Mengenal Software Talenta: Definisi, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Menjadi seorang HR terkadang membuat kita harus berhadapan dengan berbagai pekerjaan yang melelahkan. Namun, hal tersebut justru menjadi ide bagi salah satu perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) Mekari dengan meluncurkan aplikasi bernama Talenta.

Secara umum, aplikasi ini bertujuan untuk merancang operasional bisnis yang lebih efektif. Lalu, seperti apakah keunggulan fitur-fitur yang ada pada Talenta? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Mengenal Software Talenta

Talenta
Mengenal Software Talenta (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Talenta merupakan salah satu software yang berfungsi untuk membantu HR dalam pengolahan data karyawan. Perusahaan Mekari selaku pendiri aplikasi ini mengungkap bahwa 46% bisnis telah menerapkan kebijakan work from home semenjak adanya pandemi.

Tidak hanya itu, 17% karyawan mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi saat melakukan work from home. Bahkan, 54% HR managers berpendapat bahwa WFH yang efektif akan sulit dicapai jika infrastruktur perusahaan masih kurang baik.

Oleh karena itu, guna meningkatkan kinerja perusahaan, aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur menarik seperti absensi online, penghitungan payroll otomatis, dan masih banyak lagi.

2. Fitur-Fitur

Talenta
Berbagai fitur menarik Software (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

a. Payroll

Payroll yang terdapat dalam aplikasi ini dapat membantu HR untuk mengelola sistem penggajian secara otomatis. Fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem absensi dan kehadiran karyawan sehingga memudahkan operasional yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu cukup lama.

Dalam hal tersebut, gaji karyawan akan dihitung berdasarkan rekapitulasi time tracking dan komponen gaji lainnya seperti cuti, deduksi, serta kompensasi. Payroll juga memungkinkan HR untuk membuat distribusi gaji yang lebih akurat, fleksibel, aman, dan sesuai regulasi bisnis.

Tidak hanya gaji, seorang HR bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghitung bonus, potongan uang pensiun, pajak PPh 21, hingga tunjangan hari raya (THR). Agar lebih jelas, berikut adalah pemetaan dari fungsi payroll:

1. Kalkulasi Payroll

  • Penghitungan pajak penghasilan (PPh).
  • Kalkulasi biaya BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.
  • Penghitungan penghasilan tidak tetap.

2. Pembayaran Payroll

  • Transfer gaji melalui berbagai bank dan jadwal yang bervariasi.

3. Laporan Payroll

  • Lap. status penerimaan gaji.
  • Lap. pajak 1721-A1, BPJS, reimbursement, tunjangan lembur, dan pinjaman karyawan.

b. Attendance

Pengelolaan absensi mulai dari penjadwalan shift, mobile check in, real time monitoring, dan rekap laporan kehadiran secara otomatis. Dengan begitu, HR bisa memantau kehadiran karyawan dengan mudah.

c. HRIS

Human Resource Information System (HRIS) merupakan salah satu software yang berfungsi untuk mengelola data karyawan, mulai dari kehadiran, gaji, pengembangan, onboarding, dan offboarding karyawan secara online maupun offline.

Perusahaan tidak perlu lagi menyimpan berkas-berkas atau arsip dokumen karena seluruh data telah tersimpan dalam cloud.

d. Expense Management

Fitur ini berfungsi untuk memproses maupun memonitor pengajuan reimbursement, pinjaman, dan cash advance secara online.

e. Employee Self Service

Fasilitas ini dapat memudahkan dan mempercepat proses administrasi HR dengan memberikan karyawan wewenang untuk melakukan administrasi secara mandiri.

f. Flexible Benefit

g. Performance Management (Penilaian Kinerja Karyawan)

h. HR Analytics (Visualisasi Insight HR)

i. New Normal Support (HRIS untuk era new normal)

3. Cara Menggunakan Software Talenta

Langkah-langkah Menggunakan Software (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Baca Juga: 5 Software SQL Gratis untuk Mengolah Database

Setelah mengetahui berbagai fitur menarik, kini saatnya untuk mencoba mengaplikasikan software tersebut dalam perusahaan. Adapun berikut adalah beberapa langkah dalam penggunaan software Talenta:

  1. Unduh software melalui Google Play Store.
  2. Lakukan konsultasi mengenai masalah HR perusahaan kepada sales Talenta.
  3. Isi formulir melalui link talenta.co untuk mendapatkan jadwal demo.
  4. Fitur Talenta siap untuk diakses.

Itulah uraian mengenai software HR Talenta mulai dari definisi, fitur-fitur unggulan, dan cara penggunaannya. Nah, selain penggunaan software yang mendukung, yuk, tingkatkan pula kemampuan mengelola perusahaan maupun bisnis dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp dari MySkill!

Editor: Deden Usman Hafidi