8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu

Facebook Ads adalah metode digital marketing untuk mengiklankan bisnis kamu lewat media sosial Facebook. Lalu, apa saja istilah penting Facebook Ads yang perlu kita pelajari? Kamu akan menemukan jawabannya setelah membaca informasi berikut. Yuk,langsung saja kita simak bersama-sama!

1. Ad merupakan Salah Satu Istilah Penting Facebook Ads

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Istilah ini yang seringkali muncul

Ad merupakan materi iklan yang mengandung konten iklan, headline, website, copywriting, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, istilah yang sering muncul ketika beriklan Facebook Ads ini menjadi bagian struktur yang penting dalam proses pembuatan iklan dalam Facebook Ads. Biasanya ada banyak materi iklan yang pihak tertentu buat untuk mengetahui mana materi yang paling bagus. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Adset

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Adset memiliki struktur yang lebih besar dari Ad

Istilah Adset adalah kumpulan dari beberapa Ad atau struktur Facebook Ads yang didalamnya kamu bisa menentukan anggaran dan menentukan target seperti audience, umur, gender, lokasi, penjadwalan, penawaran (bidding), dan penempatan iklan. Selain itu juga ada beberapa materi ad dan memiliki struktur yang lebih besar dari ad

3. Ads Manager adalah Bagian dari Istilah Penting Facebook Ads

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Fitur ini untuk mengelola iklan secara mudah

Ads manager ialah halaman dimana kamu dapat melihat semua kampanye iklan Facebookmu, menghentikan sementara atau memulai kembali iklan kamu kapan saja, dan  membuat perubahan (bid). 

Pada halaman tersebut, kamu akan menemui billing manager untuk melihat riwayat pembayaran, sumber anggaran, dan mengekspor ke tab laporan. Halaman ini juga menyediakan data performa iklan seperti impression, reach, result, cpm dan sebagainya. Lebih lanjut, ads manager memungkinkan untuk membuat campaign baru.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Campaign

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Pilih salah satu objective campaign saat hendak membuat iklan baru

Apa itu campaign? Campaign adalah bagian dari Facebook Ads yang terdiri dari beberapa Adset berbeda. Kemudian, kamu bisa memilih dan menentukan objective dari iklan yang ada. Fitur ini juga merupakan langkah awal dalam proses pembuatan iklan sebelum Ad dan Adset. Lebih lanjut, ketika membuat iklan baru, kamu bisa memilih salah satu objective campaign, seperti brand awareness, traffic, dan conversions.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. CPM ialah Salah Satu Istilah Penting Facebook Ads

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Kamu cukup membayar setiap kelipatan 1000 iklan yang sudah tayang

Biasanya, CPM ditetapkan sebagai tolok ukur untuk mengidentifikasi sebuah performa iklan. Apabila semakin murah biaya per 1000 tayangnya, maka, bisa kita katakan bahwa kinerja iklan tersebut baik. Cost per Millions (CPM) merupakan biaya per 1000 tayang. Nah, setelah iklan kamu menjangkau 1000 orang tersebut, barulah kamu harus membayar biaya iklan. 

6. CTR

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
CTR dapat membantu pemasar digital mengukur keberhasilan pemasaran online

Click Through Rate ata adalah rasio klik tayang, jumlah klik yang dihasilkan dari iklanmu nanti terbagi lagi dengan jumlah tayang selama periode waktu tertentu. Kamu akan membayar sejumlah klik yang masuk. Besarannya berbeda-beda tergantung pada jenis produk yang kamu jual.

7. Custom Audience

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Apakah kamu sudah memanfaatkan custom audience?

Seperti apa custom audience itu? Custom audience adalah database target market yang itu merupakan datamu sendiri. Isinya antara lain alamat email, nomor handphone, pixel Facebook, orang yang mengunjungi website, likes, orang yang pernah berinteraksi, dan lain-lain.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

8. Objective

8 Istilah Penting Facebook Ads yang Wajib Kamu Tahu
Mantapkan tujuan iklanmu

Kira-kira, apa tujuan sahabat MySkill dalam memilih iklan atau campaign? Misalkan saja jawabannya adalah untuk menyasar orang-orang yang masuk ke website. Jadi, pilih traffic sebagai objectivenya. Ini dia yang kita sebut dengan objective, yaitu tujuan iklan yang kamu pilih.

Baiklah itu tadi adalah penjelasan mengenai istilah penting Facebook Ads yang perlu kamu tahu supaya saat memakainya nanti tidak terlalu asing. Yuk, berikan tanggapan kamu mengenai tema bahasan ini di kolom komentar!

Ohiya, kamu juga bisa banget ikutan kelas yang MySkill.id adakan, nih, sahabat MySkill. Ada yang membahas tentang Facebook Ads dasar juga. Nantinya kamu akan memperoleh pengetahuan mengenai konsep dasar Facebook Ads, ragam tujuan kampanye, dan cara menggunakan Facebook Ads untuk pemula. Jadi, tunggu apalagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill