5 Rekomendasi Buku Belajar UX Writing untuk Pemula

Dewasa ini, profesi menjadi seorang UX writer adalah hal yang cukup menjanjikan. Prospek dari jenis pekerjaan ini lumayan menguntungkan di masa yang akan datang. Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk jadi UX writer? Kalau iya, kamu perlu tahu 5 buku yang bisa membantu belajar UX writing untuk pemula!

Sebelum membahas mengenai UX writer lebih jauh, kamu harus mengetahui dahulu secara singkat mengenai UI dan UX. UI atau yang seringkali disebut juga dengan user interface adalah program yang dapat berinteraksi dengan pengguna (user) dalam penggunaan layanan secara digital.

Kemudian, bagaimana dengan UX writing? UX atau singkatan dari user experience memiliki fokus pada pengalaman pengguna dalam menggunakan program, web, aplikasi, dan layanan digital lainnya.

Belakangan ini UI/UX Writer menjadi sebuah pekerjaan yang populer. Pekerjaan ini memiliki gaji yang tinggi. Tak heran jika banyak orang ingin menjadi seorang UX writer.

Yuk, langsung kita simak 5 buku pemula untuk kamu yang tertarik belajar UX writing!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Strategic Writing for UX

UX Writing untuk Pemula https://www.amazon.com/Strategic-Writing-Engagement-Conversion-Retention/dp/1492049395
Materi tentang UX writing secara kompleks

Buku karangan Torrey Podmajersky ini memuat materi tentang UX writing secara kompleks. Tidak hanya menjelaskan mengenai prinsip penulisan UX, Strategic Writing for UX juga memuat analisis-analisis penulisan UX untuk beberapa website dan aplikasi sesuai dengan kategori yang tercantum.

Buku ini memiliki materi kompleks, tapi ringan untuk pembaca. Kamu akan dengan mudah memahami bagaimana proses penulisan UX yang baik dan benar.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Microcopy The Complete Guide

UX Writing untuk Pemula https://www.amazon.com/Microcopy-Complete-Guide-Kinneret-Yifrah/dp/B07N1RD7W6
Buku ini sangat direkomendasikan!

Buku karangan Kinneret Yifrah ini cukup terkenal di kalangan UX Designer dan UX Writer profesional. Mereka menyebutkan bahwa buku ini wajib untuk para penulis UX. Buku ini memuat panduan kosakata teknis menjadi kosakata yang memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau website.

Selain definisi-definisi kosakata teknis, kamu juga akan mendapatkan contoh-contoh UX writing yang baik, loh!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Microstyle: The Art of Writing Little

UX Writing untuk Pemula https://www.amazon.com/Microstyle-Writing-Little-Christopher-Johnson/dp/039334181X
Prinsip-prinsip penulisan pendek dalam UX

Pada buku Microstyle: The Art of Writing Little ini terdapat prinsip-prinsip penulisan pendek untuk website dan produk digital yang lebih sederhana. Dalam buku ini, kamu akan memahami pemilihan kata, menyesuaikan nada (tone) dari kata-kata, sampai tips meraih perhatian pengguna.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. How to Write Short

UX Writing untuk Pemula https://www.amazon.com/How-to-Write-Short-audiobook/dp/B00GG6SRH0
Penulisan ringkas, tapi jelas!

Menjadi seorang UX writer artinya kamu harus bisa menulis kalimat sependek-pendeknya, tapi tetap dapat menyampaikan pesan sebaik-baiknya. Pada prinsip UX writing, tulisan yang baik adalah tulisan yang singkat dan mudah bagi pengguna pahami.

Buku How to Write Short karya Roy Peter Clark ini bisa jadi panduanmu dalam UX writing. Dalam buku ini kamu tidak hanya mendapatkan penjelasan mengenai tulisan pendek, tapi juga contoh penerapannya yang mudah.

5. The User’s Journey: Storymapping Products That People Love

UX Writing untuk Pemula https://www.amazon.com/Users-Journey-Storymapping-Products-People-ebook/dp/B01D95U8UO
Tulisan yang mengandung alur cerita, lebih menarik!

Buku The User’s Journey ini bisa jadi bacaan tambahanmu. Buku ini mengajak pembaca untuk menggunakan metode ‘cerita’ bagi pengguna aplikasi.

Pembangunan cerita ini akan memudahkan penulis UX dalam membuat teks pada aplikasi maupun website. Dengan ini, para pengguna pun akan mudah memahami maksud dari tulisan-tulisan yang ada di UX.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi buku belajar UX writing untuk pemula. Bagi kamu yang ingin memperoleh pelatihan dan pembelajaran lebih lanjut mengenai UX writing, MySkill.id mempunyai kelas persiapan UX writing, loh!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Putrika Annaya Salsabila