Konsep Customer Relationship Management (CRM) untuk Bisnis

Setiap bisnis penting untuk bekerja sama dengan pelanggan karena sebuah bisnis tidak dapat eksis tanpa pelanggan. Hal ini juga menjadi faktor untuk mengetahui apakah pelanggan telah puas dengan produk atau layanan yang tersedia. Inilah mengapa penting bagi perusahaan untuk memahami konsep dan poin utama dari Customer Relationship Management (CRM) karena kepuasan dan kesenangan pelanggan adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan bisnis. 

Oleh sebab itu, buat pelanggan merasa dihargai dengan memahami keinginan dan menjalin hubungan yang erat dengan mereka. Kali ini MySkill.id akan berbagai kepadamu terkait apa itu CRM, konsep dan poin utama Customer Relationship Management untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Yuk, simak! 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Apa itu Customer Relationship Management (CRM)?

crm adalah
Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan

CRM adalah strategi untuk mengoptimalkan profitabilitas melalui pengembangan kepuasan pelanggan. CRM berfokus pada semua hal yang berkaitan dengan pelanggan karena itu merupakan salah satu kunci untuk mencapai keunggulan yang kompetitif berkelanjutan dalam persaingan bisnis.

Jadi, strategi ini akan membantu perusahaan untuk selalu terhubung dengan pelanggan, mengencangkan proses, dan meningkatkan profitabilitas dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia untuk menerima informasi.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Konsep Customer Relationship Management

konsep crm
Hubungan manajemen antara perusahaan dan pelanggan

Konsep CRM berkaitan dengan Relations Management yang juga termasuk dalam proses pemasaran. Jadi, penerapannya berfungsi untuk aktivitas pemasaran, seperti segmentasi pasar, membidik pelanggan baru, mempertahankan loyalitas pelanggan, manajemen kampanye penjualan. Pada tingkat strategi, hal ini juga dapat digunakan sebagai teknologi yang mendukung misi perusahaan guna peningkatan orientasi pelanggannya.

Konsep dari CRM menciptakan kolaborasi antara perusahaan dengan pelanggannya sehingga inilah yang membedakannya dengan konsep pemasaran secara umum. Oleh sebab itu, ada pendekatan untuk membangun portofolio jalinan bisnis dengan pelanggan. Selain itu, hal ini juga menguatkan hubungan dan komunikasi dengan titik fokus pada loyalitas pelanggan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Poin Utama Penerapan Customer Relationship Management

poin penerapan crm
Intinya ada pada semua hal tentang pelanggan

Terdapat 3 poin utama yang juga termasuk kunci kesuksesan suatu bisnis dalam penerapan CRM, antara lain: 

1. Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan)

Pelanggan adalah raja, maka kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. Kepuasan pelanggan dapat diukur dari bagaimana produk dan pelayanan perusahaan telah memenuhi harapan pelanggan atau belum. Melalui manajemen hubungan ini, perusahaan juga dapat mengetahui tentang apa yang diharapkan pelanggan dari produk atau layanan perusahaan.

2. Customer Delight (Kesenangan Pelanggan)

Ketika pelanggan puas dan bahagia dengan produk dan layanan yang diberikan, mereka akan memberikan ulasan positif dan akan kembali membeli produk tersebut. Mereka akan membagikan pengalaman positif mereka kepada kerabat mereka, jadi perusahaan dapat memiliki pelanggan baru dan pelanggan tetap. Penjualan pun akan meningkat dan bisnis lebih berkembang, sehingga bisnismu bisa unggul dalam persaingan.

3. Customer Loyalty (Kesetiaan Pelanggan)

Basis pelanggan yang stabil merupakan kunci dari bisnis yang sukses. Inilah alasan loyalitas pelanggan dipandang sebagai kekuatan hubungan antara sikap relatif individu dan kontribusi berulang. Ingat! Norma sosial dan faktor situasional yang ada juga mempengaruhi hubungan tersebut.

Selain itu, perusahaan yang telah memiliki pelanggan yang setia, mereka biasanya memberikan giveaway atau diskon, dengan cara ini perusahaan juga mendapatkan pelanggan baru dan dapat mempertahankan bisnis mereka dalam kondisi yang stabil.

Nah, itulah apa itu CRM, konsep CRM dan poin penerapannya yang penting untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan, serta menjadi sistem pemasaran yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan baru. Oleh sebab itu, manajemen hubungan pelanggan itu sangat penting dalam perkembangan dan eksistensi sebuah bisnis.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Jika kamu ingin belajar lebih banyak terkait manajemen hubungan pelanggan ini, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id! Kamu bisa akses kelas Customer Relationship Management (CRM) Marketing untuk mempelajari berbagai macam hal terkait segmentasi dan alur pengguna, komponen pada strategi, contoh penerapan, dan kanal distribusi pada CRM. Menarik, kan?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill