Produk Digital: Definisi dan Referensi Produknya

Bisnis digital adalah salah satu bentuk bisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menyediakan layanan atau penjual produk digital.  Nah, kali ini MySkill akan membahas apa itu produk digital dan contoh produk digital yang menjadi ide bisnismu. Yuk, simak!

Apa itu Produk Digital?

Produk digital adalah produk apa pun yang dijual secara online yang tidak memiliki bentuk atau substansi fisik. Orang mungkin juga menggambarkannya sebagai produk yang tidak memiliki bentuk fisik yang dijual secara online, tidak salah tetapi juga tidak sesempit itu.

Keuntungan dengan bisnis produk digital kamu tidak perlu membayar biaya produksi atau distribusi. Inilah mengapa saat ini banyak bisnis membuat digital product, misalnya menulis sebuah e-Book dengan topik tertentu, dan kemudian menjualnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Contoh Produk Digital

Produk digital adalah produk yang tidak memiliki bentuk fisik. Berikut beberapa contoh produknya yang populer saat ini:

1. E-Book
ebook untuk produk bisnis digital
E-book memungkinkan pengguna untuk membaca dari mana saja

Contoh produk digital pertama yaitu e-book, yang merupakan salah satu produk dengan bentuk digital yang semakin populer dari tahun ke tahun. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa e-book pada akhirnya akan mengambil alih buku fisik dalam hal penjualan. Kini, orang banyak yang membeli e-book karena lebih efisien dan dapat membacanya dimana-mana melalui ponsel, tablet, atau laptop. 

Varian e-book bermacam-macam, seperti novel, majalah, buku sekolah, jurnal, komik, dan lainnya. Sehingga jika kamu ingin menjualnya, tergantung dari target pasar yang kamu pilih. Misalnya targetmu adalah mahasiswa, kamu bisa menjual buku bahan ajar kuliah berbagai jurusan, buku tentang karier, hingga jurnal. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. E-Learning atau Online Course
elearning produk digital
Belajar dapat dari mana saja

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kursus atau pelatihan online. E-learning termasuk salah satu yang contoh produk digital sedang populer belakangan ini, apalagi pada masa pandemi seperti sekarang. Pada saat mengadakan pelatihan online tidak harus tinggal berdekatan dengan pelanggan atau siswa yang membeli kelas pelatihanmu. 

Kamu dapat mengatur kelas atau pake email, lalu menyediakan video pembelajaran. Kamu juga dapat melakukan pelatihan online secara langsung melalui Zoom dan Skype. Seperti MySkill.id yang menjual produk digital berubah e-learning dan bootcamp. Pembelimu juga bisa dari berbagai kalangan dan dari belahan dunia mana saja.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Audio atau Musik
produk digital audio musik
Jual musikmu secara eksklusif

Apa kamu pernah dengar musisi indie? Ya, musisi indie dapat mencari nafkah dengan menjual musik mereka sendiri. Kamu bisa membuat dan merekam musikmu sendiri, lalu menjualnya ke mana pun yang kamu inginkan. Ini akan memberikan kamu kebebasan berkreasi dan mengontrol kreativitasmu sendiri tanpa harus berpatokan pada sebuah label atau manajemen khusus. 

Contohnya, Amanda Palmer, dia sangat terkenal karena meluncurkan apa yang pada saat itu merupakan kampanye crowdsourcing paling sukses untuk mendanai album berikutnya. Kamu juga bisa membuat website yang memberikan layanan atau menyediakan sarana untuk para musisi yang ingin menjual musiknya, seperti Tunecore dan Fiverr. Kamu dapat fokus secara eksklusif pada musikmu sendiri tanpa perlu khawatir akan berurusan dengan birokrasi. 

4. Fotografi
produk digital fotografi
Tunjukan karyamu pada dunia

Untuk kamu yang berprofesi sebagai fotografer atau suka memotret, kamu dapat menjadikan fotografi karyamu sebagai produk digital. Kamu bisa membuat website khusus untuk fotografi. Kamu juga bisa bergabung sebagai penjual fotografi di aplikasi yang tersedia, seperti Shutterstock. Hasil fotomu tidak hanya kamu pajang saja, tetapi bisa kamu jual dan menjadi sesuatu yang berguna.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Desain
produk digital berupa desain
Desain dapat menjadi produk digital yang menguntungkan

Selain fotografi, kamu juga bisa menjadikan hasil desain sebagai produk digital. Kebanyakan orang tidak tahu cara membuat grafik, ikon, dan atau jenis desain lainnya sendiri. Mereka akan mengandalkan produk gratis atau berbayar untuk kebutuhan tersebut. Kamu bisa membuat website desainmu sendiri atau bergabung dengan aplikasi penjualan desain vektor.

Desain yang kamu juga bisa beragam, mulai dari desain vektor, desain kaos, desain web, atau karya seni desain lainnya. Selain itu, kamu bisa menjadikan desain sebagai template, misalnya untuk postingan instagram, aplikasi penjualan, atau situs web. Jadi itu akan menguntungkan kamu sebagai produsen dan konsumen yang akan menggunakan desainmu.

Itulah pembahasan apa itu produk digital dan contoh produk digital yang bisa kamu gunakan sebagai ide bisnismu. Kamu bisa mengembangkan itu dengan website pribadi atau menjualnya pada aplikasi yang tersedia. Ingat! Meskipun tidak berbentuk fisik, kamu juga harus memperhatikan dan memperbaiki kualitas produk agar pelanggan tetap percaya pada produk dan layananmu.

Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam terkait digital product, kamu bisa bergabung dengan MySkill.id! Di kelas Manajemen Produk Digital, kamu akan mengenal contoh produk digital, mengenal scrum framework, merancang produk dengan retensi tinggi, hingga memahami manajemen siklus produk digital. Jadi, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill