Cara Mudah Membuat Daftar Isi Profesional di Microsoft Word

Pentingnya Membuat Daftar Isi

Dalam pengolahan dokumen dengan Microsoft Word, membuat daftar isi memiliki peran penting untuk memberikan panduan struktural kepada pembaca. Daftar isi memungkinkan pembaca dengan cepat menavigasi dan menemukan bagian-bagian kunci dalam dokumen, meningkatkan keteraturan, dan memberikan tampilan profesional pada tulisan.

Tahap-tahap Membuat Daftar Isi di Word

Setelah memahami betapa pentingnya daftar isi, yuk, ketahui cara membuat bagian penting ini di Word. Menurut GCF Global, kamu hanya perlu melakukan 3 langkah saja untuk membuatnya.

1. Pilih Heading Style

Di Microsoft Word, pilihan heading style dapat ditemukan di bagian atas pada tab “Home”. Heading style berfungsi untuk mengorganisasi struktur dokumenm. Memilih heading style sebagai langkah pertama membuat daftar isi di Microsoft Word adalah cara memberi tahu software bahwa ada bagian baru dalam dokumen yang perlu ditampilkan dalam daftar isi. Pemilihan heading style ini bebas, tergantung kebutuhan. Idealnya, judul utama adalah yang paling besar, jadi pilih heading style “Title”. Lalu, diikuti bab dan sub bab yang lebih kecil dari judul utama dengan memilih Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya.

2. Masukkan Daftar Isi

Setelah memilih heading style untuk dokumen, sekarang saatnya membuat daftar isi. Klik tab “References” dan pilih “Table of Contents” di menu “Ribbon”. Akan muncul menu dengan opsi tampilan daftar isi yang berbeda. Microsoft Word secara otomatis akan membuat daftar isi sesuai dengan heading yang sudah dibuat pada tahap pertama. Font-nya juga bisa diganti sesuai keinginan.

3. Ubah Daftar Isi

Setelah memasukkan daftar isi ke dalam dokumen Word, kamu bisa mengupdate isinya dengan cara klik “Update Table”. Pilih “Update entire table” dan klik OK. Jika ada perubahan pada tulisan di halaman-halaman berikutnya, daftar isi akan secara otomatis mengikuti, mulai dari judul hingga letak halamannya. Ini memastikan bahwa daftar isi selalu terkini tanpa perlu meng-update secara manual.

Dengan langkah-langkah yang mudah ini, membuat daftar isi di Microsoft Word tidak lagi menjadi tugas yang sulit. Dengan demikian, proses penyusunan dokumen menjadi lebih efisien, dan pembaca dapat dengan mudah menjelajahi isi dokumen secara sistematis.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan