Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools

Google menyediakan berbagai tools gratis untuk mengembangkan website. Salah satunya adalah Google Search Console, yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Webmaster. Tools ini merupakan perangkat yang dapat membantu kita untuk memantau, memelihara, dan menyelesaikan masalah pada sebuah situs. 

Google Search Console termasuk dalam SEO (Search Engine Optimization) tools yang bisa memandu kita dalam meningkatkan performa website. SEO tools ini dapat membantu beberapa pekerjaan khususnya yang bekerja pada bidang industri digital. 

Google Search Console mempermudah kita dalam mencapai halaman pertama pada SERP (Search Engine Result Page). Maka dari itu, kehadirannya bermanfaat bagi pekerjaan seperti content writer yang perlu menghasilkan tulisan sesuai kaidah SEO, guna mencapai SERP. Selain itu, pekerjaan lain yang memerlukan perangkat ini adalah SEO specialist, side administrator, dan web developer.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Kegunaan Google Search Console

Google Search Console memiliki kegunaan yang hampir serupa dengan versi sebelumnya Webmaster. Namun, tools ini memiliki fitur bermanfaat yang lebih lengkap untuk meningkatkan kualitas website kalian. Berikut adalah beberapa kegunaannya:

1. Melihat Index Status
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Google Search Console dapat mengetahui status index tiap halaman pada situs

Sebelum sebuah situs memasuki halaman pencarian, search engine akan melakukan index pada situs tersebut. Jika situs sudah ter-index oleh search engine, artinya sistem komputer sudah dapat mengaksesnya dan sudah masuk daftar pencarian. 

Penggunaan tools ini akan membantu mengetahui halaman mana saja dalam situs kita yang sudah ter-index dan belum ter-index. Kita juga dapat mengetahui bagian mana saja yang search engine hapus dan block. Terdapat berbagai faktor yang membuat suatu halaman tidak ter-index. Seperti masih adanya tags noindex pada halaman dan bisa saja karena halaman yang ada tidak memuat value agar ter-index.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Melacak Crawl Status
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Google Search Console menginformasikan jumlah crawl rate 

Setelah sebuah halaman situs ter-index, maka akan melalui proses crawling. Crawling merupakan suatu faktor penting dalam SEO. Ketika crawl berjalan, sistem pada search engine akan melacak dan melihat isi dari halaman situs kita. Pada proses inilah mesin pencarian dapat menemukan sebuah informasi. 

Di dalam Google Search Console, terdapat fitur crawl stats yang dapat menunjukan berapa banyak rata-rata halaman yang sistem kunjungi dengan melihat crawl rate. Banyaknya artikel berkualitas yang kita posting dapat mempengaruhi tinggi rendahnya crawl rate. Jika mesin pencarian belum melakukan crawl pada beberapa halaman, maka kita perlu memperbaiki struktur konten dalam halaman tersebut. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Meningkatkan HTML
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
HTML Improvements berguna untuk mengidentifikasi kesalahan pada situs

Dalam Google Search Console terdapat suatu fitur yang bernama HTML Improvements. Setelah ter-index, kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang perlu kita perbaiki dalam situs dengan menggunakan HTML Improvements.

HTML Improvements dalam Google Search Console akan memudahkan dalam mengidentifikasi kesalahan pada website, yang berguna untuk meningkatkan HTML. Kita dapat memperbaiki bagian title tag, meta description, dan pelabelan headings.

4. Memantau Laporan Link
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Laporan mengenai link penting untuk mengetahui link apa saja yang menguntungkan dan tidak

Link internal dan link eksternal adalah suatu aspek yang penting untuk meningkatkan peringkat SEO. Jika kita memiliki tautan dari suatu website populer dengan kualitas baik, hal ini akan memberikan sinyal pada mesin pencarian bahwa website kita memiliki konten yang berkualitas. 

Perangkat Search Console dapat memberikan laporan terkait link dan mengetahui situs apa saja yang mencantumkan link situs milik kita. Selain itu, tools ini juga membantu dalam menentukan link apa saja yang bisa meningkatkan dan menurunkan performa situs kita. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Meningkatkan Traffic Pencarian Secara Organik
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Penggunaan Google Search Console untuk meningkatkan traffic pencarian secara organik

Meningkatkan traffic pencarian secara organik adalah tujuan utama banyak orang saat menggunakan Google Search Console, karena fitur-fitur di dalamnya memang didedikasikan untuk meningkatkan organic search traffic

Ketika menggunakannya, kita bisa mendapatkan laporan mengenai bagaimana pengguna dapat menjangkau halaman milik kita secara organik melalui SERP. Dari situ kita juga dapat mengerti strategi SEO apa yang paling berdampak dan minim dampak untuk website kita. 

6. Meningkatkan Tampilan Pada Halaman Pencarian
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Peningkatan Tampilan website pada halaman pencarian

Penggunaan Google Search Console bisa meningkatkan tampilan pencarian situs web kita. Tampilan pada halaman pencarian kini menjadi kunci penting dalam strategi digital marketing. Karena pada halaman inilah user akan menentukan untuk berkunjung pada situs kita atau tidak. 

Google Search Console memberikan kita akses untuk melihat seperti apa tampilan website kita, dari kacamata user ketika melihatnya di SERP. Pada tahap ini kita perlu memperhatikan unsur seperti judul, URL, meta description, dan site links untuk memaksimalkan tampilan website kita dalam SERP.

7. Memberikan Peringatan Melalui Fitur Message
Google Search Console: 7 Kegunaannya Sebagai SEO Tools
Peringatan mengenai kesalahan pada situs melalui fitu Message

Selain kegunaan di atas, terdapat juga fitur yang sangat menguntungkan, yaitu fitur Message. Melalui fitur ini sistem akan mengingatkan kita jika terdapat masalah dalam website.

Ketika sistem tidak bisa crawling pada suatu halaman, mereka akan menginformasikannya melalui Message. Selain itu, tools ini dapat memperingatkan mengenai potensi masalah yang mungkin akan terjadi. Sehingga kita dapat segera memperbaikinya sebelum masalah besar terjadi. 

Itulah 7 kegunaan dari Google Search Console. Selain tools ini, terdapat tools lainnya yang dapat menunjang suatu website. Salah satunya adalah Google Search Ads yang berguna untuk menaikan website ke peringkat satu halaman pencarian. 

Bagi kalian yang ingin mengetahui mengenai pengoperasiannya kalian dapat mengikuti kelas Google Search Ads Dasar dari Myskill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill