Jangan Remehkan 6 Prospek Pekerjaan Jurusan Sastra!

Kamu pernah berpikir kira-kira prospek pekerjaan lulusan Jurusan Sastra seperti apa?

Jurusan Sastra tidak melulu hanya membaca novel, karangan cerita pendek, puisi, dan prosa lainnya, loh. Memang lulusan jurusan ini jago dalam hal penulisan. Namun, mereka punya potensi lebih dari itu.

Banyak orang yang memandang prospek pekerjaan lulusan Sastra dengan sebelah mata. Padahal, jurusan yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Budaya ini adalah salah satu jurusan yang memiliki pilihan profesi luas. Memang apa saja sih prospek kerjanya?

Jangan bingung, khusus untuk kamu, Myskill.id sudah merangkum 6 prospek pekerjaan lulusan Jurusan Sastra. Mari kita simak bersama-sama!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Penulis Buku

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/34587/
Menjadi penulis buku fiksi ataupun nonfiksi

Pertama, dengan keahlian dalam penulisan, menjadi seorang penulis buku adalah profesi yang menjanjikan untukmu sang lulusan Sastra.

Saat ini, buku-buku fiksi sedang marak peminatnya di kalangan masyarakat. Kamu bisa menggunakan keahlianmu dalam menulis prosa, puisi, maupun narasi singkat yang bisa berguna untuk kepentingan komersial.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Guru atau Pengajar

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/159844/
Profesi sebagai pengajar atau guru yang menjanjikan

Bukan hanya fokus dalam kepenulisan, Jurusan Sastra juga memiliki banyak macam konsentrasi bahasa. Kamu sebagai lulusan Sastra bahasa tertentu dapat menjadikan profesi guru sebagai pilihan kariermu.

Mengajar bahasa asing memiliki prospek minat tersendiri di dalam masyarakat karena kebutuhan mereka untuk menguasai bahasa asing tertentu.

Seperti bahasa Inggris yang menjadi incaran kaum muda untuk lebih memperdalam penguasaan bahasanya. Penyebabnya adalah zaman digital saat ini yang mengharuskan banyak orang menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Jurnalis atau Reporter

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/2872418/
Jangan salah, lulusan sastra bisa jadi jurnalis!

Keahlian lulusan Sastra dalam berbicara di depan umum menjadikan prospek pekerjaan sebagai jurnalis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tak hanya pandai public speaking, keahlian dalam penulisan juga membuat para perusahaan media tertarik kepada Sarjana Sastra. Selain dapat membuat karangan indah, mereka juga bisa menulis kumpulan artikel atau berita berkualitas.

4. Editor

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/261763/
Profesi pada bidang penyuntingan

Kamu bisa menjadi seorang editor untuk perusahaan tertentu yang membutuhkan ahli kebahasaan.

Kebutuhan seorang editor untuk menyunting naskah, tulisan, dan surat-menyurat adalah hal yang banyak lulusan Sastra bisa lakukan. Ketelitian anak Sastra dalam menulis menjadikan mereka kandidat cocok untuk pekerjaan seperti ini.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Content Writer

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/261763/
Profesi penulisan konten di era digital

Di era Revolusi Industri 4.0, tenaga serta keahlian seorang content writer adalah hal yang krusial. Penggunaan media sosial menyebabkan pekerjaan content writer sebagai penulis artikel dalam sebuah website menjadi hal yang penting.

Tuntutan perkembangan teknologi dan informasi dapat menjadikan profesi ini cocok untuk para lulusan Sastra. Keahlian mereka dalam mengarang indah sangat berpengaruh untuk keperluan industri kreatif tertentu.

6. Penerjemah

Prospek Pekerjaan Sastra https://www.pexels.com/photo/4476141/
Menjadi seorang penerjemah untuk bahasa tertentu

Lulusan jurusan yang mempelajari kesusastraan ini sangat cocok untuk menempati posisi pekerjaan dalam bidang penerjemah. Keahlian kebahasaan lulusan Sastra akan sangat berguna untuk pekerjaan translator atau penerjemah.

Dewasa ini, perusahaan start-up banyak memerlukan profesi penerjemah untuk keperluan perusahaan. Profesi ini prospeknya cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Nah, bagi kalian para Sarjana Sastra tidak perlu khawatir. Pilihan pekerjaan di atas tadi bisa menjadi alternatif karier kalian ke depannya. Peluang kerja Jurusan Sastra itu sangat luas, kok!

Berbicara soal prospek kerja Jurusan Sastra, bagi kalian yang suka menulis, MySkill.id punya bootcamp program Content Writing. Di dalam bootcamp ini kamu akan memperoleh ilmu sekaligus pelatihan dalam penulisan konten.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill