Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!

Dewasa ini, desain grafis merupakan keahlian yang banyak diincar oleh banyak perusahaan. Desainer grafis bekerja untuk memproduksi desain-desain berkualitas yang menjadi media promosi dalam banyak hal. Bidang periklanan dan marketing, biasanya menjadi ladang pekerjaan untuk desain grafis.

Kamu tertarik untuk mendalami keahlian ini? Sebelum menyelami lebih jauh, yuk, pahami terlebih dahulu prinsip-prinsip dasarnya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Keseimbangan

Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!
Keseimbangan harus tercapai dalam sebuah desain.

Pertama adalah prinsip keseimbangan. Keseimbangan merupakan distributor dari elemen-elemen desain grafis. Dalam desain grafis, dikenal tiga jenis keseimbangan, yaitu:

  • Simetris

Jenis yang pertama adalah simetris. Desain simetris terbentuk dari sumbu horizontal dan vertikal. Panjang dan pendek dari jenis desain ini secara simetris terbagi sesuai dengan kedua sumbu yang ada.

  • Asimetris

Jenis selanjutnya adalah asimetris. Desain ini memanfaatkan skala, kontras, dan warna untuk menciptakan suatu desain. Berbeda dengan sebelumnya, penggunaan warna, ukuran, bentuk, dan tekstur menjadi pengatur utama.

  • Radial

Jenis yang terakhir adalah radial. Desain ini terbentuk melalui pola lingkaran. Dengan desain ini, pola terpancar dari titik tengah ke berbagai sudut membentuk pola yang terlihat sama.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Penekanan

Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!
Penekanan menjadi poin penting dalam penyampaian informasi.

Prinsip kedua ialah penekanan. Prinsip ini berguna untuk menentukan bagian mana yang ingin kamu tonjolkan dalam desain yang kamu buat. Hal yang kamu anggap penting akan mendapat penekanan yang berbeda. Oleh karena itu, manfaatkanlah prinsip ini agar pesan utamamu dapat tersampaikan dengan jelas.

3. Irama

Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!
,Repetisi akan membuat desainmu lebih terkenal.

Prinsip yang ketiga adalah irama. Dalam desain grafis, irama diperlukan untuk melakukan repetisi pada elemen desain. Kamu dapat menggunakan irama dengan mengulang elemen yang sama secara konsisten atau unsur yang berbeda namun membentuk suatu pola. Dalam hal ini, Irama akan membawa unsur elemen terlihat konsisten.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Kedekatan

Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!
Kedekatan antara elemen dapat menciptakan desain yang baik.

Prinsip selanjutnya adalah kedekatan. Kedekatan berhubungan dengan keserasian antarelemen. Melalui kedekatan kamu dapat membentuk suatu koneksi visual antara elemen-elemen penting. Dalam kontes ini, berhubungan dengan kedekatan antara warna, jenis huruf, dan ukuran dari elemen-elemen yang digunakan. Setiap elemen harus proporsional agar dapat membentuk desain yang sempurna.

5. Kesatuan

Prinsip-Prinsip Dasar Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui!
Kesatuan harus dapat kamu capai sebelum kamu merampungkan desainmu.

Prinsip yang terakhir adalah kesatuan. Dalam konteks ini, kesatuan memiliki arti konsistensi dan keutuhan dari semua elemen desain. Apabila kamu berhasil menerapkan prinsip ini, desain yang kamu buat akan lebih padu. Bisa jadi, orang-orang akan nyaman ketika melihat desainmu. Meskipun menggunakan beragam elemen yang berbeda, dengan adanya kesatuan, desain yang kamu buat akan tetap terlihat estetik.

Sebagai tambahan, untuk belajar lebih jauh tentang desain grafis, ikutilah kelas Fondasi Dasar Desain Grafis yang disediakan oleh MySkill.id! Kamu bisa mengetahui lebih banyak lagi tentang elemen, prinsip dasar, serta menganalisa suatu desain melalui kelas ini. Yuk, kembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalamanmu tentang desain bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill