Business Intelligence: Pengertian dan Prospek Kariernya

Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu dari keutamaan dalam membentuk ataupun mengembangkan strategi bisnis. Pemanfaatan inilah yang mendasari suatu perusahaan agar semakin condong dalam menjalankan bisnis menggunakan kecanggihan teknologi. Mengacu kepada hal tersebut, istilah Business Intelligence di dunia kerja sudah mulai marak diperbincangkan. Nah, apa itu Business Intelligence?

Business Intelligence (BI) adalah sebuah teknik dan alat dalam menganalisa data mentah menjadi sebuah informasi-informasi yang mendatangkan keuntungan bagi sebuah bisnis. Business Intelligence sebagai strategi bisnis sudah banyak sekali mendatangkan benefit bagi perusahaan. Hal ini membuat BI menjadi salah satu skill penting yang banyak lembaga atau perusahaan butuhkan. Lalu, bagaimana lingkup kerja BI? 

Sobat MySkill, jika kamu adalah seseorang yang data oriented dan mempunyai keinginan untuk berkarir sebagai Business Intelligence, lima prospek karier di bawah ini dapat menjadi pilihan yang cemerlang. Simak sampai akhir ya!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

1. Business Intelligence Manager

Business Intelligence https://unsplash.com/photos/qwtCeJ5cLYs?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
Business Intelligence manager untuk pengembangan data.

Tugas dari seorang Business Intelligence manager yaitu bertanggung jawab dalam mengelola analisis dan pengembangan data. Lebih luasnya mencakup pada menilai kebutuhan perusahaan, mengumpulkan informasi, dan melaporkan seluruh manajemen. Selain itu, seorang manajer BI bertugas untuk meninjau dan menganalisis data kompetitor dan perusahaan itu sendiri dengan tujuan mengidentifikasi cara meningkatkan posisi pasar.

Tak berhenti sampa di sana, BI manajer pun bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja dari departemennya. Maka dari itu, seseorang dengan pekerjaan ini haruslah terampil dalam menganalisis data dan manajemen tim. Seorang manajer BI dituntut untuk pandai dalam melakukan penelitian dan juga cakap memberikan saran dengan upaya memperbaiki progres perusahaan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

2. Administator

https://unsplash.com/photos/5QgIuuBxKwM?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink  Bussines Intelligence
Prospek kerja BI Administrator, menganalisa dan membuat laporan.

Administrator BI bekerja dengan perangkat lunak manajemen basis data di mana lingkupnya adalah menyimpan, menganalisis, memanfaatkan, dan juga menyajikan data. Sistem Business Intelligence memiliki peran dalam membantu menjalankan strategi bisnis sehingga harus membuat keputusan yang paling tepat berdasarkan situasi pasar saat ini.

Tugas tersebut mengharuskan seorang Administartor membuat laporan standar dan khusus yang berisi tentang rangkuman data bisnis. Laporan ini kemudian akan ditinjau oleh eksekutif dan pemegang saham.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

3. Manajemen Hotel

https://unsplash.com/photos/6xeMf4bg0eA?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink Business Intelligence
Manajemen Hotel, penerapan BI yang paling membantu.

Penerapan BI pada industri perhotelan akan memudahkan Manajemen Hotel dalam menganalisis statistika data mengenai hotel dan kompetitornya. Dengan mengumpulkan informasi mengenai market share dan data survei, maka akan membantu dalam menentukan strategi untuk memberikan penawaran menarik bagi para konsumen. 

4. Industri Perbankan

BI meningkatkan strategi bisnis Perbankan
BI meningkatkan strategi bisnis Perbankan.

Kebutuhan BI pada industri perbankan bisa dikatakan sebagai suatu hal yang pasti dan penting. Bercermin pada kemampuan BI, kaitannya dengan industri perbankan berada pada pembuatan data, pengelolaan, dan juga analisa data jumlah besar seperti data nasabah, jasa, juga kolega.

BI berperan penting dalam meningkatkan strategi penjualan dan juga memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah bank. Pengaplikasian BI ini hadir  dalam bentuk Manajemen Resiko, Customer Segmentation, dan layanan Customer Support.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Ayo Berkarier Sebagai Business Intelligence!

Salah satu prospek karier Business Intelligence di atas tentu dapat kamu wujudkan jika sudah memiliki skill yang mumpuni. Untuk bisa berkarier menjadi expert BI, sobat MySkill perlu menguasai basic dan tools dari Business Intelligence. Psst, tenang! MySkill sudah menyiapkan media belajar interaktif yang bisa bantu kamu untuk mengetahui materi dan ruang lingkup BI bersama mentor ahli di bidangnya. Selama delapan sesi, kamu akan mendapat:

  • Intro to Business Intelligence
  • Data Transformations: SQL Basic 1
  • Data Transformations: SQL Basic 2
  • Basic Statistics
  • Business Metrics: Measure What Matters
  • Data Visualisation
  • Data Visualitation: Google Data Studio
  • Secure Your First BI Job

Dari lima pilihan karier tadi, kamu lebih tertarik untuk terjun di posisi yang mana nih? Sebelum mulai mencari peluangnya, jangan lupa untuk perkuat skill dan knowledge tentang BI ya, guys! Oh ya, slot Bootcamp Business Intelligence sudah banyak terisi lho.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill