Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!

Mengapa business intelligence penting? Salah satu alasannya, karena dengan business intelligence perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih matang berdasarkan data dan analisis historis maupun empiris. Selain itu, masih banyak lagi alasan terkait pentingnya BI bagi sebuah perusahaan. Penasaran apa saja? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

1. Salah Satu Cara untuk Meningkatkan Keuntungan

Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!
Dengan business intelligence, perusahaanmu dapat meningkatkan keuntungan.

Dengan business intelligence, kamu dapat meningkatkan keuntungan perusahaanmu.  Karena BI membantumu untuk menganalisis dan menyediakan langkah-langkah yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan keuntungan berdasarkan data real.

Dalam hal ini, kamu dapat mengetahui kapan harus mengubah strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan. Kemudian, kamu juga dapat menentukan kapan waktunya untuk mengurangi pengeluaran sebagai upaya meningkatkan jumlah modal.

Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan bisa diprediksi dengan lebih matang dan kemungkinan perusahaan yang kamu rintis akan berkembang lebih cepat.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

2. Menganalisis Perilaku Konsumen

Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!
Kamu dapat melihat dan memprediksi perilaku konsumen.

Mengetahui perilaku dan sifat konsumen adalah suatu hal yang penting dalam menjalani bisnis. Karena itu dapat membantu perusahaan mengerti apa yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sesuatu. Dengan bantuan business intelligence, perusahaan akan terbantu untuk mengenal hal tersebut dengan lebih mudah.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Membandingkan Data dengan Kompetitor

Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!
Kita bisa membandingkan data dengan kompetitor dengan business intelligence.

Alasan selanjutnya mengapa BI penting sebab kehadirannya dapat membantumu membandingkan data yang kamu miliki dengan kompetitor. Alasan kamu perlu membandingkan data dengan kompetitor adalah agar kamu mengerti apa kelebihan dan kekurangan dari kompetitormu. Sehingga kamu dapat mengisi apa kekurangan itu dan menggaet konsumen lebih banyak. Hal ini tentu penting untuk kemajuan perusahaanmu.

4. Memprediksi Tren Pasar

Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!
Kamu juga dapat memprediksi tren pasar dengan business intelligence.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat memprediksi tren dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar. Sehubungan dengan itu, tren pasar bisa menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Kamu bisa meminta bantuan seorang BI untuk mengetahui dan memprediksi tren pasar yang ada.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Mengetahui Permasalahan

Mengapa BI Itu Penting? Simak Alasannya Berikut Ini!
Business intelligence melihat dan mencari kesalahan dalam praktik bisnis.

Selanjutnya, alasan yang terakhir business intelligence dapat menjadi konsultan dalam hal mengetahui permasalahan-permasalahan yang menghambat perkembangan perusahaanmu. BI membantumu menganalisis apa yang perusahaanmu harus penuhi dan hindari. Hal ini diperlukan untuk kemajuan perusahaan yang kamu rintis ke depannya.

Itu-lah beberapa alasan penting kehadiran BI bagi sebuah perusahaan. Kamu tertarik menjadi seorang business intelligence? Atau justru malah tertarik menjadi yang memiliki bisnis? Apapun pilihannya, kamu bisa mengikuti kelas Bagaimana Menghasilkan Ide untuk Membangun Bisnis di MySkill.id, agar pengetahuanmu tentang bisnis bertambah.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill