Digital Marketing Agency: Definisi, Cara Kerja dan Perannya untuk Bisnis

Sistem konvensional telah tergantikan oleh digital. Tentunya, berbisnis di era ini memiliki tantangan tertentu, terutama terkait pemasaran. Maka dari itu, keberadaan digital marketing agency saat ini penting dalam menyediakan berbagai macam layanan demi mendukung perkembangan bisnis.

Alat komunikasi udah, internet oke, lalu apa lagi yang kita butuhkan untuk menjalankan bisnis? Strategi pemasaran dong. Agensi pemasaran digital kian naik daun, banyak banget yang butuh apalagi perusahaan yang baru saja berdiri. Jika baru ingin merintis, yuk belajar bareng dan jika kamu bahkan sudah jadi pebisnis handal nggak rugi dong untuk mengulas lebih dalam mengenai apa itu digital marketing agency bersama dengan Myskill.id!

1. Apa itu Digital Marketing Agency?

Digital Marketing Agency: Definisi, Cara Kerja dan Perannya untuk Bisnis
Agensi yang membantu pemasaran digital

Digital marketing agency adalah agensi atau perusahaan yang membantu seluruh aktivitas pemasaran secara digital. Ruang lingkup digital antara lain media sosial, aplikasi, website, dan lainnya. Agensi marketing model ini saat ini penting dalam menyediakan macam- macam layanan untuk mendukung kemajuan bisnis di sektor digital.

2. Kenapa harus Digital Marketing Agency?

Digital Marketing Agency: Definisi, Cara Kerja dan Perannya untuk Bisnis
Agensi yang membantu pemasaran digital

Digital marketing agency penting karena merupakan salah satu jalan agar bisnis kamu berjalan lebih efektif dan efisien. Menggunakan jasa ini akan mempermudah penyebaran konten melalui strategi pemasaran yang baik.

Profesional yang bekerja di sana sudah berpengalaman dan tidak diragukan lagi kompetensinya. Selain itu, jasa ini terbuka untuk segala jenis bisnis, baik itu makanan, penyedia jasa, transportasi, dan lain-lain.

3. Peranannya untuk Bisnis

Digital Marketing Agency: Definisi, Cara Kerja dan Perannya untuk Bisnis
Peranan digital marketing agency dalam komunikasi, biaya, dan pelaporan

Menggunakan jasa ini bukannya semakin menambah pengeluaran? Eits, tidak dong! Simak beberapa peranan berikut ini:

  • Membangun komunikasi dan paham target pasar

Komunikasi antara pebisnis dengan konsumen akan dikelola oleh digital marketing agency. Umumnya agensi memiliki profesional dan ahli, jangkauan yang luas, dan sudah handal dalam menghadapi klien. Sampaikan target pasar bisnis kamu dan para profesional ini akan dengan sigap membantu menjangkaunya!

  • Menghemat biaya

Menggunakan jasa agensi ini tidak menyebabkan pengeluaran yang besar. Justru hanya dengan mengandalkan laptop, koneksi internet, dan digital marketer terlatih, biaya dapat ditekan. Lebih efisien, bukan? Biaya jasa pemasaran digital ini juga beragam, dapat menyesuaikan dengan budget.

  • Melaporkan secara berkala

Biasanya seluruh kegiatan dilaporkan secara berkala seperti per 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan tergantung jangka waktu jasa agensi yang kamu gunakan. Pelaporan dapat mencakup engagement dengan konsumen, traffic situs atau sosial media, dan hasil penjualan serta segala yang berhubungan dengan pemasaran digital. 

4. Bagaimana Digital Marketing Agency bekerja

Digital Marketing Agency: Definisi, Cara Kerja dan Perannya untuk Bisnis
Layanan penyediaan marketing tools, konten, akun, dan optimalisasi

Agensi pemasaran digital menawarkan beberapa layanan, seperti:

  • Menyediakan marketing tools

Agensi yang berpengalaman menyediakan marketing tools sebagai akses untuk meningkatkan strategi pemasaran. Tools gratis yang umum digunakan yaitu Google Analytics, Google Trends, Google Keyword Planner, Keyword Surfer, hingga tools premium.

  • Menyediakan konten yang tepat dan berdampak

Agensi akan melakukan riset mengenai apa yang saat ini sedang diminati atau menjadi perbincangan hangat bagi target pasar bisnis kamu. Selain itu mereka juga menganalisis bentuk konten seperti apa yang membawa dampak paling besar, apakah dalam bentuk Instagram post, Instagram ads, video, atau iklan di website tergantung dari platform apa saja yang bisnis kamu punya.

  • Membantu pembuatan akun

Hanya dengan memiliki satu akun sosial media Instagram saja mungkin tidak cukup untuk membuat banyak orang mengenal sebuah bisnis. Jadi, Digital marketing agency akan berusaha meningkatkan presensi bisnis kamu, seperti membuatkan akun Facebook, Twitter, Google My Business, LinkedIn atau platform lain.

  • Adaptasi dengan algoritma mesin pencarian seperti Google

Search Engine Optimization (SEO) memiliki peranan penting. Ketika partner digital tidak bisa catch-up dengan tren saat ini, tentu saja bisnismu menjadi tertinggal dan peringkatnya dapat turun. Maka dari itu, penting untuk agensi memahami algoritma agar strategi pemasaran bisa menyesuaikan.

Nah, itulah serba-serbi digital marketing agency yang perlu kamu ketahui baik bagi pebisnis pemula, businessman, atau businesswoman! Nggak perlu bingung lagi, ketika sudah tahu manfaatnya bijaklah dalam memilih agensi. Jangan lupa juga untuk cek dahulu apakah agensi tersebut sudah profesional atau belum, salah satunya dari testimoni.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.