Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!

Pandemi telah mengubah berbagai sektor kehidupan. Penyesuaian bisnis diberbagai sektor mau tak mau harus dilakukan. Misalnya, sebelum pandemi jual beli dapat dilakukan secara langsung. Namun, karena pembatasan kegiatan, jual beli akhirnya dilakukan secara daring. Banyak start-up yang mulai mengeluarkan aplikasi belanja online. Setelah pandemi selesai, apakah start-up-start-up ini akan tetap eksis? Berikut ini, mari simak lima sektor start-up yang potensial pascapandemi!

1. E-Commerce

Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!
E-commerce menjadi sebuah solusi untuk belanja di tengah pandemi.

Karena karantina dan lockdown yang terjadi saat pandemi, e-commerce yang melayani transaksi belanja online mengalami peningkatan penggunaan. Hanya dengan memanfaatkan handphone atau computer kamu sudah bisa membeli barang secara instan.

Walau pandemi saat ini mulai berangsur pulih, tetapi kebiasaan masyarakat dalam menggunakan e-commerce nampaknya tidak akan berhenti. Dengan demikian besar kemungkinan e-commerce akan menjadi salah satu sektor start-up paling berpotensi di kehidupan pascapandemi.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Education Technology

Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!
Start-up yang bergerak dalam bidang pendidikan mulai bermunculan.

Sektor pendidikan menjadi salah satu yang terkena dampak paling signifikan saat pandemi. Pembelajaran berubah dari tatap muka menjadi tatap maya. Dampaknya banyak siswa yang merasa kurang memahami materi yang diajarkan. Akhirnya, banyak yang memilih mendaftar bimbel online.

Education start-up membantu para penggunanya untuk tetap memahami materi pembelajaran secara maksimal walau terhalang pandemi. Saat ini, education start-up juga banyak yang menyediakan kelas-kelas upskilling di samping materi pembelajaran  sekolah. Akses pendidikan pun menjadi semakin luas. Nampaknya, saat pandemi telah teratasi, eksistensi belajar online melalui produk-produk education start-up akan tetap banyak peminat.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Health Technology

Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!
Start-up di bidang kesehatan menjadi suatu hal yang urgen saat paspandemi maupun pascapandemi.

Selanjutnya, start-up berikutnya adalah health technology. Banyak layanan informasi hingga pembelian obat-obatan saat ini dilakukan secara online. Konsultasi kesehatan juga ada yang bisa dilakukan online. Kemudahan akses dan tidak diperlukannya mobilitas yang tinggi membuat masyarakat merasa cukup terbantu dalam kehidupan sehari-harinya.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Logistics

Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!
Jasa logistic membantu pesananmu sampai ketanganmu.

Sekarang ini, budaya belanja online sangat berkembang pesat saat ini. Dengan meningkatnya start-up dalam bidang e-commerce, jasa logistik pengantaran barang banyak bermunculan. Dalam kehidupan yang serba memanfaatkan internet dan budaya konsumtif masyarakat Indonesia, nampaknya pascapandemi nanti start-up dalam bidang logistik tetap akan eksis.  Dengan adanya jasa logistik, pesananmu bisa sampai dengan aman.

5. New Retail

Kenali 5 Sektor Start-up Paling Potensial Pascapandemi!
Bisnis retail akan semakin berkembang bersama perkembangan teknologi.

Saat awal pandemi, bisnis retail mengalami banyak hambatan dan tantangan. Hal tersebut dapat kita lihat karena kebanyakan retail di Indonesia masih memanfaatkan metode penjualan secara offline. Saat ini, bisnis retail mulai berusaha beradaptasi dengan teknologi. Selanjutnya, muncullah istilah new retail. Sebuah start-up retail yang menawarkan dagangannya melalui media online.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Setelah mengetahui sektor start-up yang memiliki potensi tetap eksis pascapandemi, apakah kamu berniat untuk membangun sebuah bisnis? Kamu dapat belajar lebih banyak mengenali start-up di MySkill! Salah satunya belajar Bagaimana Berinvestasi dalam Start-up di MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill