5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari

Marketing plan merupakan serangkaian rencana yang diperlukan dalam hal memasarkan sebuah produk atau jasa. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan agar target akhir pemasaran dapat tercapai dengan baik. Menentukan target konsumen dan strategi pemasaran yang tepat menjadi poin utama dalam mencapai atensi maksimal konsumen.

Rencana-rencana marketing yang dibuat harus melalui riset dan data yang baik. Perusahaan perlu memikirkan dengan matang dalam membentuk marketing plan yang tepat. Namun, di sisi lain ternyata masih banyak perusahaan yang gagal dalam menyusun marketing plan. Beberapa kesalahan dalam perencanaan bisa jadi tanpa sadar telah perusahaan lakukan.

Lantas, apa saja kesalahan dalam marketing plan yang sering perusahan lakukan? Berikut ini penjabarannya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Gagal Melihat Kebutuhan Konsumen

5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari
Marketing perlu direncanakan dengan sangat baik agar tepat sasaran.

Supaya dapat sukses di tengah pasar yang kompetitif, perusahaan perlu menawarkan produk atau jasa yang memang tengah menjadi kebutuhan konsumen. Marketing plan yang perusahaan bentuk harus menawarkan alasan-alasan yang meyakinkan para konsumen. Selanjutnya, konsumen tentu akan menilai apakah produk atau jasa yang perusahaan tawarkan sebagai suatu kebutuhan atau tidak.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Kurangnya Analisis Kompetisi

5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari
Menganalisis kelebihan dan kekurangan kompetitor itu sangat penting.

Kesalahan terbesar dari banyak marketing plan adalah tidak menunjukan analisis yang mendalam terhadap kompetitor. Marketing plan yang optimal membutuhkan analisis kekuatan dan kelemahan kompetitor. Tujuannya agar perusahaan bisa menentukan celah strategi yang tepat supaya dapat bersaing dengan kompetitor.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Detail Implementasi Rencana Kurang

5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari
Mengetahui implementasi rencana adalah hal esensial.

Marketing plan harus detail dalam proses implementasinya. Detail ini harus berbentuk tahapan-tahapan apa yang perlu perusahaan lakukan untuk mengimplementasikan strateginya.

Marketing plan sebuah perusahaan mungkin memiliki strategi yang kuat dan visioner, tetapi dalam implementasinya biasanya tidak memuat penjelasan yang detail. Contohnya, tidak ada penjelasan detail apakah perusahaan memiliki sumber daya yang cukup dalam menyelesaikan target? Hal ini yang wajib banget kamu hindari, ya!

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

4. Menganggap Remeh Anggaran Pemasaran

5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari
Perhitungkan anggaran pemasaran dalam tahap perencanaan sebaik mungkin.

Dalam tahapan awal berdirinya sebuah bisnis, banyak yang menganggap remeh besaran jumlah modal di pasaran. Bisnis yang sudah lama berkembang sekalipun terkadang meremehkan kebutuhan anggaran saat ingin memperluas jaringan pasar. Padahal, dalam marketing plan perencanaan terhadap pengeluaran dan pemasukan perlu dilakukan sebaik mungkin untuk segala kemungkinan.

5. Target Penjualan Tidak Realistis

5 Kesalahan dalam Marketing Plan yang Wajib Kamu Hindari
Realistislah saat menentukan target penjualan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi.

Para entrepreneur biasanya memiliki optimisme yang cukup tinggi. Optimisme yang tinggi memang baik, tetapi keadaan realitas juga perlu jadi pertimbangan. Perusahaan harus sadar bahwa tidak semua target dan rencana akan selalu berjalan mulus. Rencanakan dengan sebaik mungkin, termasuk segala kemungkinan rugi yang bisa terjadi.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Dalam hal ini, agar marketing-mu dapat berjalan dengan lancar, kamu dapat mengikuti kelas mengenal digtal marketing framework di MySkill, lo!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill