Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income

Bagi kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan, tetapi tidak ingin bekerja kantoran, bekerja freelance bisa menjadi jawabannya. Dengan ini, kamu tidak akan terikat dengan aturan yang kaku dari kantor. Kamu bisa bekerja secara fleksibel sesuai keinginanmu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, jika kamu sedang mencari pekerjaan freelance maka kamu berada di artikel yang tepat. MySkill telah merangkum serangkaian pekerjaan yang paling populer dan banyak dicari oleh para klien. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Penulis Freelance

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Penulis memiliki berbagai jenis

Pekerjaan freelance pertama yang memiliki banyak permintaan dari klien adalah penulis. Profesi ini memiliki beragam jenis yang berbeda-beda, mulai dari penulis konten, artikel, hingga copywriter.

Terlebih lagi, di zaman digital seperti sekarang, banyak sekali perusahaan yang mempunyai departemen content marketing yang membutuhkan banyak penulis untuk membantu perusahaan itu membuat konten, seperti blog, artikel, newsletter, dan tulisan iklan.

Jika kamu hobi menulis dan memiliki kemampuan yang baik, kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai penulis lepas di banyak perusahaan. Tentu menyenangkan, bukan, bekerja sesuai dengan hobi?

2. Freelance Editor

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Editor wajib menguasai bahasa

Profesi yang kedua ini masih berhubungan dengan dunia kepenulisan, yaitu bekerja sebagai editor. Tugas utama dari seorang penyunting adalah mengulas ulang tulisan dari writer untuk menghasilkan tulisan yang sesuai dengan ketentuan kebahasaan.

Tak hanya itu, editor juga wajib untuk memperhatikan pembaca yang merupakan target pasar perusahaan tersebut. Editor perlu menyesuaikan bahasa dan gaya tulisan agar target pembaca menyukai tulisan tersebut. Untuk dapat terjun di bidang ini, kamu perlu banyak membaca, menulis, dan menguasai aturan kebahasaan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Freelance Content Creator

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Konten kreator biasanya memerlukan keterampilan di depan kamera

Seiring dengan penggunaan media sosial yang makin masif di masyarakat, pekerjaan sebagai content creator juga meningkat permintaannya. Tugas content creator adalah mencari ide, data, dan meriset konten untuk sebuah promosi. Biasanya profesi ini juga memerlukan keterampilan untuk membuat konten di depan kamera.

4. Desainer Grafis

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Desainer grafis perlu memiliki komunikasi yang baik

Pekerjaan freelance yang banyak permintaannya yang keempat adalah desainer grafis. Jika kamu mampu membuat logo, infografis, poster, dan visual dua dimensi lainnya, maka profesi ini cocok untuk kamu pilih.

Seorang desainer grafis yang baik wajib memiliki kemampuan untuk menerima arahan dari klien lalu mengaplikasikannya menjadi sebuah tampilan visual yang bagus. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, pastikan kamu memiliki portofolio yang menarik dan terus mengasah kemampuan agar menjadi desainer grafis yang andal.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

5. Fotografer dan Videografer

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Fotografer biasanya freelance untuk mendokumentasikan acara

Seseorang atau sebuah perusahaan yang mengadakan acara biasanya membutuhkan seorang fotografer dan videografer untuk mendokumentasikan kegiatan. Acara-acara tersebut contohnya: pesta pernikahan dan gathering kantor/sekolah.

Jika kamu memiliki hobi fotografi dan videografi, profesi ini bisa dicoba. Jangan lupa untuk membuat portofolio yang bagus agar menarik minat calon klien. O, ya, sekarang kamu juga bisa menjual foto digital di berbagai tempat, lo!

6. Freelance Web Developer

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Web developer perlu memahami bahasa programming

Jika kamu sedang berkuliah di bidang IT atau menguasai berbagai bahasa pemrograman maka kamu bisa mencoba bekerja lepas sebagai web developer untuk menambah pemasukanmu. Sama seperti pekerjaan freelance lainnya, profesi ini juga membutuhkan portofolio yang menarik.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Freelance Translator

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Pekerjaan translator dibutuhkan di perusahaan multinasional

Pekerjaan freelance selanjutnya adalah sebagai translator. Banyak perusahaan internasional yang membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan dokumen mereka. Beberapa perusahaan juga membutuhkan seseorang sebagai interpreter ketika rapat dengan seseorang di luar negeri.

Jika kamu menguasai bahasa asing dengan baik, terutama bahasa Mandarin. Kamu bisa mencoba pekerjaan ini karena bahasa Mandarin sering digunakan dalam bisnis internasional seiring dengan berkembang pesatnya bisnis di Tiongkok.

8. Voice Over

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Perusahaan biasanya menyukai suara yang unik

Pekerjaan ini juga banyak permintaannya di kalangan perusahaan untuk membantu mereka mempromosikan produk dalam bentuk suara. Hal yang terpenting dari profesi ini adalah kecocokan antara suaramu dengan jenis suara yang dicari perusahaan. Biasanya perusahaan membutuhkan jasa voice over untuk mengisi suara iklan, film, video game, dan audiobook.

9. Data Entry

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Data entry bisa dibilang sebagai pekerjaan yang tergolong mudah

Pekerjaan ini juga cukup banyak permintaannya mengingat pentingnya data bagi sebuah perusahaan. Orang yang terjun di bidang ini bertugas untuk memasukan data ke database perusahaan. Oleh karena itu, kamu wajib memiliki ketelitian yang tinggi agar bisa menjadi seorang data entry yang baik.

10. Analis dan Konsultan Bisnis

Freelance yang Banyak Dicari untuk Menambah Income
Profesi ini memerlukan pemahaman bisnis yang baik

Pekerjaan terakhir ini juga bisa menjadi pilihan untuk para freelancer. Jika kamu memiliki kemampuan analisis dan pengetahuan bisnis yang baik, pekerjaan ini bisa dicoba. Tugasnya adalah mengumpulkan data dan menganalisis permasalahan bisnis untuk menemukan sebuah solusi.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Itulah pembahasan MySkill tentang 10 pekerjaan freelance yang memiliki permintaan tinggi di pasar Indonesia. Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, tentunya kamu wajib menguasai kemampuan yang berkaitan. Salah satu caranya dengan mengikuti kelas online. Nah, MySkill memiliki beragam kelas menarik, mulai dari content writing, desain grafis, hingga bahasa pemrograman.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill