Google Analytics: Tool Wajib Bagi Seluruh Pemilik Website

2 min read

Kenali tools Google satu ini membuat situs web kamu lebih optimal

Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini, Google Analytics hadir untuk membantu masyarakat digital. Web analitik dari Google ini merupakan tool yang wajib di-install di website kamu. Dengan meng-install-nya, kamu akan dengan mudah memantau perkembangan dari website yang kamu miliki.

Pada tulisan kali ini, MySkill akan membahas apa itu Google Analytics, istilah-istilah yang harus diketahui, cara kerjanya, hal-hal yang dapat terpantau, dan manfaatnya untuk bisnis. Yuk, simak tulisan di bawah ini!

1. Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah tool paling powerfull saat ini
Salah satu tool paling powerful saat ini

Tool ini merupakan layanan gratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari suatu situs web. Layanan ini membantu untuk mengetahui pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengetahui pertumbuhan jumlah followers, jumlah pengunjung website, atau jumlah readers dalam sebuah blog ataupun social networks yang terhubung ke Google.

2. Istilah-Istilah yang Harus Diketahui

Pengguna perlu mengenali istilah teknis Googla Analytics
Terdapat beberapa istilah yang harus diketahui

Istilah-istilah bersifat teknis ini akan sering kamu temui ketika menggunakan tool dari Google ini. Beberapa di antaranya, seperti:

  • Properties: Ini merupakan istilah untuk website, aplikasi, atau perangkat yang terlacak oleh Google Analytics.
  • Views: Istilah untuk data yang ingin kamu lihat.
  • Session: Interaksi antara pengunjung dengan halaman website dalam jangka waktu tertentu.
  • Bounce Rate: Jumlah user yang meninggalkan website setelah melihat hanya satu halaman saja.

Baca juga: 3 Jawaban Pertanyaan Seputar Google Analytics Bagi Pemula

3. Cara Kerja Google Analytics

Tool dari Google ini mudah dioperasikan
Cara kerjanya cukup sederhana

Saat pengunjung sedang mencari sebuah informasi di Google search engine dengan keyword yang sesuai dan masuk ke website kamu, third cookies party akan bekerja mengumpulkan data selama pengunjung berada di dalam website-mu.

Lalu saat pengunjung keluar dari website, data-data yang ada segera dikirimkan ke server Google. Kumpulan data itulah yang kemudian masuk ke dalam Google Analytics dan dapat kamu akses statistiknya melalui tool ini.

Baca juga: 4 Fungsi Google Analytics, Bermanfaat Banget!

4. Hal-Hal yang Dapat Dipantau

Layanan ini memantau aktivitas website
Banyak hal yang dapat dipantau oleh Google Analytics
  • Sumber Trafik

Google Analytics dapat mengetahui sumber dari trafik pengunjung website atau halamanmu. Dengan mengeklik “Acquisitions” di sidebar sebelah kiri, kamu akan melihat berbagai sumber dari pengunjung web kamu.

  • Custom Reports

Dalam fitur ini, kamu bisa mengatur sendiri tampilan yang ingin dilihat dan mengatur laporan apa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya, kalau kamu memiliki website untuk berbisnis sepatu, kamu bisa meng-custom laporannya. Kamu juga bisa memilih untuk menampilkan trafik dari warna produk, ukuran produk, atau model produk.

  • Average Time on the Page

Salah satu produk Google ini juga mampu memberikan informasi yang berkenaan dengan waktu. Maksud ‘waktu’ ini adalah rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung dalam membuka website-mu.

Dengan adanya informasi ini, kamu dapat menganalisis banyak hal. Misalnya tentang tingkat ketertarikan pengunjung terhadap website yang kamu miliki dan kecepatan rata-rata pengunjung dalam membaca tulisan di halaman website-mu.

  • Lokasi Pengunjung

Melihat lokasi pengunjung website merupakan salah satu keuntungan juga, lo! Dengan mengetahuinya kamu jadi lebih bisa membuat konten yang tepat. Misalnya begini, apabila sebagian pengunjung website-mu berasal dari Provinsi Bali maka kamu bisa membuat konten tentang Bali untuk membuat senang sebagian besar pengunjung itu.

  • Perbandingan dengan Kompetitor

Kamu bisa memantau trend website di Industri sejenis dengan yang kamu jalankan. Di sana akan muncul peta pada tabel menunjukan seberapa baik performa website kamu berkompetisi dengan kompetitor di bidang yang sama.

  • Interest

Salah satu hal lagi yang bisa tool ini lakukan adalah mengidentifikasi interest dari pengunjung. Dengan mendapat laporan ini, kamu bisa menyesuaikan konten ke depannya sesuai dengan interest kebanyakan pengunjung agar mendapat trafik yang lebih baik lagi.

5. Google Analytics dan Bisnis

Tool ini berperan penting untuk bisnis digital
Google Analytics sangat bermanfaat untuk bisnis

Melihat pengguna internet yang besar dan pertumbuhannya terjadi terus menerus, para pebisnis sebaiknya memperluas bisnisnya dengan memasukkannya ke dalam dunia digital. Salah satunya dengan membuat website bisnis agar cakupan pasarnya lebih luas lagi.

Kamu dapat memanfaatkan layanan dari Google ini secara gratis. Dengan penggunaannya yang sederhana dan memberikan manfaat yang begitu banyak, Google Analytics akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnismu. Selain manfaat-manfaat yang tertulis dalam artikel ini, kamu dapat mengeksplor  sendiri tool ini dan kamu akan menemukan manfaat yang lebih banyak lagi, lo!

Sekian pembahasan dari MySkill tentang Google Analytics. Semoga dapat bermanfaat untuk mengembangkan website kamu. Jadi, segeralah install tool ini dalam website-mu untuk mengoptimalisasi website. Kamu juga bisa mengakses kelas Google Analytics Dasar dari MySkill untuk meningkatkan kemampuanmu. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca juga: Tools Pendukung Google Analytics yang Wajib Kamu Tahu!

Editor: Wahda Nur Lestari