Pebisnis Wajib Tahu 4 Jenis Contoh Media Kampanye Berikut

Teknik kampanye pemasaran melalui media-media yang dapat kamu gunakan seperti televisi, media sosial, ataupun surat kabar pasti sudah tidak asing. Nah, apakah kamu tahu bahwa jenis contoh media kampanye bukan itu saja? Simak artikel berikut ini, ya!

Campaign marketing adalah komponen penting dari pertumbuhan perusahaan dan membantu bisnis meningkatkan brand awareness, mendatangkan pelanggan baru, serta mencetak lebih banyak penjualan. Jenis pemasaran ini pun beragam dan tergantung pada apa yang sesuai untuk bisnismu.

Upaya pemasaran strategis bertujuan untuk melakukan promosi atas nama perusahaan, merek, ataupun individu. Kampanye pemasaran dirancang untuk menarik perhatian pelanggan melalui beberapa metode seperti televisi, surat kabar, dan media sosial.

Berikut ini adalah 4 jenis contoh media kampanye untuk pemasaran dari bisnis kamu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Pemasaran Media Tradisional

Contoh Media Kampanye https://www.pexels.com/photo/802024/
Kampanye menggunakan media yang tersedia (konvensional)

Menggunakan media tradisional adalah kampanye yang mengandalkan media untuk meningkatkan brand awareness dan/atau mempromosikan produk atau layanan. Beberapa media tradisional yang umum untuk jenis kampanye ini adalah televisi, media cetak, radio, dan media sosial.

Jenis media kampanye ini paling banyak digunakan oleh perusahaan dan pelaku bisnis karena keefektifannya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Pemasaran Musiman

Contoh Media Kampanye https://www.pexels.com/photo/802024/
Pemasaran pada waktu tertentu untuk targeted market

Seperti namanya, kampanye musiman bermanfaat untuk mempromosikan penjualan, produk, atau layanan secara ‘musiman.’ Jenis kampanye musiman ini terjadi atau berlaku pada waktu-waktu tertentu saja seperti diskon akhir tahun, promo hari kebesaran, ataupun hari belanja nasional.

Dengan menggunakan teknik pemasaran ini, akan lebih mudah untuk menggaet banyak konsumen karena tingkat exposure yang tinggi terjadi pada waktu-waktu tertentu saja.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Pemasaran Peluncuran Produk

Contoh Media Kampanye vhttps://www.pexels.com/photo/5498382/
Berkampanye dengan memperkenalkan sesuatu yang baru

Perusahaan bisnis dapat meluncurkan produk baru yang bertujuan untuk menyebarkan brand awareness dan mengapa konsumen membutuhkannya.

Misalnya, pertimbangkan sebuah perusahaan sepeda yang meluncurkan sebuah sepeda lipat tipe terbaru. Maka, pemasarannya akan fokus untuk menjangkau pecinta sepeda tertentu atau targeted market dengan para konsumen yang ingin membeli sepeda.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Pemasaran Rebranding

Contoh Media Kampanye https://www.pexels.com/photo/7661410/
Bisnis mungkin butuh sebuah pembaruan

Kampanye rebranding berguna untuk mempromosikan perubahan seperti nama perusahaan baru, logo, atau merger dengan perusahaan lain. Jenis kampanye pemasaran ini bertujuan untuk mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen untuk kembali membeli atau menggunakan produk perusahaan.

Misalnya, sebuah perusahaan makanan telah mendapat reputasi buruk karena pilihan makanannya yang tidak sehat. Maka, perusahaan dapat melakukan rebranding untuk mempromosikan pilihan makanan sehat yang baru. Dari sini, perusahaan melakukan sebuah pembaruan untuk mengembalikan reputasi bisnisnya.

Itulah tadi 4 jenis contoh media kampanye yang dapat kamu gunakan untuk melebarkan sayap bisnismu! Beberapa contoh di atas mungkin akan relevan untuk kamu yang sedang merintis bisnis atau dalam proses pengembangan bisnis menjadi lebih besar.

Bagi kamu yang masih ingin mengetahui tentang strategi promosi dan kampanye media, MySkill.id punya jawabannya! Di dalam kelas merancang strategi kampanye media ini, kamu akan mendapat pengetahuan sekaligus pelatihan tentang promosi atau pemasaran bisnis, loh! Yuk, segera cek!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill