5 Kelebihan dan Kekurangan Remote Work bagi Karyawan

2 min read

Remote work merupakan salah satu model kerja yang memungkinkan para karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau bahkan di mana saja mereka mau. Bagi sebagian orang, hal tersebut tentu sangat menyenangkan karena tidak perlu pergi ke kantor pagi-pagi buta.

Terlebih, sejak adanya pandemi Covid-19, sistem kerja jarak jauh semakin populer hingga menjadi tren di berbagai perusahaan baik nasional maupun internasional.

Namun, ternyata kerja jarak jauh seperti ini tidak selamanya menguntungkan, lo! Jadi, seperti apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan remote work? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kelebihan Remote Work

1. Lebih Hemat Waktu, Biaya, dan Tenaga

Remote work
Hemat waktu, biaya, dan tenaga

Jika biasanya kamu harus mempersiapkan diri satu jam sebelum berangkat ke kantor, membayar biaya transportasi, dan lelah terjebak macet di jalanan, hal itu tidak akan kamu jumpai dalam sistem kerja jarak jauh.

Inilah keunggulan utama dari kerja remote yang memungkinkan kamu untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga karena semua pekerjaan dapat diselesaikan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor.

2. Mengurangi Risiko Stres

Remote work
Remote work mengurangi risiko stres

Suatu perusahaan terkadang memiliki aturan yang begitu ketat untuk karyawannya, seperti kewajiban datang tepat waktu, durasi istirahat yang terlalu singkat, larangan meninggalkan kantor, dan masih banyak lagi. Bahkan, tidak jarang atasan pun sering mengawasi progres kerja anggotanya.

Hal tersebut lama-kelamaan membuat karyawan stres dan tertekan. Namun, kamu tak perlu khawatir mengalami peristiwa tersebut jika memilih sistem kerja jarak jauh. Adanya kerja secara remote sangat memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan sembari melakukan hobi, dan tentunya kamu akan bebas dari konflik dengan rekan kerja atau atasan.

3. Meningkatkan Produktivitas

Remote work
Efektif untuk meningkatkan produktivitas

Permasalahan di kantor sering kali membuat karyawan menjadi bad mood sehingga memengaruhi tingkat kinerja mereka.

Oleh karena itu, perlu ketenangan tempat serta suasana agar karyawan bisa memaksimalkan produktivitas. Suasana kerja yang kondusif tersebut bisa kamu peroleh dengan memilih sistem kerja secara remote.

4. Membantu Mencapai Work-Life Balance

Remote work
Remote work membantu mencapai work-life balance

Remote work adalah cara paling recommended bagi kamu yang mendambakan work-life balance karena kamu bisa mengatur sendiri kapan waktu untuk bekerja, istirahat, dan bersenang-senang.

5. Kerja Remote Lebih Fleksibel

Remote work
Fleksibel dan tidak terikat oleh aturan kantor

Keunggulan kerja secara remote selanjutnya yakni lebih fleksibel jika dibandingkan dengan bekerja di kantor. Para karyawan bisa pergi ke mana saja untuk mencari inspirasi sehingga mampu menciptakan kreativitas dalam bekerja.

Tidak hanya itu, fleksibilitas kerja jarak jauh sangat memungkinkan seseorang untuk mengambil lebih dari satu bidang pekerjaan.

Baca juga: Work from Home dan Work from Office, Mana yang Lebih Baik?

Kekurangan Remote Work

1. Kurangnya Sosialisasi dengan Karyawan Lain

Kurangnya sosialisasi dan rentan miskomunikasi

Meski saat ini telah banyak aplikasi sosial seperti WhatsApp, Zoom, atau Google Meet, bekerja di luar kantor terkadang membuat seseorang kurang memiliki kedekatan dengan atasan dan karyawan lain.

Padahal, komunikasi yang baik merupakan aspek penting dalam sebuah pekerjaan. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari bekerja jarak jauh. Terbatasnya sosialisasi dengan rekan kantor sangat rentan menimbulkan miskomunikasi.

2. Banyak Distraksi

Banyak distraksi yang mengganggu efektivitas kerja

Jika kamu sedang bekerja di kantor, mungkin akan merasa lebih fokus karena didukung oleh lingkungan sekitar yang juga semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Berbeda dengan remote work, kamu akan menjumpai banyak distraksi, seperti godaan membuka media sosial, mencari hiburan, dan lain-lain, sehingga menimbulkan sikap procrastination atau menunda-nunda pekerjaan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat work plan agar pekerjaanmu tetap selesai sesuai jadwal.

3. Jaringan Internet yang Kurang Stabil

Jaringan internet kurang stabil saat online meeting (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Melakukan meeting secara online tentu menghabiskan banyak kuota dan membutuhkan jaringan yang kuat. Apabila koneksi internet di daerahmu kurang stabil, dapat dipastikan bahwa kerja jarak jauh akan menjadi tidak efektif.

4. Jam Kerja Saat Remote Work Tidak Teratur

Remote work membuat jam tidur kurang teratur

Karena remote work bersifat fleksibel, tidak ada lagi aturan jam kerja seperti layaknya di kantor. Hal tersebut kadang justru membuatmu lalai untuk beristirahat dan malah bekerja melampaui batas.

5. Tidak Semua Bidang Dapat Melakukan Remote Work

Tidak semua bidang usaha bisa menerapkan remote work

Meski terbukti menguntungkan, nyatanya tidak semua bidang bisa menerapkan remote work untuk usaha mereka. Sebagai contoh, pebisnis kuliner tentu tidak bisa melakukan kerja jarak jauh bagi para karyawannya.

Itulah 5 kelebihan dan kekurangan remote work bagi para karyawan. Baik kerja jarak jauh atau di kantor, tetap tingkatkan hard skill dan soft skill kamu dengan mengikuti E-Learning serta Bootcamp bersama MySkill.id!

Editor: Deden Usman Hafidi