Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja

Career path atau jenjang karier menjadi faktor penting dalam meningkatkan performa kerjamu. Dengan memahami career path, kamu akan termotivasi untuk cepat berkembang dalam pekerjaanmu.

Di bawah ini, mari simak apa saja langkah-langkah dalam membuat career path!

1. Kenali Potensi Diri saat Bekerja

Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja
Kembangkan dan tingkatkan potensimu saat bekerja.

Persiapkan dirimu sebelum terjun ke dunia kerja dengan mengetahui potensi dalam dirimu. Untuk itu, kamu perlu menimbang kelebihan dan kekurangan dirimu.Tujuannnya supaya saat bekerja, kamu dapat mengimplementasikan kelebihan dan menghindari kekurangan yang dimiliki.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Pahami Career Path yang Dapat Kamu Lewati

Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja
Dengan memahami posisi-posisi yang ada, kamu akan lebih mudah menyusun career path.

Career path adalah rangkaian posisi yang perlu kamu lewati untuk mencapai suatu posisi dalam suatu perusahaan. Dengan mengenali potensi diri, kamu dapat dengan mudah menentukan career path.

Sudah sepatutnya jenjang kariermu berkembang secara vertikal dan bergerak dari bawah ke atas. Maka dari itu, kenali posisi strategis yang sesuai dengan kompetensimu, yang perusahaan tawarkan dengan bantuan career path.

Contohnya, career path seorang content writer yang bekerja di suatu perusahaan. Orang tersebut dapat mempersiapkan career path-nya dari junior content writer, lalu senior content writer,  dan akhirnya menjadi head of editorial division.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Diskusikan Rencana Karier dengan Employer

Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja
Kamu dapat berdisuksi tentang karier bersama atasanmu.

Kamu dapat mengobrol dengan atasanmu untuk merencanakan career path. Dengan berdiskusi secara terbuka, atasanmu akan mengetahui target yang ingin kamu capai dan mungkin membantumu mendapatkannya.

Selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan informasi dari atasanmu terkait kemungkinan-kemungkinan pengembangan karier yang ada di perusahaan. Kamu dapat mempertimbangkan pilihan-pilihan posisi dan bagaimana kemajuan kariermu dengan berkonsultasi bersama atasan.

4. Meningkatkan Semangat dan Performa

Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja
Performa dan semangatmu akan meningkatkan apabila memiliki career path.

Dengan memiliki career path yang baik dan terstruktur, kamu memiliki target yang akan kamu capai. Jika sudah memiliki target, kamu akan termotivasi untuk selalu mengejar target. Namun, kamu juga harus memperhatikan kesehatanmu saat bekerja ya. Sebab jika kamu bekerja terlalu keras dan jatuh sakit, targetmu bisa jadi malah tertunda.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Lingkungan Pekerjaan akan Menjadi Lebih Sehat

Mari Menyusun Career Path untuk Meningkatkan Performa Kerja
Mari bangun karier dengan career path!

Sesungguhnya dengan career path, kamu akan merasa lingkungan kerjamu lebih sehat dan terstruktur. Dalam hal ini, kamu dapat mengetahui kiat-kiat apa yang harus kamu lewati dan menyusun strategi untuk mendapatkan posisi yang diincar. Walaupun demikian, sekali lagi jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan karena ingin mengejar target ya.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Sebagai tambahan, untuk membantumu mempersiapkan diri mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kamu dapat melihat rangkaian kelas persiapan karier di MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill