4 Fungsi Google Analytics, Bermanfaat Banget!

Apa itu Google Analytics? Layanan itu adalah software berbasiskan web yang kegunaannya untuk menganalisis kinerja webmu. Fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan antara lain ialah Goals, berguna untuk menandai beberapa hal yang akan kamu jadikan goal  pada website bisnismu. Fungsi Google Analytics selanjutnya adalah melalui fitur Campaigns yang mempermudah kamu dalam melacak berbagai hal dengan mudah. 

Ketiga, ada AdWords yang apabila kamu menggunakannya akan mendapat banyak data penting melalui AdWords berbayar. Lalu, fitur Exclude Internal Traffics, berguna untuk mempermudah mempelajari karakteristik para pengunjung melalui laporan trafik yang telah ada.

Sebelum itu, apakah sahabat MySkill sudah mengetahui berbagai macam fungsi Google Analytics? Kalau belum, yuk, sama-sama kita simak penjelasan berikut ini supaya lebih mengerti lagi!

1. Fungsi Google Analytics ialah Data Analysis dan Visualization

Fungsi Google Analytics adalah untuk memvisualisasi data
Visualisasi menjadikan penggambaran data lebih terlihat

Fungsi Google Analytics yang lain ialah membantu kamu memvisualisasikan berbagai data, hingga nanti bisa kamu akses dan atur sesuai dengan kebutuhan bisnis. Visualisasi data adalah pemanfaatan elemen visual untuk menampilkan data dalam format yang mudah orang lain pahami. 

Bentuknya dapat berupa tabel, chart, atau bentuk lainnya tergantung kebutuhan. Tentu ini akan sangat memudahkan pembaca informasi. Selanjutnya, kemudahan lainnya adalah tidak sulit dalam mengakses data di mana pun kamu berada, pastinya ketika kamu masih terhubung dengan jaringan internet.

2. Analytics Intelligence 

AI Intellegence membantumu memperolah data yang kamu butuhkan
Kamu bisa mengetahui data-data penting

Fitur yang satu ini membantu kamu untuk memperoleh data-data yang kamu perlukan. Sudah tentu informasinya mengenai kinerja website ataupun bisnis yang sedang kamu jalani. Di samping itu, kamu akan sangat terbantu dengan kemampuan pemodelan informasi canggih yang bisa membantumu untuk memahami setiap data yang terkumpul.

Google Analytics sendiri mampu memberimu informasi tentang perubahan tren, data terbaru misalnya soal pengunjung website dan halaman website itu sendiri, serta peluang lain yang penting untuk kamu ketahui.

3. Fungsi Google Analytics sebagai Pelaporan

Saah satu fungsi Google Analytics adalah mendapat banyak laporan
Kamu bisa mendapatkan berbagai macam laporan

Kamu bisa mengecek pelaporan terkait bagaimana pelanggan/pengunjung berinteraksi dengan website, seperti berapa pengunjung website, melalui perangkat apa mereka mengaksesnya, bagaimana demografiknya, apa yang menjadi interest mereka, browser apa yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, ada pula laporan iklan, akuisisi, konversi, laporan langsung, diagram alur pengunjung, dan lain sebagainya. Wah, banyak sekali ya, informasi yang akan kamu dapatkan, sahabat MySkill.

4. Fungsi Google Analytics yaitu untuk Data Collection dan Management

Data collection dan management juga tidak kalah penting
Jangan lupakan fungsi yang satu ini!

Tool wajib bagi pemilik website ini mendukung penggunaan Open Measurement (OM) protocol, aplikasi SDK, dan library JavaScript. Protocol OM memungkinkan kamu untuk mengimpor data dari berbagai macam aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan internet. Setelahnya, bisa dikombinasikan dengan data yang sudah pihakmu kumpulkan melalui Google Analytics guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi. 

Gimana? Apakah kamu sudah tercerahkan dengan informasi di atas? Semoga tambah paham, ya. Jangan lupa buat kasih tanggapan di kolom komentar, nih, siapa tahu informasinya nanti berguna untuk yang lain. 

Kemudian, buat kamu yang ingin mempelajari Google Analytics Dasar, langsung saja ikutan kelas yang MySkill.id punya. Nantinya, kamu akan mendapatkan ilmu baru mengenai konsep Google Analytics, memahami data yang esensial bagi website, mengenal metrik dan grafik umum dalam layanan ini, analisa website untuk pemula.

Editor: Theodora Beatrice Suryateja