Bisa Kamu Coba! Ini Dia 5 Ide Startup yang Belum Ada di Indonesia!

2 min read

Ide startup baru

Saat ini, banyak startup yang mulai bermunculan bak jamur di musim penghujan. Akan tetapi, persaingan kerap terjadi antara satu startup dengan startup lainnya yang bergerak pada bidang yang sama. Maka dari itu, kalau kamu ingin membangun sebuah perusahaan rintisan, kamu harus mencari inovasi baru yang unik, menarik, dan kreatif! Untuk mengatasi masalah tersebut, MySkill.id akan membagikan 5 ide startup yang belum ada di Indonesia khusus untukmu, loh!

1. Penyedia Pelayanan Desain Bangunan

Ide startup baru https://www.pexels.com/photo/110469/
Mendesain bangunan apapun

Ide startup pertama yang bisa kamu coba adalah penyedia pelayanan desain bangunan. Sebenarnya, sudah banyak arsitek yang membuka jasa untuk mendesain sebuah bangunan. Akan tetapi, masih belum ada perusahaan rintisan yang bergerak dalam bidang tersebut. 

Kamu bisa mengumpulkan berbagai arsitek dan menangani hal-hal teknisnya, mulai dari mengurus ketersediaan budget yang pelanggan miliki hingga menghubungkan mereka dengan arsitek yang bersedia.

Ide ini tentu saja memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Beberapa orang pasti sangat membutuhkan pelayanan ini, mulai dari desain bangunan hunian, ruko, hotel, mal, rumah ibadah, dan lain sebagainya.

2. Translator dan Interpreter

Translator atau interpreter datang kepada pelanggan

Sama seperti ide pertama, pelayanan translating dan interpreting sudah banyak tersedia di internet. Namun, para penerjemah dan alih bahasa tersebut seringkali bekerja sebagai pekerja lepas ataupun menjadi karyawan di berbagai perusahaan asing. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis yang memiliki prospek bagus ke depannya. Selain itu, dengan membuka startup pelayanan translating dan interpreting, kamu bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi interpreter dan translator muda yang kesulitan mencari kerja.

3. Penyedia Jasa Enumerator

Ide startup baru https://www.pexels.com/photo/3183153/
Membantu lembaga survei dalam mencari data

Apakah kamu baru pertama kali mendengar kata ‘enumerator’? Enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tugas tim survei lapangan dalam kegiatan pencacahan atau pengumpulan data. Mudahnya, seorang enumerator bertugas mengumpulkan data survei.

Ide startup ini tentunya memiliki prospek yang bagus di masa mendatang. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, di Indonesia ada banyak lembaga survei. Namun, banyak dari berbagai lembaga tersebut tidak memiliki pencari data yang bekerja di lapangan. Hal tersebut menyebabkan molornya prosesi pemilihan enumerator sehingga mereka kesusahan dalam melakukan survei dan mendapatkan data.

Baca juga: Cara Membuat Startup dan Syarat Mendirikan

4. Manajemen Berkas dan Dokumen

Ide startup baru https://www.pexels.com/photo/357514/
Menjadi solusi bagi pelanggan yang enggan mengurus dokumennya

Nah, ide selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuka startup yang bergerak dalam urusan manajemen berkas dan dokumen. Ide ini muncul dari banyaknya masyarakat yang enggan untuk merapikan dan mengurus berbagai berkas dan dokumen penting sehingga terkadang mereka menyimpannya dengan asal-asalan yang membuat mereka kebingungan saat mencarinya kembali.

Ide startup ini terbilang cukup mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu membeli penyimpanan cloud, seperti Google Drive dengan kapasitas sesuai budget pelanggan. Setelah itu, pelanggan bisa memberikan berkas dan dokumennya kepadamu. Kemudian, kamu yang akan bertugas mengatur seluruh urusan penyimpanan berkas tersebut. Gampang banget, kan?

Baca juga: Pengertian Magang, Jenis, dan Aturan Jam Kerja Menurut Pemerintah

5. Penyedia Informasi Event

Ie startup baru https://www.pexels.com/photo/976866/
Penyedia informasi event terutama bagi remaja

Kebanyakan masyarakat Indonesia sangat menyukai berbagai acara dan event, bahkan ada di antara mereka yang rela berpergian jauh hanya untuk mendatangi sebuah event. Kegemaran tersebut dapat kamu jadikan sebagai peluang bisnis. Kamu bisa merintis perusahaan penyedia informasi event. 

Di dalamnya, kamu bisa memberikan berbagai informasi mengenai eventevent yang ada, mulai dari musik, fashion, hingga kuliner, baik yang berada tak jauh dari para pelanggan hingga ratusan kilometer jauhnya.

Baca juga: Pentingkah Side Hustle di Tahun 2022? Cek Artikel Ini Biar Tahu!

Itu dia 5 ide startup yang belum ada di Indonesia. Kamu bisa mencoba salah satu dari kelima ide di atas dan Membangun Startup-mu sendiri! Nah, buat kamu yang ingin merintis sebuah perusahaan, kamu juga wajib belajar dan Mengenal Investasi di Startup! Kamu bisa mempelajarinya bersama MySkill.id! Selain itu, di MySkill.id juga terdapat berbagai bootcamp menarik untuk meningkatkan kemampuanmu! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera join MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa