Kamu ISTP? Ini Dia 6 Pekerjaan yang Cocok untukmu!

ISTP (Introversion, Sensing, Thinking, Perceiving) merupakan salah satu tipe kepribadian yang bersikap fleksibel dan mampu berpikir secara logis. Mereka juga senang menganalisis hal-hal yang dianggap unik. Karena itu, orang dengan kepribadian ISTP memiliki keunggulan dalam berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah secara mandiri.

Namun, seorang ISTP kurang menyukai aturan yang terlalu ketat dan kaku. Mereka lebih menyukai pekerjaan yang bisa memberikan kebebasan. Karena memiliki kepribadian introver, ISTP memiliki kecenderungan lebih pendiam, tertutup, dan membutuhkan personal space-nya sendiri.

Apabila kamu memiliki kepribadian ISTP dan ingin tahu pekerjaan apa yang paling cocok untuk kamu, tenang saja, MySkill telah menyiapkan jawabannya. Yuk, pelajari lebih dalam tentang kepribadianmu dan ketahui prospek karier yang paling sesuai!

1. ISTP Sebagai Ilmuwan

ISTP sebagai ilmuwan yang bekerja di laboratorium
Introver cocok dengan pekerjaan sebagai ilmuwan

Pekerjaan pertama yang cocok untuk kepribadian ini adalah ilmuwan. Pekerjaan ini sangat pas untuk ISTP karena mereka memiliki keingintahuan yang tinggi serta memiliki semangat untuk melakukan riset secara mendalam.

Seorang ilmuwan harus mampu melakukan eksperimen, mengumpulkan data, dan menyimpulkan hasil penelitiannya dengan baik. Selain itu, profesi ini juga tidak harus terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain sehingga sangat cocok dengan sifat introver.

2. Dokter

Dokter
Dokter harus mampu berpikir dan bertindak dengan cepat

Profesi sebagai dokter juga merupakan salah satu pilihan karier yang bisa kamu tekuni sebagai ISTP. Pasalnya, dokter memiliki tugas untuk bekerja dengan cepat dan mampu memberi solusi pada saat keadaan kritis. Selain itu, profesi ini juga membutuhkan ketelitian dalam memeriksa dan menangani pasien. Tekanan adrenalin inilah yang menjadi kesukaan ISTP.

3. ISTP Sebagai Insinyur Sipil

ISTP sebagai insinyur sipil
Melakukan konstruksi sebuah bangunan adalah tugas insinyur sipil

Kepribadian ini memiliki kesenangan untuk merakit dan membangun sesuatu sehingga cocok untuk berprofesi sebagai insinyur sipil. Seorang insinyur sipil bertugas untuk merancang, merencanakan, dan memastikan pembangunan sebuah konstruksi berjalan baik. Karakternya yang menyukai tantangan membuat ISTP sangat cocok dengan pekerjaan ini.

4. System Analyst

ISTP sebagai system analyst, berkutat di depan laptop
System analyst harus memiliki kemampuan IT yang baik

Untuk ISTP yang juga menyukai dunia IT, pekerjaan ini sangat cocok untukmu. Seorang system analyst bertugas untuk meningkatkan fungsi dan efisiensi dari sistem IT di sebuah perusahaan.

Profesi ini juga bertugas untuk mengidentifikasi mengenai hal apa saja yang menghambat kerja dari sebuah sistem IT dan mencari solusi agar dapat berjalan dengan baik. Selain itu, system analyst juga bertugas untuk mendesain sistem baru dan menerapkannya. Karier tersebut tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain sehingga bisa menjadi salah satu profesi yang tepat.

Baca juga: 7 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

5. ISTP Sebagai Ahli Keuangan

Analis keuangan
Ahli keuangan memerlukan ketelitian dan pikiran kritis

Karier kelima yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah ahli keuangan. Pekerjaan ini sangat tidak terlepas dari kegiatan menghitung dan angka-angka.

Selain menghitung, seorang ahli keuangan juga bertugas untuk mengumpulkan data keuangan dan melakukan analisis terhadap data tersebut. Profesi ini membutuhkan pemikiran kritis dan logis sehingga kepribadian ini sangat cocok karena memiliki dua sifat tersebut.

6. Ahli Forensik

Ahli forensik
Kepribadian ini bersifat logis dan cocok untuk bekerja di bidang forensik

Sifat logis, mampu berpikir kritis, dan memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan baik membuat seorang ISTP juga cocok untuk menjadi ahli forensik. Profesi ini juga memerlukan fokus dan konsentrasi tingkat tinggi untuk memperhatikan detail-detail kecil. Selain itu, ahli forensik juga bertugas untuk membuat kesimpulan berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh.

Itu dia 6 rekomendasi pekerjaan yang cocok bagi kepribadian ISTP. Pada dasarnya, kepribadian ini cocok dengan pekerjaan yang rumit, menantang, dan membutuhkan kemampuan memecahkan masalah. Nah, untuk bekerja di bidang-bidang tersebut, MySkill memiliki beberapa kelas yang bisa kamu akses dengan harga terjangkau, lo! Yuk, segera beli kelasnya!

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian ESTP

Editor: Wahda Nur Lestari