Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri

Biaya bukan menjadi satu-satunya halangan untuk kamu berhenti meraih cita-cita bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan S2.  Saat ini, banyak kita temui beasiswa entah itu dari instansi pemerintah maupun swasta. Memang tidak mudah untuk mendapatkannya, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, lho. Penasaran sama kiat-kiat memperoleh beasiswa S2 dalam negeri? Langsung saja yuk, kita simak informasi di bawah ini!

1. Persiapkan Diri Kamu Sebelum Mendaftar Beasiswa S2 Dalam Negeri

Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri
Lebih baik sudah mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari

Kesiapan mental dan pengetahuan sangatlah penting ketika akan mendaftar beasiswa S2 dalam negeri. Perlu sahabat MySkill ketahui bahwa hal yang dianggap sebelah mata padahal krusial adalah membuat lelah secara fisik dan mental. Mengapa demikian? Sebab tahapan yang harus kamu lalui lumayan banyak, belum lagi saat melengkapi syarat pendaftaran yang pada poin berikutnya juga akan kita bahas.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Mencari Universitas

Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri
Lakukan riset sedalam mungkin

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah menentukan pilihan universitas atau sebelum itu bisa pula memilih jurusannya terlebih dahulu. Pastinya pilih universitas yang menurutmu itu bagus, sesuai dengan bidang yang kamu minati, dan yang sedang membuka jalur S2. Aspek yang kamu lihat bisa dari status akreditasi jurusan ataupun ranking universitasnya, sehingga setelah semuanya cocok, hasilnya pun akan maksimal.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Mencari Informasi Beasiswa S2 Dalam Negeri

Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri
Cari informasi yang detail

Selanjutnya, hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa S2 dalam negeri. Bentuk informasi yang kami maksud adalah tentang jalur beasiswa yang terbuka saat ini dan bagaimana bisa mendapatkannya. 

Terdapat beberapa jalur beasiswa yang dibuka oleh pemerintah dan bisa kamu coba, yaitu DIKTI (Dalam Negeri dan Luar Negeri serta Talent Scouting), Djarum, BU (Beasiswa Unggulan), dan lain sebagainya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Melakukan Konsultasi dengan Orang yang Lebih Berpengalaman

Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri
Bertanyalah kepada kenalanmu

Melakukan diskusi atau sharing pengalaman dengan orang atau teman terdekat yang sudah pernah mengikuti program beasiswa S2 adalah poin tambah untuk kamu agar semakin dekat meraih impian, yaitu lolos dalam seleksi program beasiswa S2. Sahabat MySkill dapat menanyakan persiapan apa saja yang orang itu lakukan, tahapannya apa saja, dan bertanya tips-tips kepadanya juga boleh.

5. Melengkapi Syarat Pendaftaran Beasiswa S2 Dalam Negeri

Kiat-Kiat Memperoleh Beasiswa S2 Dalam Negeri
Harap teliti dalam mempersiapkan berkas

Setelah dirasa cukup mengumpulkan informasi mengenai jurusan, kampus, lingungannya, dan lain-lain, ambil langkah untuk mempersiapkan semua syarat yang harus kamu penuhi. Pastikan syarat-syaratnya lengkap dan tidak ada yang terlupakan. Kamu bisa melihat syaratnya pada laman web masing-masing instansi pendidikan yang hendak kamu tuju. Biasanya, persyaratan umumnya berupa.

  • Scan ijazah S1
  • Scan surat permohonan beasiswa kepada pihak yang terkait
  • Curriculum Vitae/CV
  • File proposal rencana studi, alasan studi, rencana tugas akhir, dan rincian perkiraan biaya
  • File/scan surat penerimaan perguruan tinggi
  • Scan kartu keluarga
  • Scan TOEFL yang masih berlaku

Baiklah, di atas merupakan informasi mengenai kiat-kiat memperoleh beasiswa S2 dalam negeri, semoga kamu bisa menangkap maksudnya dengan baik, ya, sahabat MySkill. Tetap semangat dan jangan menyerah kalau memang pada awalnya masih mengalami banyak kegagalan saat mendaftar beasiswa, lakukan evaluasi dan coba lagi. 

Kemudian, apabila diantara kalian ada yang ingin menceritakan secara singkat perjalanannya dalam meraih beasiswa bisa langsung ketikkan pada kolom komentar, ya! Bisa jadi orang lain akan merasa terinspirasi.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Lebih lanjut, buat kamu yang tertarik mempelajari tentang strategi mendapat beasiswa pasca sarjana, langsung saja ikuti kelas online yang ada pada MySkill.id. Kamu akan mendapatkan materi mengenai beragam beasiswa dunia, cara memilih kampus dan beasiswa, dokumen umum yang kamu perlukan, dan tips singkat hadapi IELTS.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill