Awas! Ini Dia 5 Kesalahan Digital Marketing yang Wajib Kamu Hindari

Digital marketing membuka kemungkinan yang sangat lebar untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, pemasaran digital menawarkan berbagai kemudahan dalam memasarkan produk. Hal tersebut membuat kebanyakan pengusaha terlena dan melakukan banyak kesalahan yang mengakibatkan kerugian perusahaan. Maka dari itu, yuk kenali 5 kesalahan digital marketing agar kamu bisa menghindarinya!

1. Strategi Tidak Tepat Sasaran

Strategi gak tepat sasaran malah bikin rugi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam menjalankan bisnis adalah menentukan strategi dan perencanaan. Tanpa keduanya, bisnismu tidak akan berjalan dengan mulus. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, banyak pengusaha memilih digital marketing sebagai salah satu strategi bisnis mereka karena mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Akan tetapi, kebanyakan dari mereka terlena dan asal-asalan saat melakukannya. Mereka tidak sadar bahwa digital marketing bagaikan sebuah pisau dapur yang dapat membawa banyak manfaat. Akan tetapi, ia juga dapat melukai penggunanya.

Alih-alih menjangkau lebih banyak pelanggan, digital marketing dapat membuat perusahaan gulung tikar karena harus membayar biaya iklan yang sangat mahal. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar spesifik dalam membuatnya sehingga dapat lebih tepat sasaran dan mendatangkan keuntungan untuk perusahaanmu.

2. Gak Paham Konsumen

Kesalahan digital marketing https://www.pexels.com/photo/7621136/
Memahami konsumen gak serumit memahami pacar

Inilah kesalahan kedua yang sering terjadi saat melakukan digital marketing. Banyak pengusaha yang terlalu idealis saat memasarkan produk mereka sehingga tidak menghiraukan kebutuhan serta tren pasar, padahal kebutuhan pelanggan menjadi poin pertimbangan yang sangat krusial.

Sebagai pengusaha, kamu harus lebih memperhatikan dan memahami pelangganmu. Tidak perlu sampai merubah produk yang kamu jual, kamu cukup menyesuaikan konten promosi, kemasan, dan Key Opinion Leader (KOL). Kamu juga bisa menggunakan Google Trends untuk mengetahui tren pasar saat ini.

3. Kurang Maksimal dalam Memanfaatkan Digital Marketing

Kesalahan digital marketing https://www.pexels.com/photo/6476193/
Manfaatkan digital marketing sebaik mungkin

Pernah gak kamu mendengar ucapan seperti ini, “Namanya aja digital marketing, fungsinya ya memasarkan produk secara digital untuk menjangkau lebih banyak pelanggan”. Pemahaman tersebut sebenarnya kurang tepat karena ruang lingkup digital marketing sangatlah luas.

Digital marketing juga berfungsi untuk melihat kinerja pemasaran melalui analisis angka yang terukur. Hal tersebut berguna untuk mengetahui jumlah kunjungan ke situsmu dan sejauh mana iklan kamu mencapai pelanggan. Kamu bisa mengolah berbagai informasi tersebut untuk mengevaluasi strategi pemasaranmu dan mengembangkannya menjadi strategi baru di masa mendatang.

Baca juga: 5 Teknik Digital Marketing yang Ampuh untuk Memasarkan Produk, Sudah Coba?

4. Buta SEO dan Copywriting

Kesalahan digital marketing https://www.pexels.com/photo/34140/
SEO dan copywriting untuk konten berkualitas

Digital marketing dan konten bagaikan sepasang kekasih yang sedang jatuh cinta. Kamu tidak akan bisa memisahkan keduanya. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memahami bagaimana cara membuat konten berkualitas sehingga menghasilkan bentuk digital marketing yang ‘bukan kaleng-kaleng’. 

Nah, untuk menghasilkan konten berkualitas, kamu membutuhkan pemahaman mengenai copywriting dan Search Engine Optimization (SEO) yang mumpuni. Copywriting dapat membantu kamu dalam menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan dengan maksimal, sedangkan SEO mampu membuat produk kamu muncul di urutan paling atas di mesin pencari.

Baca juga: 5 Tips untuk Menyusun Digital Marketing Frameworks! Pengusaha Wajib Tahu!

5. Halaman Situs Amburadul

Kesalahan digital marketing https://www.pexels.com/photo/230544/
Situs acak-acakan bikin pusing calon pelanggan

Saat menekan iklan, seorang calon pelanggan akan secara otomatis menuju ke laman situs resmi perusahaanmu. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memperhatikan landing page dari website perusahaanmu. Tampilan yang amburadul serta navigasi yang rumit akan membuat calon pelanggan kesal dan menutup situsmu. 

Selain itu, situsmu juga harus bisa mengakomodasi segala kebutuhan calon pelanggan. Sediakan tombol calltoaction dan laman informasi yang lengkap sehingga calon pembeli dapat melakukan transaksi dan menghubungi kamu.

Baca juga: Intip 5 Design Tools untuk Digital Marketing yang Mudah untuk Kamu Gunakan!

Itu dia 5 kesalahan digital marketing yang wajib kamu hindari. Jika kamu berhasil menghindari berbagai kesalahan di atas, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meminimalisir kerugian perusahaan.

Untuk mendapat hasil yang memuaskan saat melakukan digital marketing, sebaiknya kamu mempelajari dan Mengenal Digital Marketing Framework terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajarinya bersama MySkill.id! Selain itu, kamu bisa mengikuti berbagi kelas mengenai Pemasaran Digital bersama tutor berpengalaman! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa