5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen

YouTube ialah sebuah situs web berbagi video dimana penggunanya bisa menonton tayangan video dan saling berinteraksi pada kolom komentar yang tersedia. Mungkin sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa YouTube akan sepopuler ini. Masyarakat menganggap kualitas tayangan situs tersebut lebih variatif, seru, dan penuh dengan ide konten YouTube yang menarik, alhasil, penggemarnya pun semakin bertambah banyak. 

Platform yang satu ini sangatlah populer di kalangan content creator. Oleh karenanya, para pebisnis memanfaatkan peluang tersebut dengan cara melakukan promosi bisnis supaya berhasil meningkatkan brand awareness. Seperti yang kita ketahui, saat ini ide konten YouTube yang menarik dan pas mulai menjamur. Lalu, kekayaan ide dan kreativitas mulai beradu, semua berlomba-lomba menciptakan konten yang berkualitas.

Untuk itu, MySkill akan menjabarkan 5 ide konten YouTube yang dapat memikat calon konsumen kamu. Penjelasan dalam daftar ini pastinya sangat relevan dengan kenyataannya. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita simak informasinya! 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Berbagi Tips sebagai Salah Satu Ide Konten YouTube

5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen
Jelaskan keunggulan produk kamu

Video berbagi tips adalah salah satu ide konten YouTube yang paling sering masyarakat luas temui ketika mencari hiburan pada platform tersebut. Sebagai seorang pebisnis, kamu bisa membuat konten berbagi tips seputar penggunaan produkmu. Contohnya, kamu memiliki brand yang mengeluarkan varian facial wash, lalu, si reviewer menunjukkan cara paling efektif untuk menggunakannya.

Selagi memperlihatkan cara pemakaiannya, ia bisa menjelaskan apa saja manfaat dan keunggulan produk kamu. Biasanya, dalam kurun waktu beberapa bulan jumlah penontonnya akan meningkat pesat dan produk kamu kemungkinan besar menjadi lebih terkenal. Bagaimana, sangat efektif untuk mempromosikan sebuah produk, bukan?

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Ulasan Produk

5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen
Apabila produkmu bagus, content creator akan memberi ulasan jujur

Terkadang, muncul pertanyaan pada benak kamu “Apakah produk ini akan cocok jika aku pakai?.” Itu wajar saja kok, sahabat MySkill, pasti ada kekhawatiran tersendiri saat ingin mencoba produk baru. Oleh karena itu, banyak dari kamu yang pergi menjelajah video ulasan akan produk tersebut pada platform berbagi video seperti YouTube.

Nah, content creator biasa memberi review jujur pada produk yang telah mereka gunakan selama beberapa waktu terakhir. Semua kelebihan ia jelaskan, misalnya, kualitas bahan bajunya dengan kualitas premium, kainnya lembut apabila menyentuh kulit, harga yang terjangkau, dan lain sebagainya. Review semacam itu mampu mendatangkan rasa penasaran calon konsumen.

3. Ide Konten YouTube seperti Tutorial Penggunaan

5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen
Tujuannya membantu calon konsumen mengetahui penggunaan suatu barang dengan efektif

Video merupakan perantara yang efektif ketika kamu berniat mempromosikan produk keluaran perusahaanmu. Pada era yang serba digital ini, tampilan video, gambar, dan audio menjadi lebih menarik jika kamu bandingkan dengan teks. Yaps, video yang kamu gunakan untuk memperkenalkan bisnis ada bermacam-macam jenisnya, salah satunya adalah tutorial penggunaan.

Penjelasan ide konten YouTube pada nomor ini memiliki hubungan dengan penjabaran gagasan sebelumnya. Sembari menunjukkan tutorial penggunaan sebuah produk, content creator yang bermitra bersama sebuah perusahaan umumnya mengungkapkan tips dan ulasan produk.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Kolaborasi

5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen
Cobalah membuat video dengan konsep kolaborasi

Melakukan kolaborasi saat proses pembuatan video YouTube merupakan hal yang lumrah. Banyak yang melakukan ini supaya bisa menarik perhatian penonton dengan lingkup yang lebih besar, yakni dari audiences partner kolaborasinya.

Pastikan kamu mengajak partner yang sejalan dengan produk bisnismu dan kemudian tinggal memutuskan topik apa yang sekiranya cocok dan sedang hangat dibicarakan masyarakat umum. Sekali lagi kami ingatkan bahwasannya kamu harus selektif dalam memilih partner, nih, sahabat MySkill.

5. Wawancara dengan Ahlinya Sebagai Salah Satu Ide Konten YouTube

5 Konten YouTube yang Dapat Membantumu Menggaet Konsumen
Supaya lebih meyakinkan lagi, lakukan wawancara dengan ahlinya

Ide konten YouTube selanjutnya yang dapat kamu gunakan adalah melakukan wawancara bersama ahlinya. Namun, penting untuk kamu pikirkan apakah ia ada kaitannya dengan bisnis yang sedang kamu jalani sekarang.

Mengapa langkah ini perlu kamu perhitungkan? Pertama, penonton akan semakin yakin kalau yang memberikan informasi itu orang yang expert pada bidangnya. Misalkan saja seorang guru berpengalaman yang merekomendasikan usaha bimbingan belajar online.

Baiklah, itu tadi penjelasan mengenai beberapa ide konten YouTube yang mungkin bisa membantu kamu untuk menentukan konten yang tepat dan efisien dalam memasarkan suatu produk bisnis, khususnya kalau ingin menggunakan platform YouTube. Kemudian, jika sahabat MySkill berkenan, coba tuliskan pengalaman atau pendapatmu tentang proses menemukan ide konten YouTube di kolom komentar, ya!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Ide konten sendiri sebenarnya bisa datang dari siapa pun dan dimana saja, contohnya apabila kamu merasa tertarik dengan pembawaan salah satu YouTuber inspiratif Gita Savitri, kamu bisa mengikuti kelas yang MySkill.id punya, lho. Jadi, kami menyediakan rekaman talkshow yang memuat materi perjalanan Gita dalam membuat konten, memilih ide dan gaya untuk sebuah konten, serta tips membuat konten YouTube.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill