5 Jenis Google Ads untuk Memasarkan Produk Bisnis

Kamu sering menemukan iklan yang bertebaran di internet? Namun, kamu belum tahu jenis-jenis apa iklan tersebut? Tidak perlu khawatir karena MySkill.id akan membahas tentang berbagai jenis Google Ads. Mari, kita simak bersama-sama!

Google Ads adalah program periklanan online milik Google. Dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa membuat iklan online pada produk dan layanan yang kamu miliki.

Google Ads dapat menjadi wadah untuk kamu mempromosikan bisnis, membantu menjual produk atau layanan, sekaligus meningkatkan traffic ke website-mu.

Lalu, dari sekian banyak jenis iklan di internet, apa saja jenis-jenis dari Google Ads?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Google Search Ads

Jenis Google Search Ads https://www.google.com/
Iklan yang muncul di halaman utama mesin pencarian

Jenis iklan yang pertama adalah iklan yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari Google.

Misalnya, ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci “search engine optimization”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa iklan mengenai penawaran ataupun penggunaan search engine optimization.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Universal APP Campaign

5 Jenis Google Ads untuk Memasarkan Produk Bisnis
Gunakan Universal App Campaign untuk promosi aplikasimu!

Iklan ini adalah jenis iklan bisnis yang mempromosikan aplikasi ponsel pintar. Dengan Universal APP Campaign, kamu dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian Google, PlayStore, App Store, ataupun YouTube.

Bukan hanya itu, jenis iklan ini juga akan mempersuasi pengguna agar mengunduh aplikasi tersebut. Dalam melakukan aksi promosi aplikasi, kamu hanya perlu menyediakan konten menarik dan beberapa penawaran menggiurkan setelah pengguna berhasil mengunduh aplikasi tersebut.

3. Display Ads

Jenis Google Search Ads  https://www.kompas.com/
Display Ads mampu menjangkau banyak audiens karena tampilannya

Selanjutnya adalah Display Ads, yaitu iklan yang dapat pengguna temukan di situs-situs web. Jenis iklan yang satu ini muncul dalam bentuk gambar ataupun video pada beberapa sisi halaman website.

Iklan ini akan tampil sesuai dengan berbagai faktor tertentu seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat pengguna.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Video Ads

Jenis Google Search Ads  https://www.youtube.com/
Video Ads lebih menarik karena menampilkan visual sekaligus audio

Video Ads adalah jenis iklan berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah platform streaming video. Jenis iklan ini sering muncul pada situs video contohnya Youtube.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Shopping Ads

Jenis Google Search Ads  https://www.google.com/
Shopping Ads untuk mengembangkan bisnismu!

Jenis iklan ini muncul pada laman utama mesin pencarian. Shopping Ads dapat membantu kamu dalam menaikkan traffic situs web bisnismu. Jika kamu seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok untuk kamu gunakan.

Dengan memanfaatkan shopping ads, kamu dapat menjangkau lebih banyak calon klien untuk meningkatkan pendapatan bisnismu.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai berbagai jenis iklan di internet. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, MySkill.id memiliki sebuah kelas pelatihan mengenai konsep dasar Google Search Ads.

Di dalam kelas ini, kamu akan mendapat banyak pengetahuan seputar Google Search Ads, loh.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill