INFP: Ketahui 4 Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe ini!

INFP (mediator) merupakan salah satu tipe dari 16 personality types MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). MBTI adalah sebuah tes kepribadian yang dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs. Mereka mengembangkannya berdasarkan teori personality types milik Carl G. Jung. 

MBTI kerap digunakan beberapa perusahaan untuk mengidentifikasi calon karyawannya. Selain itu, melalui MBTI kalian juga bisa tahu lingkungan dan pekerjaan seperti apa yang cocok untuk diri kita.  Pada kesempatan kali ini MySkill.id. ingin membahas mengenai bidang pekerjaan untuk INFP.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

INFP di Dunia Kerja

INFP: Ketahui 4 Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe ini!
Kepribadian mediator adalah sosok kreatif dan empatik

INFP adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving. Sebelum mengetahui bidang pekerjaan untuknya, kita perlu tahu bagaimana kepribadian tipe ini di dunia kerja. 

Orang-orang dengan kepribadian ini umumnya memiliki antusiasme dan rasa keingintahuan yang tinggi, serta senang mempelajari hal-hal baru. Akan tetapi, mereka cenderung sulit untuk mempertahankan energi dan antusiasnya untuk mengerjakan proyek jangka panjang. 

Tipe ini lebih memilih pekerjaan yang sejalan dengan nilai dan pribadi mereka. Mediator type cocok dengan pekerjaan yang membebaskannya untuk mengekspresikan keunikan dirinya. Mereka  jarang melihat suatu pekerjaan dari sisi materi dan status. 

Sebagai pribadi yang intuitive, tipe ini sangat menghargai sebuah inovasi. Di samping itu, mediator juga  sering kali memiliki ide-ide baru dan unik. Karenanya, mereka senang terlibat dalam proses problem-solving. INFP juga biasa dikenal sebagai pribadi yang kreatif dan penuh empati. 

Di lingkungan kerja, INFP akan menikmati hal-hal yang dikerjakan secara mandiri. Seorang mediator juga senang memiliki kontrol atas bagaimana serta kapan mereka harus menyelesaikan pekerjaannya. Walau menyukai bekerja lepas secara individu, seorang mediator sebenarnya juga senang bekerja di dalam kelompok. 

Bagi INFP, memiliki passion yang sejalan merupakan aspek penting untuk bekerja sama dengan orang lain. Menjadi kooperatif, suportif, dan fleksibel adalah hal yang tak kalah penting bagi mereka untuk menjalin kerja sama. Di samping itu, Sosok optimisnya dapat berperan dalam mendorong dan memotivasi anggota kelompok.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

INFP: Ketahui 4 Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe ini!
INFP cocok bekerja pada bidang pendidikan, media komunikasi, bisnis, dan seni

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa seorang mediator merupakan sosok yang inovatif, fleksibel, kreatif, dan empatik. Berdasarkan tipe kepribadiannya, terdapat beberapa bidang pekerjaan yang cocok untuk INFP. Guna mengenalnya lebih lanjut, yuk, kita telusuri bersama pembahasannya di bawah!

1. Bidang Pendidikan dan Kesehatan 

Pribadi INFP yang caring dan penuh empati akan  membuatnya mudah melihat dan menyesuaikan emosi dengan orang lain. Mereka cenderung berupaya lebih untuk memenuhi kebutuhan emosi orang-orang. Hal tersebut membuatnya cocok bekerja di bidang pendidikan dan kesehatan. Contohnya seperti menjadi guru, kurator museum, therapist, dan psikolog.

2. Bidang Media Komunikasi

Pada dasarnya, tipe ini memiliki kemampuan membuat koneksi dengan baik. Dalam memandang sesuatu, mereka condong melihat gambaran besar secara keseluruhan. Hal tersebut membuat mereka pandai menghubungkan pola-pola tersembunyi di dalam suatu hal. 

Orang dengan tipe ini dapat berkembang di lingkungan yang kreatif dan solutif. Mereka juga merupakan individu kreatif dan senang mendiskusikan berbagai topik. Maka dari itu, biasanya mereka berbakat dalam kemampuan desain visual dan bahasa asing. 

Kemampuan tersebut membantu mereka untuk berkecimpung di bidang media komunikasi. Terdapat beberapa pekerjaan di bidang media komunikasi untuk kepribadian ini. Beberapa di antaranya adalah copywriter, editor, graphic designer, photographer, film editor, dan translator.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini. 

3. Bidang Bisnis dan Teknologi

Dewasa ini, terdapat berbagai macam bisnis berbasis teknologi. INFP cenderung menghindari pekerjaan yang berhadapan langsung dengan customer. Oleh karena itu,  terasa sedikit sulit baginya untuk menemukan pekerjaan pada bidang bisnis dan teknologi. Namun, sebenarnya terdapat beberapa peran dalam perusahaan bisnis atau lembaga nonprofit yang memerlukan kreativitas dan cara pikir mereka yang luas. 

Pekerjaan tersebut antara lain adalah content strategist, human resource manager, fundraising manager, UX designer, dan technical writer

4. Bidang Seni 

Selain memiliki pandangan unik akan suatu hal, INFP juga mampu menyampaikan pandangannya dengan cara yang kreatif. Hal tersebut membuatnya terampil dalam bidang seni. Umumnya, tipe ini pandai dalam mengekspresikan pikiran dan emosinya melalui seni. 

Oleh karena itu, bekerja di bidang seni bisa menjadi pilihan bagi kalian dengan kepribadian ini. Terdapat beberapa pekerjaan pada bidang seni, yaitu penulis, animator, dan seniman (seni murni).

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Dari tulisan di atas, kita telah mengetahui bidang dan pekerjaan apa saja yang cocok bagi INFP. Bagaimana, apakah teman-teman INFP sudah menentukan ingin bekerja di bidang apa? Jika sudah menentukannya, jangan lupa asah lagi kemampuan kalian dengan mengikuti berbagai kelas dari MySkill.id! Teman-teman bisa ikut kelas Penulisan Naskah Cerita, Desain Grafis, dan kelas lainnya. Yuk, segera daftarkan dirimu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill