Yuk Kenalan Dengan Customer Relationship Management (CRM) Sebelum Memulai Bisnis!

Perkembangan teknologi membuat banyak orang menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan bisnis mereka. Bahkan banyak juga yang tergerak hatinya untuk ikut terjun ke dunia bisnis yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya. Nah, untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis kamu harus mengenal terlebih komponen yang harus ada dalam lingkup bisnis kamu, salah satunya adalah Customer Relationship Management (CRM).

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti tidak semuanya berjalan dengan apa yang kita inginkan. Terdapat banyak hambatan, salah satunya saat bisnis tersebut mendapat komplain dari pelanggan karena produk atau layanan dari bisnis kalian yang kurang memuaskan. Itulah fungsi dari adanya Customer Relationship Management (CRM). Jika kamu ingin mengenalnya lebih jauh, melalui tulisan dari artikel ini MySkill.id akan memperkenalkannya secara lebih mendalam dari pengertian hingga manfaatnya. Stay tune!

Customer Relationship Management (CRM) Itu Apa Ya?

pengertian CRM
Customer Relationship Management (CRM)

Sebelum menyelam lebih jauh, kita harus mengenal lebih dekat pengertiannya terlebih dahulu. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu strategi utama yang sangat diperlukan dalam bisnis. Cara kerja dari CRM adalah sistem memiliki data dari pelanggan dan mereka berusaha untuk mempertahankan pelanggan tersebut. Sistem juga membangun komunikasi yang baik, mensegmentasi pelanggan yang ada, dan mencatat aktivitas penjualan pada bisnis sehingga membuat bisnis tersebut lebih efektif dan efisien.

Nah, jadi saat kamu mendapatkan komplain dari pelanggan mengenai produk yang kamu jual, Customer Relationship Management (CRM) lah yang akan menangani pelanggan tersebut. Sistem juga akan melakukan pencatatan dengan baik sehingga membuat prospek bisnis kamu di mata pelanggan menjadi lebih cemerlang. Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) menjadi komoditas utama para marketer dalam bisnis cerdas di era teknologi.

Apakah Benar CRM Sangat Penting Untuk Bisnis?

Pentingnya Customer Relationship Management
Pentingnya CRM

Pasti pertanyaan tersebut sedang berkeliling di benak kalian, apakah benar CRM sepenting itu dalam perusahaan? Bagaimana jika tidak ada CRM? Apakah bisnis menjadi kurang berkembang? Tentu saja benar adanya bahwa keberadaan CRM memegang peran penting. Pada era teknologi kreatif sekarang, banyak tren produk yang digemari masyarakat. Terlebih lagi produk tersebut tidak hanya satu yang menjual. Banyak marketer yang berusaha menjual produk dengan mengikuti tren.

Secara tidak langsung semakin berkembangnya tren, maka produk yang dihasilkan akan semakin beragam dan menuntut marketer untuk mampu mengembangkan kreativitas mereka. Inilah pentingnya CRM dimana mereka mampu untuk mendata aktivitas penjualan produk hingga mempertahankan konsumen tetap.

Baca juga : 5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Menggunakan Email Marketing

Adakah Manfaat Dari CRM ?

Wah, kalau ini kamu tidak perlu ragu. Tentu saja ada! Yuk kita simak manfaat dari CRM pada bisnis :

1.     Penggunaan Customer Relationship Management Dapat Lebih Mengenal Pelanggan

Customer Relationship Management dapat mengenal pelanggan lebih dalam
Pelanggan akan nyaman dengan bisnis kamu

2.     Dengan CRM Aktivitas Penjualan Menjadi Lebih Efektif

penjualan lebih efektidf dengan CRM
Aktivitas penjualan terdata dengan baik

Pemberlakuan pencatatan aktivitas pada penjualan produk bisnis akan membuat bisnis kamu menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, anggaran yang telah keluar menjadi lebih tepat sasaran sehingga meminimalisir hambatan pada pengeluaran anggaran. Aktivitas penjualan produk yang mencapai target akan mendorong branding bisnis kamu menjadi lebih oke.

Itulah perkenalan dari Customer Relationship Management (CRM). Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai artikel tadi, sobat MySkill.id bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Customer Relationship Management (CRM) Marketing”.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai memahami segmentasi dan alur pengguna, komponen pada strategi CRM, contoh penerapan CRM, kanal distribusi pada CRM, dan sebagainya. Menarik bukan! Jadi jangan lupa ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : Perusahaan Start Up Di Bidang Asuransi, Emang Ada?