JavaScript: Kenali 4 Fungsinya dalam Pemrograman

Dalam melakukan tugasnya, seorang web developer pasti sudah tak asing lagi dengan penggunaan JavaScript, HTML, dan CSS. JavaScript sendiri adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan para developer. Sudahkah teman-teman tau apa itu JavaScript dan fungsinya? Guna mengetahuinya, yuk, simak bersama-sama pembahasannya di bawah!

Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis teks berbentuk script. Penggunaannya berguna untuk menciptakan konten dan elemen web yang dinamis serta interaktif. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan interaksi pengunjung situs dengan halaman web, sehingga developer mampu meningkatkan user experience. Contohnya seperti pergantian warna background tiap halaman, animasi grafis, dan masih banyak lagi. 

Di samping itu, penggunaannya tak hanya dapat digunakan untuk membuat halaman web saja. Namun, kita bisa menggunakannya ketika ingin membangun aplikasi, server, bahkan game. Skrip pemrograman satu ini juga digunakan oleh perusahaan aplikasi besar seperti Google, Amazon, Twitter, serta Facebook.

JavaScript ini juga memerlukan bantuan HTML dan CSS untuk membangun website. HTML dan CSS merupakan bahasa yang berfungsi memberikan struktur juga style pada situs. Oleh sebab itu, penggunaan keduanya selalu beriringan dengan JavaScript yang memberi elemen interaktif guna menarik pengguna. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Fungsi JavaScript

Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertiannya. Akan tetapi, guna mengenalnya lebih dalam teman-teman perlu mengetahui tentang fungsi dari JavaScript. Maka dari itu, mari, simak pembahasan mengenai fungsinya di bawah ini!

1. Membangun Mobile Apps
JavaScript: Kenali 4 Fungsinya dalam Pemrograman
Beberapa frameworks seperti Angular serta React Native bisa menunjang pembuatan mobile apps

Seorang developer dapat membangun aplikasi mobile dengan menggunakan JavaScript. Hal tersebut disebabkan karena terdapat berbagai frameworks JavaScript khusus untuk pembuatan mobile apps seperti Angular, Node.js, dan React Native. 

Framework sendiri merupakan penyedia kerangka atau kode dasar untuk mengembangkan situs. Keberadaannya ini membuat developer tak perlu menulis kode dari awal, sehingga dapat mempermudah pekerjaan mereka. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Membuat Server Situs Maupun Apps
JavaScript: Kenali 4 Fungsinya dalam Pemrograman
Penggunaan Node.js dapat membantu pembuatan server

Sebelumnya, terdapat pembahasan yang mengatakan bahwa skrip ini dapat kita terapkan dalam pembuatan situs maupun aplikasi. Selain itu, ternyata kita juga bisa membuat web server ataupun apps dengan menggunakannya. 

Jika ingin membangun server beserta infrastruktur back-end, teman-teman bisa menggunakan Node.js. Penggunaannya sangat efektif dan akan memudahkan kita dalam membangun server sebuah situs. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Mengembangkan Game
JavaScript: Kenali 4 Fungsinya dalam Pemrograman
Mengembangkan game adalah salah satu fungsi JavaScript

Bahasa pemrograman ini mampu membantu kita membuat game dengan menggunakan HTML5 dan Application Programming Interface (API) seperti WebGL. Oleh karena itu, mereka juga memiliki fungsi untuk mengembangkan game.

Selain itu, terdapat berbagai framework-nya yang dibuat khusus untuk pembuatan game seperti Gdevelop dan Phaser yang bisa memudahkan developer. Games seperti Angry Birds serta The Wizard juga menggunakannya dalam proses pengembangannya. 

4. Membuat Website Lebih Interaktif
JavaScript: Kenali 4 Fungsinya dalam Pemrograman
Penggunaannya mampu memasukan elemen interaktif pada situs

Salah satu fungsi utama dari JavaScript adalah menambahkan kedinamisan pada halaman situs. Hal ini termasuk menampilkan animasi, memodifikasi teks, tata letak situs, serta pengaturan fungsi setiap tombol. Di samping itu, dengan menggunakannya kita bisa membuat carousel foto di halaman utama, menyetel audio maupun video, dan aspek lain yang dapat terlihat oleh user

Oleh karena itu, skrip ini mampu membantu developer untuk membuat website tampak lebih interaktif di mata pengguna. Hal tersebut dilakukan supaya website bisa memberi pengalaman terbaik pada user. Di samping itu, penggunaannya ini membantu user dalam berinteraksi dengan situs. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Kelebihan JavaScript

Berdasarkan penjelasan mengenai fungsinya di atas, JavaScript memiliki peran penting dalam membangun suatu situs. Namun tak hanya itu saja, ada juga berbagai kelebihan yang membuatnya populer di kalangan para developer. Berikut adalah kelebihan dalam penggunaannya:

  • Simpel

Strukturnya yang simpel memudahkan orang-orang mempelajari serta menerapkannya. Selain itu, jika terjadi ‘error’ kita akan lebih mudah menemukan dan memperbaikinya. 

  • Kecepatan

Penggunaannya dapat kita eksekusi secara langsung dalam web tanpa perlu mengkoneksikan pada server terlebih dahulu. JavaScript ini juga terbilang lebih cepat jika kita bandingkan dengan yang lainnya. 

  • Versatility

JavaScript memiliki kompatibel dengan bahasa pemrograman lainnya seperti PHP dan Perl. 

  • Server Load

Validasi data di dalamnya bisa dilakukan melalui web browser. Di samping itu, peng-update-an hanya mereka terapkan pada beberapa halaman web tertentu saja. 

  • Updates

Team pengembangnya terus meng-update serta membuat frameworks baru untuk memastikan relevansinya dalam industri. 

Dari pembahasan di atas, kita bisa mengenal fungsi JavaScript dalam pemrograman. Selain JavaScript, terdapat berbagai jenis bahasa pemrograman lainnya seperti Python. Sudahkah teman-teman mengenal Python? Jika ingin mengenal lebih jauh soal hal-hal yang berkaitan dengan pemrograman khususnya Python, teman-teman bisa ikuti kelas Dasar-Dasar Pemograman Python dari MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill