5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!

Pada industri digital terdapat beberapa pekerjaan penting yang perlu kita ketahui, salah satunya Front end developer. Front end developer merupakan salah satu jenis web developer. Untuk menjadi front end developer, kita harus memiliki beberapa skill tertentu. Yuk, kita simak pembahasan mengenai skill-nya. 

Apa Itu Front End developer?

Front end developer atau pengembang tampilan depan website merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sedang diminati saat ini. Front end developer memiliki tanggung jawab dalam mengelola bagian depan suatu website yang ditampilkan kepada pengguna. 

Memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna atau user merupakan tanggung jawab seorang pengembang tampilan depan situs. Oleh karena itu, pekerjaan ini juga mendapat sebutan sebagai client-side developer

Dalam melakukan pekerjaanya, seorang front end developer akan banyak bersinggungan dengan desain layout sebuah web. Contohnya seperti penentuan tata letak, animasi, typography, dan warna. Di samping itu, pekerjaan ini juga memiliki tugas untuk mengimplementasikan desainnya pada web dengan coding menggunakan bahasa pemrograman. 

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Skill Apa yang Harus Dimiliki Seorang Front End Developer?

Guna menjalankan tugasnya sebagai pengelola bagian depan dari sebuah website, seorang front end developer perlu memenuhi beberapa kualifikasi. Berikut adalah front end developer skill yang perlu kamu ketahui untuk memenuhi kualifikasi.

1. Merancang dan Mengoptimasi Situs
Merancang dan Mengoptimasi Situs adalah salah satu Front End Developer
Front end developer harus bisa merancang dan mengoptimasi situs

Sebagai pengelola sebuah web, seorang front end developer tentunya harus memiliki kemampuan dalam merancang sebuah web. Selain itu, untuk mendalami pekerjaan ini, kalian juga perlu memahami cara mengoptimasi sebuah web. Tujuannya agar memenuhi kebutuhan dan memberikan pengalaman baik pada user

Untuk optimalisasi sebuah situs, kamu bisa melakukannya dengan memperhatikan komponen-komponen dalam situs. Dengan memastikan efektivitas penggunaan coding, sehingga situs dapat berjalan lebih cepat. Cepat atau lambat jalannya sebuah sebuah website dapat mempengaruhi pengalaman user. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Menguasai Bahasa Pemrograman
5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!
Menguasai bahasa pemrograman adalah skill terpenting front end developer

Pada point sebelumnya terdapat pembahasan mengenai kemampuan dalam pembuatan dan optimasi situs. Guna melakukannya, seorang client-side developer harus dapat memahami dan menguasai bahasa pemrograman. 

Menguasai bahasa pemrograman merupakan front end developer skill dasar terpenting untuk berkecimpung dalam bidang ini. Terdapat bahasa pemrograman mendasar yang berguna bagi pekerjaan ini di antaranya yaitu HTML/CSS. 

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman untuk membuat situs. CSS (Cascading Style Sheets) sendiri akan berguna untuk mendukung HTML. Ada pun Javascript berfungsi dalam pembuatan situs dan meningkatkan performa suatu situs. 

Selain itu, untuk masuk dalam bidang ini kalian juga perlu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan Version Control System. Version Control System adalah perangkat lunak yang dapat membantu mengelola perubahan kode. 

3. Kemampuan Debugging dan Testing
5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!
Kemampuan debuging dan testing untuk menaikan performa website

Dalam membuat dan mengembangkan suatu aplikasi ataupun situs web, kita akan menemukan kesalahan kode atau bugs. Debugging sendiri merupakan suatu aktivitas untuk mengidentifikasi dan memperbaiki bugs

Testing atau pengujian juga termasuk front end developer skill yang perlu kalian miliki, jika ingin masuk pada bidang ini. Pengujian ini merujuk pada pengujian pada kode, guna memastikan bahwa kode berjalan sesuai perintah. Seorang front end developer wajib memiliki kedua skill ini, agar situs dapat berjalan dengan performa baik.  

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Problem Solving
5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!
Kemampuan problem solving untuk mencari solusi suatu masalah

Melalui point ketiga, kita dapat mengetahui bahwa mereka yang bekerja pada bidang ini akan sering menghadapi masalah dalam kesalahan kode. Pengembang situs juga memiliki tanggung jawab dalam memperbaikinya. 

Pada dasarnya perusahaan dan client juga mengharapkan solusi dari pengembang website. Oleh karena itu, kemampuan problem solving atau memecahkan masalah secara cepat dan tanggap termasuk dalam salah satu front end developer skill

5. Membuat Mobile Design dan Website Design
5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!
Merancang mobile design dan website design

Pekerjaan front end developer akan bersangkutan dengan pembuatan design layout sebuah situs. Karena itu memiliki kemampuan dalam membuat design yang menarik adalah skill yang penting untuk terjun dalam bidang ini. 

Tidak hanya membuat design situs, pekerjaan ini juga harus memahami cara membuat mobile design. Agar pengguna dapat mengakses suatu aplikasi atau website di handphone-nya dengan format yang tepat dan nyaman dilihat. 

Dalam pembuatan design sebuah web dan aplikasi kita harus bertumpu pada user experience dan user interface design. Hal ini dilakukan agar produk yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga mendapatkan impresi baik dari mereka. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Itulah penjelasan mengenai front end developer skill yang perlu kita ketahui. Nah, melalui tulisan di atas kita tau bahwa pekerjaan ini sangat dekat dengan user experience dan user interface. Bagi kalian yang ingin mendalami lebih dalam mengenai pekerjaan ini, kalian dapat mengikuti kelas Fondasi User experience Design dan Fondasi User interface Design dari Myskill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill