3 Jenis Ads di Facebook dan Google untuk Promosi Produk

Kamu ingin mempromosikan bisnismu menjadi semakin luas? Namun, kamu sedikit ragu untuk memilih di mana kamu akan mengiklankan bisnismu? Tenang, artikel MySkill.id berikut ini akan membahas 2 jenis ads di Facebook dan Google.

Secara umum, Facebook Ads adalah program periklanan digital dari Facebook. Semua iklan yang tampil akan muncul di platform Facebook. Begitu pula dengan Google Ads, sebuah program periklanan online milik Google yang juga menyebarkan iklan di platform Google.

Dengan menggunakan Facebook dan Google Ads, kamu dapat membuat iklan secara digital atau online untuk produk dan layanan yang kamu miliki.

Dari banyaknya jenis-jenis iklan yang ada di Facebook dan Google, ada dua jenis iklan yang sering muncul di masing-masing platform. Apa saja? Yuk, simak bersama!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Facebook Feed Ads

3 Jenis Ads di Facebook dan Google untuk Promosi Produk
Format ukuran Facebook Feed Ads gambar 1200×628 dan video 600×315

Facebook Feed Ads merupakan jenis iklan Facebook yang akan muncul di timeline feed pengguna Facebook. Jenis iklan ini paling umum dan sering muncul di laman linimasa pengguna Facebook karena dapat langsung menjangkau audiens.

Dalam iklan jenis ini, kamu dapat menampilkan iklan video, tulisan, maupun gambar.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Facebook Stories Ads

Jenis Ads Facebook dan Google  https://www.facebook.com/
Format ukuran Facebook Story Ads gambar dan video 1080×1920

Facebook Stories Ads akan muncul di bagian stories Facebook. Saat pengguna Facebook menggulirkan linimasa story facebook, maka akan muncul satu atau dua story iklan. Iklan jenis ini muncul dalam format gambar maupun video selama beberapa detik.

Jika kamu ingin memanfaatkan jenis iklan Facebook ini, pastikan informasi yang kamu buat singkat dan padat karena keterbatasan waktu yang tersedia.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Google Search Ads

Jenis Ads Facebook dan Google https://www.google.com/
Iklan yang muncul di halaman utama mesin pencarian

Google Search Ads adalah iklan yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari Google.

Misalnya, ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci “digital marketing”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa iklan mengenai penawaran ataupun penggunaan digital marketing.

4. Google Display Ads

Jenis Ads Facebook dan Google https://www.detik.com/
Display Ads mampu menjangkau banyak audiens karena tampilannya

Iklan jenis ini dapat pengguna temukan di berbagai situs web. Google Display Ads muncul dalam bentuk gambar ataupun video pada beberapa sisi halaman website.

Iklan yang ditampilkan juga akan sesuai dengan berbagai faktor tertentu seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat pengguna.

Itulah beberapa jenis Facebook dan Google Ads. Dari empat jenis platform ads tersebut, kira-kira mana yang paling cocok untuk kamu gunakan? Coba tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

MySkill.id juga menyediakan sebuah kelas pelatihan mengenai Facebook dan Google Ads. Di dalam kelas tersebut, kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai ads dari kedua platform tersebut.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill