6 Web Developer Tools untuk Menunjang Pekerjaanmu

2 min read

Web developer menunjang pekerjaan web developer

Saat ini, profesi web developer merupakan salah satu profesi yang jumlah permintaannya tinggi. Hal ini karena proses digitalisasi terjadi pada hampir semua sektor sehingga banyak orang meminta untuk dibuatkan website ataupun aplikasi. Tentu, untuk menyelesaikan pekerjaannya, ia memerlukan web developer tools agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Lantas, apakah kamu sudah mengetahui tools penunjang pekerjaan web developer? Jika belum, MySkill sudah merangkum enam web developer tools untuk menunjang pekerjaanmu yang dapat kamu baca dalam artikel ini. Simak baik-baik, ya!

1. Foundation

Foundation mudah diperasikan oleh web developer pemula
Foundation cocok untuk pemula (Gambar: Dokumentasi pribadi)

Tool pertama yang dapat digunakan oleh web developer adalah Foundation. Ini adalah tool yang sangat cocok untuk pemula. Foundation menyediakan kerangka front end yang responsif sehingga memungkinkan developer untuk mendesain website yang interaktif.

Foundation juga menawarkan beberapa template HTML yang dapat dioptimalkan ke dalam aplikasi tertentu. Keunggulan tool ini terletak pada kerangka front end yang tersedia serta tampilannya yang begitu sederhana. Namun, kamu perlu membayar sejumlah uang untuk dapat menggunakan Foundation. 

2. Sublime Text

Sublime text merupakan tool umum yang digunakan web developer
Sublime Text banyak digunakan oleh web developer (Gambar: Dokumentasi pribadi)

Tool berikutnya yang akan sangat menunjang pekerjaan web developer adalah Sublime Text. Ini merupakan salah satu tool paling populer di kalangan web developer dalam hal mendesain web. 

Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Sublime Text adalah fitur GoTo Anything Command untuk menemukan sebuah kode. Ada juga fitur Multiple Selection, fitur ini bisa membuat perubahan pada bagian kode.

Tool ini juga memiliki fitur Split Editing yang dapat membuat tampilan kode di monitor menjadi layar lebar, bahkan menjadi lebih maksimal. Sublime text memiliki visual interface yang begitu sederhana sehingga cocok juga untuk pemula. Kamu dapat menggunakan tool ini dengan berbagai perangkat, seperti Mac, Windows, dan Linux.

Baca juga: 5 Front End Developer Skill yang Harus Kamu Ketahui!

3. jQuery

JQuery adalah tool baru untuk mengerjakan front end website
jQuery baru marak digunakan sejak 2020 (Gambar: Dokumentasi pribadi)

John Resig memperkenalkan jQuery pada tahun 2006. Meskipun telah rilis sekitar 15 tahun yang lalu, tetapi jQuery baru beroperasi secara stabil pada bulan Mei 2020 lalu. jQuery merupakan JavaScript Library yang bertujuan untuk menyederhanakan traversal dan memanipulasi DOM HTML, serta penanganan acara, animasi CSS, dan Ajax.

Tool ini sangat memudahkan web developer dalam membuat animasi, menambahkan plugin, atau hanya untuk menavigasi dokumen. Dengan menggunakan tool ini, kamu bisa mengerjakan proses front end website dengan efisien.

4. PHP

PHP memiliki bahasa pemrogaman yang mudah diaplikasikan
PHP adalah tool untuk back end developer (Gambar: Dokumentasi pribadi)

Ini merupakan tool untuk back end developer untuk membangun situs web atau aplikasi. PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP menyediakan berbagai macam modul, seperti Grafik dan PDF.

Salah satu kelebihan PHP adalah memiliki bahasa skrip yang mudah dipelajari. PHP juga memiliki sintaks yang sangat sederhana sehingga bahasa pemrograman tersebut lebih mudah untuk diaplikasikan. Bagi kamu yang baru memulai untuk menjadi back end developer, tool ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website

5. Phyton

Python adalah bahasa skrip multiplatform
Phyton merupakan tool yang banyak digunakan

Tool yang satu ini sudah ada sejak tahun 1991. Python termasuk dalam bahasa skrip multiplatform. Dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman ini, web developer juga bisa mengurangi kebutuhan pengkodean secara signifikan.

Dengan sistem pengaplikasian Python yang mudah dan pustaka yang luas, Python menawarkan nilai produktivitas yang lebih tinggi kepada back end developer daripada tool bahasa pemrograman lainnya.

6. SQL

SQL sangat menunjang pekerjaan back end developer
SQL adalah tool yang sangat menunjang web developer

Tool yang terakhir ini juga merupakan tool untuk menunjang pekerjaan back end developer. SQL adalah singkatan dari Structured Query Language, salah satu jenis bahasa pemrograman untuk mengelola database. Back end developer juga sering menggunakan SQL untuk memperbarui data yang tersimpan pada database atau mengambil data tersebut untuk kemudian memindahkannya ke situs web.

Nah, itu dia pembahasan dari MySkill mengenai web developer tools yang menunjang pekerjaan web developer, baik front end developer maupun back end developer. Berbicara tentang pengembangan web, MySkill punya banyak kelas yang membahas SQL, lo! Kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang begitu terjangkau. Yuk, segera beli kelasnya!

Baca juga: 5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website

Editor: Wahda Nur Lestari