Nyari Kerja? Perhatikan 4 Hal Ini Saat Ngechat HRD Perusahaan Impianmu!

2 min read

Tips Ngechat HRD

Setiap pencari kerja pasti pernah melakukan kegiatan melamar dengan harapan dapat bekerja di perusahaan impiannya masing-masing. Seiring perkembangan zaman, metode melamar pun berubah. Di zaman ini, kebanyakan perusahaan menerapkan metode digital yaitu dengan e-mail maupun chat. Buat kamu yang lagi nyari kerja, bisa saja kamu perlu ngechat HRD perusahaan impianmu saat mengajukan aplikasi kerja!

Kebanyakan orang lalai untuk memperhatikan 4 hal di bawah ini ketika ngechat HRD sebuah perusahaan. Kelalaian tersebut biasanya berujung pada kegagalan untuk lolos ke tahapan  interview. Maka dari itu, ini dia 4 hal yang perlu kalian perhatikan saat ngechat HRD perusahaan impianmu agar dapat lolos ke tahap interview. Tanpa berlama-lama, cekidot!

1. Jangan Lupa Memberi Salam

Ngechat HRD https://www.pexels.com/photo/46924/
Salam itu bagai pintu masuk

Memberi salam tentunya merupakan hal yang wajar dan lazim kita lakukan saat bertemu dengan orang lain. Bahkan, kita akan selalu menyapa teman sebaya dengan sapaan yang santai ketika bertemu dengannya. Hal tersebut seyogianya kita jadikan mindset sehingga kita tidak akan lupa untuk melakukannya saat ngechat HRD.

Tentunya salam yang kita beri harus sopan, tidak seperti saat kita memberi salam kepada teman sebaya. Hindari kebiasaan buruk seperti spam chat dengan huruf ‘P’ dan menyingkat salam seperti ‘ass’, ‘slmt sre’, dan lainnya. Gunakan salam yang formal dan lazim seperti ‘Selamat Pagi’, ‘Selamat Siang’, dan sebagainya. Penggunaan emotikon yang berlebihan juga sebaiknya kamu hindari, ya!

2. Gunakan Bahasa yang Sopan

Sopan santun harus tetap dijunjung

Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita mengenal budaya sopan santun kepada orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi atau lebih tua daripada kita. Hal tersebut juga melambangkan bahwasanya kita memberikan hormat kepada mereka.

Dalam kasus melamar pekerjaan, HRD memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari kamu. Seorang HRD memiliki kuasa untuk menentukan apakah kamu layak untuk menempati posisi yang mereka butuhkan atau tidak.

Maka dari itu, sudah sewajarnya kalau kamu memakai bahasa yang sopan saat berada dalam percakapan dengannya. HRD akan membaca chat kamu dan melihat bahwa dirimu memiliki kesopanan sehingga dapat memberikan nilai tambah untukmu.

3. Gak Perlu Bertele-tele

Ngechat HRD https://www.pexels.com/photo/230554/
Orang yang ngebaca juga bosan

Kita perlu untuk menggarisbawahi poin ini. Masyarakat Indonesia punya kebiasaan buruk untuk merumpi. Kebiasaan tersebut dapat terbawa ke dalam cara kita chatting-an. Yang lebih buruknya lagi, kebiasaan tersebut dapat membuat sebagian orang berlebihan dalam menarik perhatian HRD. Seorang HRD mungkin akan merasa risih saat membaca chat-mu.

Maka dari itu, perlu kita tekankan sekali lagi untuk tidak bertele-tele saat ngechat HRD. Sampaikan maksudmu dengan singkat, padat, dan jelas. Kalau kamu hendak mengirim CV, ya kirimkan aja berkas CV mu dengan kata pengantar yang tidak bertele-tele. Kamu gak perlu buat nyeritain lagi pengalaman hidupmu yang penuh derita di kolom chat. Apalagi sampai ngasih pantun, udah kayak acara komedi di televisi aja!

Baca juga: Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini

4. Lakukan di Waktu yang Tepat

Ngechat HRD https://www.pexels.com/photo/4473626/
Tiap orang memiliki waktu pribadi

Hal terakhir yang juga sering pelamar lupakan adalah jarang memedulikan waktu yang tepat untuk mengirim chat. Perlu kamu ketahui bahwasanya dalam dunia kerja terdapat jam kerja. Semua aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan hanya terjadi pada jam kerja, sedangkan aktivitas di luar jam kerja sudah masuk ranah pribadi.

Banyak orang yang tidak mempermasalahkan waktu pribadinya terganggu dengan urusan pekerjaan, namun tidak sedikit pula yang membencinya. Mungkin saja HRD di perusahaan impianmu termasuk golongan yang tidak menyukai waktu pribadinya terganggu. Maka dari itu, lebih baik kita selalu berhati-hati dan memilih waktu yang tepat saat hendak memulai chat.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Wajib Kamu Hindari Saat Mengirim E-mail Lamaran Kerja

Itu dia informasi mengenai 4 hal yang harus kamu perhatikan saat ngechat HRD perusahaan impianmu. Buat kamu yang lagi nyari kerja dan melamar dengan metode chat, jangan lupakan hal-hal di atas ya!

Kamu bisa mendapatkan serta membaca berbagai artikel menarik dan informatif mengenai Melamar Kerja seperti artikel ini hanya di MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas untuk Persiapan Karir dengan tutor yang keren dan berpengalaman yang sudah Myskill.id sediakan! Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera bergabung dengan MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa