6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate

Halo fresh graduated! Gimana, sudah siap untuk menjelajah ke dunia kerja setelah kurang lebih empat tahun bergelut dengan perkuliahan yang menyibukkan? Sebelum terjun di dalamnya, kamu tentu perlu mempersiapkan CV yang menarik sebagai langkah awal. Masih belum tahu apa itu CV? Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang berisikan narasi umum tentang deskripsi diri dan kemampuan milik seseorang untuk kebutuhan melamar sebuah kegiatan bersifat formal. Mau tahu informasi semacam apa yang bisa kamu cantumkan di dalam CV sebagai seorang yang baru saja lulus kuliah? Simak selengkapnya bersama MySkill.id, dalam enam hal yang dibutuhkan dalam CV milik fresh graduate! Check this out.

1. Profil Diri dan Informasi Kontak adalah Hal Awam yang Harus Ada di CV Milik Fresh Graduate

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Pastikan identitas dirimu telah benar dan jelas!

Pada bagian ini, jangan sampai terlewat untuk menuliskan nama, domisili, dan contact person yang bisa digunakan oleh pihak perusahaan apabila sewaktu-waktu akan menghubungimu. Kamu tak perlu memberi tahu soal alamat terlampau lengkap, cukup gambarkan secara umum dengan menuliskan nama kota tempat kamu berada. Ingat, bahwa informasi tersebut juga masuk ke dalam ranah privacy milikmu, loh. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Jangan Lupa Menuliskan Summary pada CV Milikmu!

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Gambaran terkait siapa sebenarnya dirimu dengan turut menyertakan skill yang relevan

Summary masuk ke dalam part yang cukup penting dalam CV milik fresh graduate! Bagaimana tidak, kolom ini akan berisikan informasi secara umum terkait skill yang memiliki korelasi dengan bidang pekerjaan yang saat itu kamu lamar. Istilah sederhananya, ini adalah bagian dari self-branding yang kamu punya. Untuk itu, cobalah untuk menuliskannya semenarik mungkin, ya. Namun, jangan terlampau bertele-tele.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Education Background: Tuliskan Perjalanan Pendidikanmu di CV

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Tidak terlewat untuk menampilkan latar belakang pendidikan dalam CV tersebut

Sebagai fresh graduate, kamu harus banget mencantumkan asal universitas tempat kamu berkuliah dulu, lengkap dengan jurusan, serta IPK terakhir yang kamu raih. Selain itu, dapat juga menambahkan informasi pendidikan saat di SMA dulu, tetapi tidak perlu sampai menuliskan jenjang pendidikan dari TK ya.

Siapa tahu, dengan menuliskan education path tersebut, kamu bisa menemukan relasi saat hendak melamar sebuah pekerjaan. Jika beruntung, mungkin saja pihak HRD yang memeriksa dokumenmu nanti adalah senior atau bahkan teman seangkatanmu saat bersekolah dulu.

4. Tunjukkan Prestasi Selama Berkuliah dengan Menuliskan Pencapaian pada CV Milik Fresh Graduate

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Tunjukkan bahwa kamu berprestasi kepada pihak perusahaan!

Jangan menyembunyikan pencapaian yang kamu miliki di hadapan perusahaan. Anggaplah ini sebagai ajang pamer dengan cara elegan, menampilkannya dalam part achievement ini. Kamu dapat mengisi bagian tersebut dengan segala sesuatu berharga yang pernah kamu raih, seperti halnya beasiswa, nominasi mahasiswa berprestasi, serta berbagai penghargaan lomba selama perkuliahan dulu. It’s time to shine!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Sudah Berpengalaman dalam Banyak Hal? Tuliskan di CV, Ya

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Banyak pengalaman, banyak untungnya

Awamnya, perusahaan selalu mencari karyawan yang telah mengantongi pengalaman yang cukup. Untuk itu, ini akan sangat menguntungkan buat kamu yang sudah terbiasa melakukan jobdesk yang serupa dengan bidang kerja tempatmu melamar. Bentuk pengalaman yang dapat ditulis berupa volunteer, internship, sampai pekerjaan paruh waktu, loh. 

Semakin relate pengalaman yang kamu miliki dengan apa yang perusahaan cari, semakin besar pula peluangmu untuk mendapatkan posisi tersebut!

6. Fresh Graduate Penting Sekali Menuliskan Skill pada CV Mereka

6 Informasi yang Wajib Ada di CV Milik Fresh Graduate
Melihat skill milik fresh graduate pada laman CV yang terlampir

Bagaimana para recruiter dapat mengenali keahlianmu bila tidak terdapat informasi semacam itu pada CV yang kamu lampirkan. Ingat untuk tetap mengenali batasan diri yang kamu punya, ya. Jangan sampai hanya untuk membuat perusahaan terkesan, kamu malah harus memalsukan kemampuan tersebut. Pastikan kamu telah menuliskan kemampuan tersebut dengan jelas, dan rinci sehingga mudah untuk dipahami.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Itulah dia enam poin yang semestinya tidak kamu lewatkan saat merancang sebuah CV milik fresh graduate. Yuk, cari tahu lebih lanjut bagaimana sih menuliskan CV dengan format yang baik dan sesuai bersama MySkill.id. Kini kami menyediakan jasa untuk mereview CV lengkap dengan simulasi interview bersama HR yang berpengalaman, loh!

Selain itu, kamu juga akan mengantongi sejumlah template CV terbaik yang telah MySkill.id sediakan. Tertarik mencobanya? Segera akses laman MySkill.id untuk mengetahui deskripsi lengkapnya, yuk!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill