GenBI: Definisi, Program, dan Peluang Karier – MySkill

Istilah GenBI mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat, khususnya pada kalangan mahasiswa Indonesia. Bagaimana tidak? Komunitas yang satu ini telah membawa berbagai perubahan dalam kehidupan sosial, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa sebenarnya GenBI itu dan apa saja program yang mereka jalankan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Definisi GenBI

GenBI: Definisi, Program, dan Peluang Karier - MySkill
Mengenal apa itu GenBI

Generasi Baru Indonesia (GenBI) adalah sebuah komunitas yang berdiri pada 11 November 2011. Perkumpulan ini beranggotakan para mahasiswa yang berhasil menerima Beasiswa Bank Indonesia (BI). Adapun sebutan akrab untuk anggota GenBI adalah GenBIers.

Beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap kualitas pendidikan anak negeri yang kurang beruntung dalam hal finansial.

Tidak hanya itu, pemberian bantuan ini juga menjadi apresiasi terhadap mahasiswa berprestasi yang juga aktif dalam organisasi maupun kegiatan sosial kemasyarakatan.

Penerima Beasiswa Bank Indonesia ini meliputi mahasiswa jenjang strata 1 (S-1) dari perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS), serta pelajar SMK terpilih. Adapun bentuk bantuan yang akan diberikan yakni dana pendidikan, tunjangan studi, serta biaya hidup.

Dalam melakukan program kerjanya, GenBIers terbagi menjadi 5 divisi, yakni divisi lingkungan hidup, divisi pendidikan, divisi kesehatan masyarakat, divisi media dan informasi, serta divisi kewirausahaan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Visi, Misi, dan Tujuan

GenBI: Definisi, Program, dan Peluang Karier - MySkill
Visi, misi, dan tujuan GenBI

GenBI memiliki visi, misi, dan tujuan, yang merupakan aspek penting yang harus ada dalam sebuah komunitas. Tiga poin tersebut menjadi penentu keberhasilan dari setiap program maupun kegiatan yang telah dirancang sebelumnya.

Berikut ini adalah visi, misi, dan tujuan dari komunitas GenBI:

Visi

Menjadikan kaum muda Indonesia sebagai generasi yang kompeten dalam berbagai bidang keilmuan serta dapat membawa perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi bangsa dan negara.

Misi

  • Menggagas berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik (Initiate).
  • Menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata untuk pembangunan bangsa (Act).
  • Peduli dan berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat (Share).
  • Berbagi inspirasi dan motivasi untuk menjadi energi bagi negeri (Inspire).

Tujuan

  • Frontliners Bank Indonesia (mengomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan Bank Indonesia kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum).
  • Change Agents (menjadi agen perubahan dan role model di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat).
  • Future Leaders (menjadi pemimpin masa depan di berbagai bidang dan tingkatan).

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Program dan Kegiatan GenBI

GenBI: Definisi, Program, dan Peluang Karier - MySkill
Berbagai program serta kegiatan GenBI (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Sebagai komunitas yang berada di bawah naungan Bank Indonesia, GenBI memiliki banyak program dan kegiatan, yakni meliputi peningkatan hard skill, soft skill, kegiatan sosial, berkesempatan untuk mengikuti Leadership Camp, serta membangun relasi di seluruh Indonesia.

Mulai tahun 2020, BI memberikan fasilitas tambahan berupa program pengembangan skill untuk menjadi frontliners Bank Indonesia. Hal tersebut dilakukan dengan harapan para GenBIers menjadi kompeten dalam menyosialisasikan kebijakan Bank Indonesia.

Tidak hanya itu, untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi era digital, GenBI memiliki beberapa program dan kegiatan sebagai berikut:

  • GenBI Classroom, yakni kegiatan seminar online atau webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “Kebijakan Bank Indonesia di Era Pandemi Covid-19”. Webinar tersebut menghadirkan narasumber baik dari internal maupun eksternal serta host berkualitas untuk memberikan penjelasan menarik bagi seluruh anggota komunitas.
  • GenBI Virtual Workshop, yakni kegiatan workshop berbasis online yang juga memanfaatkan aplikasi Zoom. Adapun dalam program ini terdapat 2 tema khusus, yakni public speaking dan content creator dengan trainer yang kredibel serta ahli di bidangnya.
  • GenBI Leadership Camp, yakni suatu rangkaian kegiatan berupa kuliah umum atau webinar, workshop, kuis interaktif, dan berbagai kompetisi secara online. Kegiatan ini menghadirkan langsung Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo beserta tokoh-tokoh inspiratif sebagai pembicara, moderator, dan penampilan virtual GenBIers dari tiga wilayah Indonesia (barat, tengah, timur).

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Peluang Karier GenBI

GenBI: Definisi, Program, dan Peluang Karier - MySkill
Peluang karier anggota GenBI

Seperti yang telah kita ketahui bahwa selain menerima bantuan dana selama masa kuliah, awardee Beasiswa Bank Indonesia juga mendapatkan pembinaan hard skill dan soft skill yang bisa menjadi bekal karier di masa depan.

Berikut adalah prospek karier yang bisa kamu raih jika tergabung dalam GenBIers:

Public Speaker

Bank Indonesia memberikan fasilitas berupa pelatihan public speaking kepada seluruh penerima beasiswa sehingga GenBIers berpeluang besar menggeluti profesi public speaker, seperti MC, trainer, reporter, announcer, dan masih banyak lagi.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Content Creator

Di samping pelatihan public speaking, awardee Beasiswa BI juga mendapat pelatihan untuk menjadi seorang content creator. Seperti yang kita ketahui, content creator kini menjadi salah satu profesi yang menjanjikan sekaligus paling banyak dicari oleh perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai GenBI mulai dari definisi, program, dan peluang kariernya. Jadi, tunggu apa lagi? Persiapkan diri mulai sekarang untuk menjadi bagian dari GenBIers dan asah skill kamu dengan mengikuti E-Learning serta Bootcamp hanya di MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill