pemegang platform berhak melakukan tindakan apa pun tanpa persetujuanmu, termasuk menghapus blog atau tulisan di dalamnya. Terlebih, jika isi blog tersebut melanggar syarat dan ketentuan Google.

Berbeda dengan Blogspot, ketika kamu menggunakan WordPress seluruh website tersebut adalah milik pribadi dan kamu bebas mengontrol fitur, membuat subdomain, mengubah tampilan, dan lain-lain.

Baca juga: Suka Nulis di WordPress? Ketahui 5 Plugin SEO Ini Buat Naikin Views Kamu!

5. Kustomisasi dan Ketersediaan Tema

WordPress dan Blogspot, Ini 5 Perbedaannya! - MySkill
Kustomisasi dan ketersediaan tema

Membuat website yang menarik tentu membutuhkan banyak kustomisasi. Dalam hal ini, kustomisasi pada Blogspot sangatlah terbatas, karena platform ini memang ditujukan untuk blogger pemula.

Adapun dalam membangun sebuah bisnis, WordPress memang lebih recommended, karena selain mudah untuk melakukan kustomisasi, platform ini juga memiliki banyak tema atau templat yang menarik, sehingga mendukung bisnis atau publikasi karya milikmu.

Itulah 5 perbedaan antara WordPress dan Blogspot yang bisa sobat MySkill jadikan acuan dalam memilih platform blogging. Yuk, asah kemampuan kamu untuk mengelola website dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill