5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!

Saat ini, social media marketing telah menjadi pilihan bagi banyak perusahaan sebagai media untuk memasarkan dan mengembangkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Akan tetapi, banyak dari mereka yang mengalami kegagalan. Untuk membantumu mengatasi permasalahan tersebut, MySkill.id telah merangkum 5 langkah mudah untuk menyusun strategi social media marketing! Tanpa berlama-lama, yuk langsung aja masuk ke topik pembahasan!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Lakukan Analisis secara Mendalam

5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!
Analisis mendalam akan sangat membantumu, loh!

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan saat menyusun strategi social media marketing adalah melakukan analisis secara mendalam. Analisis tersebut dapat memiliki beragam bentuk, salah satunya adalah riset persona pembeli. 

Kamu bisa memulai riset dengan menanyakan dua buah pertanyaan sederhana kepada dirimu sendiri, yaitu kelompok mana yang ingin kamu jadikan konsumen dan apa alasannya. Nantinya, kamu bisa mengembangkan pertanyaan tersebut untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih mendalam.

Selain itu, kamu juga harus melakukan analisis terhadap para pesaingmu. Dengannya, kamu bisa mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka sehingga mampu menghasilkan strategi media sosial yang efektif. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Tentukan Media Sosial dan Target Capaian

5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!
Menentukan target dan tolok ukur keberhasilan konten marketing-mu dengan SMART

Ketika kamu telah membulatkan tekad untuk menggunakan social media sebagai sarana marketing, tentunya kamu juga sudah memiliki gambaran mengenai media sosial apa yang ingin kamu pakai, kan? Namun sebelum memulai aktivitas marketing-mu, kamu harus menentukan arah, tujuan, serta tolok ukur keberhasilannya terlebih dahulu. Hal tersebut akan memudahkanmu dalam proses evaluasi di masa mendatang. 

Oiya, kamu bisa menggunakan metode Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, dan  Time-bound (SMART) untuk membantumu dalam menentukan tujuan dan tolok ukur keberhasilannya.

3. Buatlah Konten Semenarik Mungkin

5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!
Konten yang menarik dapat menarik konsumen juga, loh!

Pertumbuhan media sosial marketing yang begitu cepat tidak lantas membuat persaingan bisnis semakin mudah. Hal tersebut malah membuat banyak perusahaan berbondong-bondong untuk turut serta berkompetisi dalam laga tersebut. 

Agar kamu dapat memukul telak pesaing bisnismu, kamu harus memiliki strategi social media marketing yang tepat, salah satunya adalah dengan membuat konten yang menarik dan unik. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kontenmu sarat akan nilai dan dapat membawa manfaat kepada konsumen! Selain itu, kamu juga wajib memikirkan bagaimana caranya agar konten-kontenmu mampu menghasilkan banyak engagement.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Atur Jadwal Unggahan dengan Seksama

5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!
Perhatikan prime time, maka keuntungan besar akan mendatangimu

Setelah membuat konten yang menarik dan unik, kamu harus mengunggahnya dengan seksama dan teratur. Untuk memahami hal ini, mari menengok kembali ke langkah pertama. Pada langkah pertama, kamu telah melakukan analisis mendalam mengenai calon pelanggan, kan? Dari hasil analisis tersebut kamu bisa mengetahui prime time dari setiap media sosial.

Kita ambil contoh Instagram. Kebanyakan penggunanya membuka media sosial ini pada pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB dan 19.00 WIB – 21.00 WIB. Waktu-waktu tersebut adalah prime time dari Instagram dan menjadi momen yang sangat tepat untuk mengunggah sebuah konten.

5. Pantau dan Optimalkan Strategimu

5 Langkah Mudah Menyusun Strategi Social Media Marketing!
Memantau, mengevaluasi, dan mengoptimalkan strategi sangatlah krusial

Setelah mengunggah konten marketing-mu, langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah memantau perkembangannya. Gunakan tolok ukur yang telah kamu buat sebelumnya untuk mengidentifikasi apakah kontenmu sudah mencapai target atau belum. Kalau belum, kamu bisa mengevaluasi kembali konten tersebut dan mengoptimalkannya di kemudian hari.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Nah, itu dia 5 langkah mudah untuk menyusun strategi social media marketing! Buat kamu yang masih kepo gimana sih caranya Membuat Strategi Sosial Media yang baik, efektif, dan tepat sasaran, kamu bisa bergabung bersama MySkill.id! Selain itu, MySkill.id juga memiliki berbagai kelas dan bootcamp menarik mengenai Strategi Konten untuk meningkatkan kualitas kontenmu, loh!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill