Intip 5 Keuntungan Mendapat Interview Kerja Online, Beneran Untung Ngga, Ya?

Kala pandemi seperti sekarang, segala aktivitas beralih ke dunia digital. Mau tak mau kita semua harus pandai beradaptasi dengan perubahan yang bergerak laju layaknya hanya dalam kedipan mata. Kondisi ini juga menimpa dunia perkantoran, termasuk agenda interview kerja yang kini merambah dunia online. Di balik kesulitan yang hadir karena tak terbiasa berhadapan secara digital, nyatanya ada loh keuntungan dari interview kerja online ini!

Cari tahu lima manfaat wawancara kerja daring agar kamu tak melulu berkeluh kesah karena merasa rugi tak dapat berhadapan secara langsung dengan recruiter. Apa saja ya sederet daftarnya?

1. Interview Kerja Online Melebur Jarak Sejauh Apapun Itu

Jarak jadi melebur dengan interview kerja online ini.
Bye-bye jarak! Semua dapat berkumpul di satu ruang online bersama

Keuntungan pertama yang langsung dapat kamu rasakan adalah tidak ada batasan jarak yang mampu menghalangi kegiatan interview ini. Tak peduli apakah masih di kawasan dalam negeri maupun mancanegara sekalipun! Berbekal dengan sederet fasilitas yang mendukung, kamu telah siap terjun ke arena pertarungan dengan daftar pertanyaan yang siap menyambutmu. 

Tidak ada lagi alasan yang dapat mematahkan semangat karena tak mampu menjangkau perusahaan idaman akibat terhalang jarak, ya. 

2. Menguntungkan dalam Segi Biaya juga Tenaga!

Kamu juga tidak perlu keluar banyak biaya dan tenaga.
Hemat uang, hemat tenaga!

Sebab segala sesuatu telah berpindah dalam layar kotak digital, kamu jadi tak perlu susah payah untuk mengeluarkan biaya transportasi agar sampai di kantor tersebut. Selain efisien dalam jumlah materi, hal ini juga tidak terlalu menyedot energimu karena harus pulang pergi dan menghabiskan hari di perjalanan. Paling minimal interview kerja secara online ini hanya akan membutuhkan biaya internet untuk tetap tersambung dengan jaringan.

Namun, akan lebih meringankan apabila kamu telah berlangganan sebuah jaringan provider. Cost yang kamu keluarkan hanya 0 rupiah! Menguntungkan, bukan?

3. Tidak Terikat Tempat dan Waktu, Bebas Dimana dan Kapan Saja!

Bebas dilakukan dimana dan kapan saja.
Manfaatkan co-working space di kotamu untuk menciptakan suasana baru saat interview online

Interview online menciptakan suasana yang sangat kondisional. Memudahkan para pelamar untuk dapat melakukan sesi wawancara ini dimana saja, dan tak terikat oleh lokasi yang perusahaan tentukan. Sangat memberikan keleluasaan, dimana interview kerja ini bahkan dapat kamu langsungkan di cafe atau co-working space yang tersedia di kota tempat kamu berada. 

Kondisi ini tentu menampilkan latar yang lebih fresh dan dan dapat mampu meningkatkan ketenangan bagi sebagian orang, dalam berpikir dan menjawab sederet pertanyaan pada sesi tersebut. 

Baca Juga: Merapat! Temukan Ratusan Lowongan Kerja Terbaru di MySkill.id

4. Tidak Terbiasa Bertemu Orang Baru? Interview Kerja Online Pasti Berpihak Padamu!

Cocok banget buat kamu yang suka gugup ketemu orang baru.
Interview online akan membantu mengurangi rasa cemasmu yang berlebih

Ada segelintir orang yang memang memiliki banyak keraguan saat harus menghadapi orang lain yang belum pernah ia temui sebelumnya. Nah, interview kerja yang terlaksana secara daring tentu akan sangat membantumu dalam meredam rasa cemas dan takut yang berlebihan loh. 

Karena sifatnya yang virtual, kamu jadi bisa menenangkan dirimu dengan berpegang pada ujung kasur dan meremasnya kencang tanpa diketahui oleh recruiter. Serta ada banyak lagi hal yang bisa mengusir jauh-jauh ketakutan itu. Tentu hal semacam ini yang tak akan dapat kamu lakukan bila wawancara offline, ya. Bagaimana, tertarik menjalaninya?

5. Interview Online Membantu dalam Peningkatan Skill Komunikasi

Manfaatkan interview online ini untuk meningkatkan skill komunikasimu!
Melatih kemampuan bicara pada interview daring

Karena hanya bertemu dalam platform social, apalagi yang akan menjadi andalanmu selain kemampuan dalam menyampaikan jawaban dengan tutur serta bahasa yang baik? Di sisi lain, sesi virtual ini akan menguntungkan dalam melatih skill untuk berinteraksi dengan orang lain. Sudah terlalu lama berdiam diri di rumah, pasti membuatmu sedikit canggung ketika berhadapan dengan dunia luar, bukan?

Ternyata, di balik sebuah kesulitan selalu ada keuntungan yang bersembunyi ya. Termasuk pada moment wawancara kerja virtual. Baik itu offline maupun online, kamu tetap harus bersiap semaksimal mungkin ketika akan menghadapi sesi ini. Ingin tahu lebih banyak soal serba-serbi interview? Yuk, kunjungi laman MySkill.id untuk bergabung pada kelas Persiapan Karir yang kami punya.

Kini MySkill.id juga menyediakan jasa untuk mereview CV lengkap dengan simulasi interview bersama HR yang berpengalaman, loh! Cocok banget buat kamu yang lagi butuh mentor untuk menilai kesiapanmu dalam persiapan melamar kerja. Tertarik mencobanya? Segera akses laman MySkill.id untuk mengetahui deskripsi lengkapnya, yuk!

Baca Juga: Sudahi Resahmu! Ikuti 7 Tips Ini Saat Hendak Melakukan Interview Kerja di Perusahaan Idaman

Editor: Agnes Zefanya Yonatan